Home Travel Beaches Tersembunyi di Balik Bukit, Tersimpan Indahnya Pantai Pandawa

Tersembunyi di Balik Bukit, Tersimpan Indahnya Pantai Pandawa

tempat destinasi wisat pantai terbaik pantai pandawa pulai bali berapa harga tiket tujuan lokasi peta arah jam buka traveling liburan pemandangan sunset spot istagramable
Gambar: vebma.com

Highlight.id – Berbeda dengan beberapa pantai populer lainnya di Propinsi Bali, Pantai Pandawa layaknya surga tersembunyi yang terletak di balik kokohnya tebing dan perbukitan. Tepatnya, pantai ini berada di Desa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali, atau sekitar 3 kilometer dari kawasan Wisata Nusa Dua dan Pura Uluwatu. Untuk bisa sampai di Pantai Pandawa, butuh waktu sekitar satu jam perjalanan atau berjarak 18 kilometer dari Bandara Ngurah Rai.

Seiring waktu, akses menuju pantai ini telah mengalami perbaikan dan perkembangan. Sehingga, pantai ini menjelma sebagai salah satu destinasi terpilih di Bali yang menjanjikan sisi eksotisnya tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun asing. Begitu eksklusifnya dan tersembunyinya pantai ini sehingga mendapat julukan Pantai Rahasia.




Menuju pantai ini, kamu akan disuguhkan pemadangan dua tebing berukuran sangat besar. Dimana pada salah satu sisinya terdapat pahatan lima patung Pandawa dan Kunti. Totalnya ada enam patung berjajar yang berurutan dari posisi tertinggi, mulai dari Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Baca juga:

Mata kamu akan selalu dimanjakan dengan panorama indah berupa hamparan pasir halus yang menyatu dengan birunya laut. Belum lagi pantainya yang jauh dari keramaian, bersih, dan relatif cukup sepi pastinya membuat rasa penasaranmu terpuaskan. Wisatawan juga merasa aman, dan nyaman bermain di pantai karena strukturnya landai sehingga kebanyakan ombak tidak sampai ke garis pantai. Kontur pantai yang landai pun akhirnya juga dimanfaatkan sebagai kawasan budidaya rumput laut oleh petani setempat.

Ingin menikmati sensasi berlibur di Pantai Pandawa dengan cara yang lebih seru? Olahraga paragliding dan paralayang yang dipantau langsung oleh pemandu berpengalaman juga tersedia untuk kamu coba. Kamu bisa memacu adrenalin sekaligus menikmati keindahan alam Pantai Pandawa dari ketinggian dengan berparalayang meintasi rute Bukit Timbis hingga Pantai Pandawa. Tapi dengan catatan, cuaca sedang bagus, yaitu saat siang atau sore hari yang cerah dan keadaan angin sedang bertiup kencang.

tempat destinasi wisat pantai terbaik pantai pandawa pulai bali berapa harga tiket tujuan lokasi peta arah jam buka traveling liburan pemandangan sunset spot istagramable
Gambar: mediapijar.com

Mayoritas wisatawan membagi akses menuju pantai ini menjadi dua jalur, yaitu jalur sebelah kiri dan sebelah kanan dari masuk pantai. Kalau kamu hanya ingin menikmati ketenangan dan keindahan alam pantai sembari berjemur atau sekadar membangun istana pasir, lebih baik gunakan jalur sebelah kiri dari jalan masuk pantai. Bagi kamu yang tidak ingin repot membawa peralatan berjemur bisa mengandalkan jasa sewa tenda dan kursi jemur yang disediakan oleh warung makanan di sana.

Sedangkan bagi kalian yang ingin bermain menikmati sensasi deburan ombak, dapat bermain kano dengan mengambil jalur sebelah kanan dari jalan masuk pantai. Bonus lainnya yang bisa didapatkan di pantai yang menghadap timur Pulau Bali ini adalah kamu bisa mengawali pagi di Pantai Pandawa dengan ditemani pemandangan indah matahari terbit.


Aneka makanan mulai dari menu nasi goreng, mie goreng, hidangan laut bakar, hingga masakan barat juga dijajakan oleh warung makanan untuk memenuhi rasa lapar kamu. Jadi tidak perlu membawa banyak perbekalan sebelumnya. Bahkan saat fisik terasa lelah pasca menjelajahi keindahan Pantai Pandawa, kamu bisa menggunakan jasa pijat refleksi yang tersedia di pinggir pantai.

Sayangnya, untuk urusan akomodasi, kawasan sekitar Pantai Pandawa tidak menyediakan penginapan, tetapi kamu dapat mengakses penginapan terdekat lainnya di Kawasan Nusa Dua, Jimbaran, atau Kuta.

Perlu diingat, jika kamu belum paham rute menuju Pantai Pandawa, sebaiknya menyewa kendaraan pribadi yang tersedia seperti motor atau mobil, karena akses menuju pantai melewati tebing terjal dan tidak dilalui oleh angkutan umum. Soal kelayakan infrastruktur tidak perlu khawatir, karena semuanya sudah dibangun rapi. Jalanan ke arah pantai pun sudah diaspal lengkap dengan tempat parkir yang lega.

Untuk dapat memasuki Pantai Pandawa, kamu akan terlebih dahulu dikenakan biaya masuk. Berdasarkan perkembangan terakhir dari Pemerintahan Daerah Kabupaten Badung, Propinsi Bali, harga tiket domestik untuk masuk Pantai Pandawa per-tanggal 1 Januari 2017 dikenakan biaya Rp 8.000/orang, biaya parkir mobil dikenakan biaya Rp 5000/mobil, dan biaya parkir motor dikenakan biaya Rp 2.000/motor. Harga tersebut dapat berubah mengikuti waktu, kebijakan pemerintah, dan pengelola setempat.

Peta Lokasi Pantai Pandawa




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here