Home Beauty Moz5 Salon Muslimah Gunakan Produk Kosmetik Racikan Sendiri

Moz5 Salon Muslimah Gunakan Produk Kosmetik Racikan Sendiri

bisnis waralaba franchise pameran ifra moz5 salon kecantikan muslimah perawatan treatment peluang usaha omset pendapatan produk kosmetik
Booth Moz5 Salon Muslimah di pameran IFRA 2019 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Trend kecantikan yang selalu diminati dan terus berkembang membuka peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan. Apalagi, kecantikan seolah sudah menjadi kebutuhan bagi setiap wanita. Dengan demikian, permintaan akan jasa treatment kecantikan akan selalu ada. Selama ini, salon kecantikan menjadi rujukan bagi mereka khususnya kaum hawa yang ingin terlihat cantik terutama di hadapan suaminya.

Kaum perempuan berhijab pun mempunyai pilihan tepat untuk merawat kecantikan diri dengan hadirnya salon muslimah. Sebelum ada salon muslimah, wanita berhijab kesulitan dalam mencari salon untuk memanjakan diri tanpa terganggu privasinya. Selain mempercantik diri, wanita juga dapat mencicipi beragam perawatan lainnya untuk relaksasi.



Perawatan Kecantikan di Moz5

Moz5 yang didirikan oleh Yulia Astuti dan Ary Nugroho merupakan perintis salon muslimah yang berdiri pada 9 Mei 2002. “Salon Moz5 itu merupakan salon kecantikan khusus untuk wanita muslimah. Bagi yang non muslimah tapi nyaman (dengan) perawatan khusus wanita juga boleh saja. Perawatan kita cukup lengkap dari ujung rambut sampai ujung kaki,” ujar Rika Novita, Head of Sales & Marketing Moz5 kepada Highlight.ID di pameran IFRA 2019.

“Ada perawatan body spa, hair spa, kecantikan dan sebagainya. Kita menggunakan produk sendiri yang kita produksi dan memiliki sertifikasi halal dan BPOM, mengandung herbal dan essential oil. Jadi dipastikan InsyaAllah aman. Segala SOP (standar operating procedure) yang kita lakukan semua secara sopan, santun, dan beretika,” tambahnya.

Baca juga:

Salon muslimah yang berpusat di daerah Margonda, Depok ini menawarkan aneka macam perawatan kecantikan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Beberapa treatment kecantikan rambut yang ada di Moz5 di antaranya yakni potong rambut, cuci blow, hair spa, hair fall therapy, masker rambut, rebonding, smoothing, dan lainnya.

Selain itu, ada perawatan wajah seperti facial dan totok aura, perawatan tubuh yang meliputi body spa, lulur, beauty massage, spa V, dan perawatan lainnya seperti manikur, pedikur, perawatan payudara, reflexy, hijab styling hingga makeup.

Dari beragam perawatan di Moz5 yang paling diminati di antaranya yakni menicure dan pedicure, hair spa, dan body spa. “Body spa kita itu luar biasa treatment-nya, dari pijatannya, back therapy-nya dan juga menggunakan produk yang menggunakan essential oil. Jadi customer itu merasa nyaman, puas, dan rileks,” ujarnya.

bisnis waralaba franchise pameran ifra moz5 salon kecantikan muslimah perawatan treatment peluang usaha omset pendapatan produk kosmetik
Booth Moz5 Salon Muslimah di pameran IFRA 2019 | Foto: Highlight.ID

Meski mengusung konsep salon muslimah, Moz5 juga melayani wanita yang nonmuslim selama mereka merasa nyaman. Moz5 menjamin privasi konsumen karena semua tamu dan karyawannya adalah perempuan. Sedangkan para pria dilarang masuk salon. Rika menjelaskan, “Salon Moz5 itu melayani juga customer wanita lainnya (yang) nonmuslim. Karena kan mereka juga butuh privasi, ya. Perawatan body spa dan creambath dengan menggunakan kemben saja.”

“Saat ini kita sudah ada 25 outlet di seluruh Indonesia, dan Moz5 sendiri sudah berdiri 17 tahun, sudah mengembangkan usaha franchise sejak tahun 2009,” tambahnya. Di Jakarta, Moz5 dapat ditemukan di daerah Kemang, Pejaten, Rawamangun, Cibubur, Tebet, dan lainnya. Sedangkan di luar Jakarta, Moz5 ada di Bandung, Palembang, dan pulau Kalimantan.

Kemitraan Moz5

Sebagai salon kecantikan yang menerapkan sistem bisnis waralaba, Moz5 menawarkan paket kemitraan bagi investor dengan jangka waktu 10 tahun. “Kita mengejar target BEP di tahun keempat. Sistemnya profit sharing. Jadi klien sebagai investor saja. Nanti yang mengelola, semua manajemennya (dari) kami,” papar dia.

Rika menjelaskan bahwa paket kemitraan Moz5 tersebut ditawarkan dengan nilai investasi sekitar Rp. 800 juta. “Sebelum mencapai BEP, profit sharing-nya adalah 60 persen untuk klien dan 40 persen untuk kami (Moz5). Dan setelah mencapai BEP, itu menjadi 50 persen – 50 persen,” jelas Rika.


Fasilitas dan keuntungan yang didapatkan di antaranya yakni software salon dan peralatan salon seperti steam facial, steam badan, steam kepala, dan lainnya. Ada pula furniture salon yang meliputi meja resepsionis, kursi, meja salon, cermin beserta perlengkapan lainnya seperti handuk, kemben, sprei, seragam, dan sebagainya. Fasilitas lain yakni sejumlah beauty therapist, training, monitoring dan business review.

Investor yang tertarik menjalin kemitraan dengan Moz5 harus memiliki passion di bidang bisnis khususnya kecantikan. “Mereka memang memiliki spirit bisnis untuk jangka panjang. Karena kita kan (paket kemitraan) 800 juta itu untuk 10 tahun. Dan mereka mau bersinergi sama kami untuk mengembangkan bisnis,” tambahnya.

Setelah investor bergabung, pihak Moz5 akan melakukan berbagai riset dan pengembangan serta analisis pasar. Apabila sejumlah persyaratan telah memenuhi kriteria Moz5 maka kerja sama bisa dilanjutkan. Setelah itu, selama kurang lebih 2 bulan, Moz5 melakukan renovasi salon dan serangkaian training. “Jadi (klien) hanya selaku owner saja, semua operasional kita. Owner hanya menerima laporan keuangan setiap sebulan sekali,” ujar Rika.

Lokasi salon yang sesuai dengan kriteria Moz5 yakni ruko dengan 3 lantai, tempat parkir yang mampu menampung minimal 2 mobil, dan berada di jalan utama. Selain itu, lokasi salon sering dilalui kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dan dekat dengan perkantoran, kampus, atau pusat perbelanjaan.

Baca juga:

Selain Paket Kemitraan senilai Rp800 juta, Moz5 yang  menargetkan wanita aktif berusia 20 – 40 tahun juga menawarkan paket investasi yang lebih murah senilai mulai dari Rp55 juta hingga Rp180 juta. Setiap paket tersebut memiliki fasilitas yang bevariasi.

Agar dapat bertahan di tengah pesatnya bisnis kecantikan, Moz5 melakukan berbagai macam aktivitas branding maupun promosi, salah satunya lewat media sosial dan event-event. “Kita selalu melakukan promosi, campaigns. Dan kita juga selalu melakukan aktivitas dengan customer-customer (atau) member yang sudah loyal. Kita ada kegiatan beauty time di outlet-outlet kita, ada meet and greet, terus ada launching produk, karena produknya kita produksi sendiri,” terang dia.

Moayu

“Untuk produk yang kita gunakan di salon Moz5 adalah Moayu, seluruh rangkaian perawatan dari kepala sampai dengan kaki. Untuk rambut, body, semuanya. Produk ini mengandung essensial oil dan juga herbal,” kata Rika. Rangkaian produk Moayu meliputi perawatan rambut seperti Shampo Energizing Ginseng Habbats , Shampoo Cheering Strawberry, Shampo Relaxing Green Tea, Hair Spa Cheering Strawberry, dan lainnya.

Selain itu, ada Body Scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih bersih, Body Lotion, dan Eau de Cologne. Produk-produk kosmetik Moayu ini juga digunakan dan dijual secara ritel atau eceran di outlet-outlet Moz5. Selain di salon-salon Moz5, Moayu juga bisa dibeli di online shop. “Jadi kalo customer biasa menggunakan produk kita di salon, dia bisa beli juga untuk penggunaan sehari-hari di rumah,” tutup Rika.