Home Travel Beaches Destinasi Bersejarah Nan Indah di Pantai Tanjung Ringgit

Destinasi Bersejarah Nan Indah di Pantai Tanjung Ringgit

tempat wisata terbaik favorit populer terkenal pantai tanjung ringgit lombok mataram lokasi destinasi nusa tenggara barat ntb traveling hotel penginapan pemandangan bagus terbaik paling menarik
siskanurifah.wordpress.com

Highlight.id – Di balik eksotisme tebing-tebing karst yang kokoh dan indah bersama hamparan pasir putih yang menyatu bersama birunya laut, Pantai Tanjung Ringgit juga menyimpan beberapa lokasi tersembunyi yang layak untuk ditelusuri. Seperti beberapa lokasi unik yang terbentuk melalui proses alam, serta peninggalan bersejarah dari para penjajah pada masa lampau tentunya akan menjadi sepaket penjelajahan tak terlupakan. Jadi, jangan lupa siapkan kamera terbaik kamu untuk berfoto ria!

Dimulai dari dua lokasi di Tanjung Ringgit, yaitu antara laut dan bukitnya yang dihubungkan oleh sebuah lorong jalan pintas, sehingga semakin memudahkan penjelajahan para wisatawan. Lorong tersebut berisi anak tangga yang bisa menuntun kita untuk melalui jalan menurun dari bukit menuju ke laut, dan sebaliknya. Namun, kontur tangganya yang curam membuat kita harus lebih sangat berhati-hati ketika melewatinya, belum lagi angin kencang yang bertiup ketika berada di perbukitan.





Penjelajahan penuh adrenalin menuruni bukit melalui lorong tadi nantinya akan berujung pada sebuah pemandangan sumur air tawar yang berada tepat di bawah dinding tebing. Sumur tersebut merupakan ruang khusus yang secara unik bisa menyuplai air tawar secara alami. Padahal, jaraknya tidak terlalu jauh dari laut lepas yang memiliki kadar garam tinggi.

Baca juga:

Kemudian, coba alihkan pandangan mata kalian ke hamparan luas pantai, akan ada hal ganjil dan cukup unik yang bisa ditemukan. Jika kamu jeli, ternyata hanya ada sebuah pohon yang berdiri tegak. Satu-satunya pohon tersebut akhirnya dikenal dengan nama Pohon Surga. Pohon ini sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berteduh sekaligus sebagai tempat strategis untuk menikmati panorama alam Pantai Tanjung Ringgit.

Kamu bisa melanjutkan perjalanan ke sebuah dinding tebing di sebelah barat. Di tebing tersebut terdapat pemandangan menawan berupa sebuah lukisan alam yang terbentuk dari rerumputan. Belum cukup sampai di situ, coba juga luangkan waktu untuk bersantai sembari memandangi pasir dan terumbu karangnya yang bermunculan di lautan Tanjung Ringgit seakan membentuk sesuatu yang unik dan menganggumkan pastinya.

tempat destinasi wisata terbaik pantai populer favorit tanjung ringgit lokasi tujuan peta lombok mataram
Gambar: hellolombokku.com

Puas dengan keindahan alamnya, kamu bisa melanjutkan penjelajahan berikutnya ke beberapa situs peninggalan bersejarah. Dimulai dari mercusuar aktif yang mungkin sejak awal sudah menarik perhatianmu, ternyata memang adalah sebuah bangunan lawas yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Selain itu, masih ada lagi peninggalan meriam tua dan usang dari masa penjajahan Jepang. Dan di sekitarnya juga ada sebuah gundukan mencurigakan dengan dua jendela yang berada di sekitar meriam.

Berdasarkan beberapa temuan tadi dan juga bersumber dari perkataan masyarakat setempat, ternyata Tanjung Ringgit ini dulunya merupakan kawasan pertahanan strategis Belanda hingga Jepang. Hal itu semakin diperkuat dengan ditemukannya bekas parit-parit pertahanan yang sekarang sudah tak terpakai sehingga dijejali oleh banyak semak belukar.

Jika masih kuat melanjutkan perjalanan, kamu perlu berjalan ke arah selatan, tepatnya ada di ujung bukit kedua, terdapat gua bernama Goa Raksasa yang dulunya merupakan benteng pertahanan peninggalan Jepang. Menurut penuturan warga setempat, gua ini tak kalah menarik karena di dalamnya terdapat kolam air tawar dan punya akses menuju ke laut. Jika tertarik menjelajahi gua ini, disarankan membawa penerangan yang cukup serta ditemani oleh warga yang paham dengan jalur gua agar tidak tersesat atau mengalami kendala yang tidak diinginkan.


Sedangkan, bagi kamu yang penasaran dengan keindahan air pantainya juga dapat menyewa perahu nelayan yang sedang singgah untuk snorkeling menikmati pemandangan bawah lautnya. Namun, dari keseluruhan petualangan yang bisa kamu rasakan tadi, sayangnya masih ada beberapa kekurangan yang perlu diantisipasi olah wisatawan sebelum berada di pantai ini, yaitu minimnya fasilitas yang tersedia.

Misalnya, untuk urusan penginapan yang terdekat baru bisa ditemukan berjarak sekitar satu kilometer dari pantai. Sedangkan jika tetap ingin menginap di sekitar pantai, misalnya untuk menyambut matahari terbit di Pantai Tanjung Ringgit, maka kamu harus menyediakan peralatan berkemah terlebih dahulu. Area yang strategis untuk berkemah biasanya berada di utara, yaitu sekitar Tower Mercusuar. Jangan lupa juga sediakan perbekalan dan air yang cukup karena di kawasan pantai ini juga belum tersedia warung makanan atau sejenisnya.

Tertarik menyambangi pantai mempesona dan penuh petualangan ini? Kalian bisa menemukannya berada di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, atau berjarak sekitar 85 kilometer dari Kota Mataram. Karena tidak ada kendaraan umum yang melalui jalur menuju pantai ini, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi dan sewaan seperti mobil beserta supir supaya kamu tidak tersesat selama berada di perjalanan.

Peta Lokasi Pantai Tanjung Ringgit




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here