Home Lifestyle Automotive Salon Mobil Auto Bridal Padukan Gerai Fisik dan E-commerce

Salon Mobil Auto Bridal Padukan Gerai Fisik dan E-commerce

peluang bisnis salon mobil otomotif ecommerce panggilan outlet jenis macam layanan paket franchise buka cabang lokasi pendapatan modal berapa
Booth Auto Bridal di Pameran IFRA 2019 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Jumlah pemilik kendaraan roda empat semakin meningkat apalagi dengan hadirnya mobil-mobil dengan harga relatif murah. Dealer-dealer mobil maupun perusahaan leasing menawarkan proses pembayaran yang mudah sehingga membuat orang tertarik untuk memiliki mobil. Ketika sudah memiliki mobil, maka yang harus diperhatikan yakni perawatan mobil agar selalu terlihat bersih dan kinclong.

Namun seringkali pemilik mobil merasa malas atau tidak punya waktu untuk merawat mobilnya. Apalagi mengurusi mobil terbilang rumit dan membutuhkan keterampilan khusus. Hal itu memunculkan peluang bisnis salon mobil untuk memenuhi kebutuhan perawatan mobil yang menyeluruh. Salah satu salon mobil yang eksis di Indonesia yakni Auto Bridal. Auto Bridal merupakan salon mobil yang memadukan antara gerai fisik dan sistem e-commerce.




Derry Wiria, Vice President Auto Bridal menuturkan, “Auto Bridal adalah bisnis commerce dan e-commerce. Di mana yang commerce adalah bisnis pada umumnya, buka toko, buka gerai. Promosi, mengandalkan orang yang datang. Yang kedua adalah e-commerce, menjemput bola di mana kita datang ke rumah-rumah untuk mencuci mobil.”

Menurut Derry, Auto Bridal yang telah memiliki 150 outlet di seluruh Indonesia menjalankan kedua sistem bisnis tersebut secara bersamaan. Auto Bridal dapat ditemukan di kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Lombok, dan lainnya.

Baca juga:

“Bisnis otomotif sangat maju karena setiap tahunnya penambahan mobil sangat drastis, (itu) yang pertama. Yang kedua, kita diuntungkan dengan cat mobilnya yang sedikit-sedikit baret (tergores). Jadi, kaya coating itu sangat maju sekali,” papar Derry saat ditemui di Pameran IFRA 2019.

Selain cuci mobil, Auto Bridal melayani coating, yakni proses bagian dari auto detailing. Pada proses coating, teknisi memoleskan lapisan khusus pada permukaan cat mobil sehingga bodi mobil tampak lebih mengkilap.

Selain itu, konsumen dapat mempercantik mobilnya dengan layanan interior mobil dari Auto Bridal. “Yang pasti, kita adalah ‘dokter spesialis’ untuk kebersihan mobil,” ujar Derry. Sedangkan proses pengerjaan mobil tergantung dengan layanan yang dipilih dan tingkat kekotoran mobil konsumen.

Auto Bridal menawarkan 4 paket kemitraan waralaba dengan harga yang berbeda dan beragam fasilitas, yakni Auto Bridal Priority, Auto Bridal Signature, Auto Bridal Studio, Auto Bridal Top Wash.


Nilai investasi Auto Bridal Priority sebesar Rp800 juta hingga Rp1 miliar dengan luas lahan 800 sampai 1000 meter persegi. Paket ini dilengkapi pula dengan fasilitas penunjang gaya hidup. “Bisnisnya seperti lifestyle karena orang datang ke sana bisa ngopi, refleksi, main billiard,” jelasnya.

Sedangkan nilai investasi Auto Bridal Signature Rp800 juta – Rp900 juta dengan luas lahan 400 – 700 meter persegi. Paket ini hampir sama dengan paket Auto Bridal Priority namun dengan luas lahan yang lebih kecil. “Fasilitasnya juga seperti bintang 5 akan tetapi lebih sedikit,” kata dia.

Paket Auto Bridal Studio memanfaatkan ruko dengan nilai investasi Rp400 juta. Luas lahannya sekitar 300 sampai 500 meter persegi. “Fasilitas di sana kita menjemput bola,” ujar Derry. Selain itu, Auto Bridal juga menawarkan paket bisnis berbasi aplikasi dengan nilai investasi Rp80 juta.

Tahapan yang dilalui oleh calon franchisee yakni survei lokasi. Dari hasil survei lokasi akan diputuskan untuk tahapan selanjutnya. Return of Investment (ROI) Auto Bridal ditargetkan tercapai sekitar 2 sampai 3 tahun. Menurut Derry, balik modal tersebut bisa berbeda-beda tergantung pada lokasi salon mobilnya.

Bagi Derry, yang menjadi kendala dalam menjalankan bisnis salon mobil selama ini yakni kualitas sumber daya manusia (SDM). “Akan tetapi kita memiliki fasilitas ada training centre. Jadi, kendala-kendala itu (dapat diatasi), all goes by system,” ungkapnya.

Derry mengatakan bahwa di kunci suksesnya selama ini yakni mampu membangun brand image dan kepercayaan ke dalam benak konsumen. Ia mengatakan, “Yang paling penting adalah brand image dan trust. Kalo orang sudah memiliki brand image dan punya kepercayaan, that’s it, orang akan kembali lagi. Dan orang akan selalu mengejar di mana kami akan buka.”

Selain melayani perawatan mobil menyeluruh, Auto Bridal juga mengembangkan produknya sendiri. Namun produk-produk tersebut tidak dijual secara umum dan hanya dipakai untuk konsumen yang merawat mobilnya di Auto Bridal.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here