Home Beauty Bisnis Salon Muslimah, Tawarkan Perawatan Bagi Wanita Berhijab

Bisnis Salon Muslimah, Tawarkan Perawatan Bagi Wanita Berhijab

Peluang bisnis salon kecantikan muslimah memulai usaha treatment khusus wanita
Ilustrasi | Foto: Dok. Anggra Salon Muslimah

Highlight.ID – Wanita yang ingin mendapatkan perawatan biasanya suka pergi ke salon kecantikan. Namun bagi wanita seperti Inezia Anggraeni, ia seringkali merasa kesulitan untuk menemukan salon yang menyediakan treatment kecantikan khusus wanita. Kebanyakan, yang ada ialah salon yang diperuntukkan bagi wanita dan pria dalam satu tempat.

Berawal dari susahnya mencari salon kecantikan yang menyediakan perawatan khusus wanita, pemilik zodiak Sagitarius ini akhirnya termotivasi untuk berbisnis salon muslimah. Bisnis yang dikelolanya bernama Anggra Salon Muslimah yang berada di kawasan Depok, Jawa Barat.

Melihat Peluang




“Awalnya saya kerja di salah satu airlines di Cengkareng. Kemudian saya suka perawatan di salon kalo weekend. Saya melihat, kok, sedikit sekali salon yang menyediakan perawatan khusus untuk wanita. Rata-rata itu campur dengan laki-laki,” kata Inezia kepada Highlight.ID.

“Jarang sekali ada salon muslimah pada saat itu. Karena sulit mencari salon untuk wanita berhijab yang khusus muslimah maka tercetuslah keinginan saya untuk membuat salon khusus muslimah. Waktu itu, melihat peluang ada banyak sekali teman, saudara atau orang yang baru mulai berhijab,” tambah wanita kelahiran Jakarta ini.

“Saya pikir itu peluang juga untuk saya jika saya ingin memulai bisnis salon muslimah. Karena saya pikir di luar sana, banyak sekali wanita-wanita berhijab yang butuh perawatan, relaksasi di salon di tengah kesibukan mereka. Anggra Salon Muslimah itu berdiri pada tahun 2015, Alhamdulillah ini tahun keenam,” ucapnya.

Baca Juga:
Salon Muslimah, Apa Bedanya dengan Salon Kecantikan Biasa?

Peluang bisnis salon kecantikan muslimah memulai usaha treatment khusus wanita
Ilustrasi | Foto: Dok. Anggra Salon Muslimah

Nuansa Islami

Awalnya, Inezia mempekerjakan empat karyawan dan terus bertambah seiring dengan berkembangnya salon yang dikelolanya. Di tahun 2019, ibu dari satu putri ini sempat membuka cabang di daerah Pamulang, Tangerang Selatan namun harus tutup karena alasan pribadi.

Menurut Inezia, konsep Anggra Salon Muslimah berbeda dengan salon-salon lainnya. Ia menonjolkan nuansa Islami karena mayoritas pelanggan yang datang hampir 70 persen wanita berhijab. “Salah satu konsepnya, kita selalu menyetel murrotal Qur’an sepanjang hari,” jelas wanita yang biasa dipanggil Inez ini.

Seperti yang dijelaskan Inezia, jenis-jenis perawatan di Anggra Salon Muslimah tidak melanggar syariat Islam. Anggra Salon Muslimah yang seluruh pegawainya berhijab mengedepankan nilai-nilai Islam seperti kebersihan, senyum, salam dan kesopanan yang menjadi keunggulannya.

Ragam Perawatan

Anggra Salon Muslimah yang menargetkan wanita muslimah berhijab usia 16 – 45 tahun menawarkan beragam layanan mulai dari perawatan tubuh, rambut, wajah, dan sebagainya dengan harga terjangkau. “Seperti contohnya muslimah yang ingin menikah. Kami membuat paket perawatan pra-nikah, paketnya ada 4, Paket Sakinah, Mawadah, Warahmah, dan Paket Premium,” terangnya.

Baca Juga:
Dear Hijabers, Ini Jenis-jenis Perawatan di Salon Kecantikan Muslimah

Peluang bisnis salon kecantikan muslimah memulai usaha treatment khusus wanita
Ilustrasi | Foto: Dok. Anggra Salon Muslimah

Inezia menambahkan bahwa Anggra Salon Muslimah juga menyediakan perawatan untuk anak-anak hingga remaja maupun wanita yang berusia di atas 45 tahun. Salah satu perawatan favorit yakni Facial Galvanic Spa yang terbagi menjadi beberapa paket.

Untuk menjaga loyalitas pelanggan, Anggra Salon Muslimah menawarkan kartu anggota yang dibagikan secara gratis. “Kemudian, ada capnya setiap kali kunjungan dan 5 kali kunjungan itu gratis 1 perawatan totok wajah. Kalo 10 kali kunjungan, gratis 1 perawatan full body massage atau pijat seluruh badan,” sambungnya.

“Kami ada voucher-voucher diskon, ada paket-paket promo. Voucher diskon itu misalnya dengan perawatan smoothing, kami berikan voucher 20 persen untuk hair mask-nya. Karena, setelah perawatan smoothing, seminggu kemudian harus perawatan masker rambut. Nah itu, perawatan masker rambutnya kami diskon 20 persen. Setiap bulannya, pasti ada promo-promo terbaru,” ujar dia.

Selama menjalankan bisnis salon muslimah, Inezia juga menghadapi kendala mulai dari pesaing, segi harga, karyawan hingga situasi pandemi Covid-19. Namun demikian, Inezia mengaku masih mampu mengatasi berbagai macam hambatan yang ada. Misalnya di tengah pandemi ini, Anggra Salon Muslimah menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah.

Inezia melihat bahwa prospek bisnis salon muslimah terbilang bagus. “Makin banyak wanita muslimah yang peduli dengan perawatan di salon, makin banyak muslimah yang berhijab, ingin relaksasi setelah mungkin banyak kegiatan di luar. Saya pikir, bisnis salon kecantikan ini, khususnya salon muslimah, ke depannya, prospeknya akan sangat baik,” katanya dengan optimis.

Harapan Inezia, salon miliknya dapat terus berjalan dalam situasi apapun, menjadi salah satu pelopor salon muslimah khususnya di wilayah Depok dan Indonesia.