Home Business Pengertian dan Karakteristik Media Massa yang Perlu Kalian Kenali

Pengertian dan Karakteristik Media Massa yang Perlu Kalian Kenali

Pengertian definisi arti media massa beserta karakteristiknya
Ilustrasi | Foto: Unsplash/Matthew Guay

Highlight.ID – Media massa merupakan suatu hal yang sering kali kalian temui dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bangun tidur sampai melakukan berbagai rutinitas kerja. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan media massa merupakan salah satu tempat untuk mendapatkan berbagai informasi yang seringkali dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak peduli itu pria atau perempuan maupun anak-anak atau orang dewasa pasti sering kali berhadapan dengan berbagai jenis media massa untuk mendapatkan beragam informasi.

Sebagai contoh televisi, ada banyak sekali informasi yang dibutuhkan banyak orang baik pria atau wanita. Mulai dari berita terkini tentang peristiwa penting di dalam negeri dan luar negeri, informasi event yang akan berlangsung di suatu tempat, sampai berita selebritis pun banyak disebarkan lewat media televisi.




Lewat media massa, kalian dapat mengetahui berbagai peristiwa yang sedang terjadi di penjuru negeri dengan sangat mudah. Informasi telah tersaji lengkap dan disusun dengan rapi oleh pihak jurnalis media massa dan kita sebagai pencari informasi tinggal menikmati saja.

Namun di samping kemudahan yang didapatkan lewat media massa, ada berbagai celah yang harus kita waspadai saat menikmati sajian informasi lewat media massa. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang media massa dan apa saja contohnya, berikut penjelasannya lebih lengkap untuk kalian.

Baca juga:

Pengertian Media Massa

Sebelum pembahasan lebih dalam tentang media massa kalian harus terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan media massa. Agar pengertian tentang media massa dapat lebih objektif, maka kami memberikan sebuah definisi dari berbagai sumber terpercaya meliputi berbagai Ahli dan peraturan perundang-undangan, kemudian dilanjutkan dengan pengertiannya secara sederhana.

Pertama adalah pengertian media massa menurut Cangara yang mendefinisikan media massa sebagai alat. Jadi media massa merupakan alat untuk menyampaikan pesan-pesan dari suatu sumber kepada khalayak (penerima pesan) menggunakan alat komunikasi seperti TV, radio, film, dan surat kabar.

Pengertian kedua datang dari Rakhmat yang menyatakan bahwa media massa merupakan suatu faktor dari lingkungan yang mengubah perilaku masyarakat melalui proses pelaziman klasik dan proses imitasi.

Selanjutnya pengertian media massa secara bahasa yang memiliki arti sebagai sarana atau alat yang digunakan di dalam proses komunikasi dengan banyak orang.


Jadi pengertian media massa dapat kita artikan secara sederhana sebagai suatu alat yang dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai serta dapat memiliki dampak perubahan terhadap perilaku masyarakat yang menerima informasi tersebut.

Artinya melalui media massa, kalian sebagai penerima informasi dapat ikut terpengaruh baik secara positif atau negatif atas berbagai informasi yang telah kalian dapatkan dari media massa. Sebagai contoh saja, dengan semakin mudahnya masyarakat untuk mengakses informasi lewat internet, dalam waktu yang bersamaan, berita/informasi palsu yang dikenal dengan hoaks dapat tersebar dengan cepat. Jika masyarakat tidak cerdik dalam memilih dan memilah informasi, maka mereka akan gampang menjadi korban hoaks. Bahkan, parahnya lagi, mereka dapat menjadi pelaku hoaks itu sendiri karena sadar maupun tidak sadar ikut menyebarluaskan hoaks tersebut.

Karakteristik Media Massa

Suatu hal baru bisa disebut sebagai media massa jika memenuhi berbagai kriteria dan karakteristik berikut ini. Pertama adalah publisitas yang artinya informasi tersebut bukan hanya untuk dikonsumsi pribadi tapi disebarkan untuk dilihat oleh khalayak ramai.

Karakteristik selanjutnya adalah universalitas yang berarti setiap informasi yang disampaikan memiliki sifat umum dan dapat digunakan oleh banyak masyarakat untuk mendapatkan suatu informasi dan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan segelintir pihak saja.

Karakteristik yang ketiga adalah periodisitas dan kontinuitas yang memiliki arti bahwa media massa menyajikan informasi berdasarkan periode tertentu, misalnya harian, mingguan, atau bulanan. Serta diberitakan secara terus menerus dan tidak berhenti dalam periode waktu tertentu.

Terakhir adalah aktualitas yang memiliki artian bahwa media massa memberikan informasi yang baru dan sedang hangat di dalam masyarakat bukan berita lama yang basi dan sudah diketahui oleh banyak orang.

Media Massa Berhubungan Dengan Pers

Media massa sangat erat kaitannya dengan pers yang berperan penting sebagai sumber tersebarnya banyak informasi ke masyarakat. Sekarang mari kita simak apa yang dimaksud dengan pers dari berbagai sumber yang bisa dipercaya.

Baca juga:

Pertama, pengertian dari UU No.40 tahun 1999 tentang pers yang menyatakan bahwa yang dimaksud pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi publik yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti mencari, mendapatkan, memiliki, mengolah, serta menyampaikan informasi dalam bentuk suara, gambar, tulisan, ataupun dalam bentuk yang lain dengan menggunakan berbagai jenis saluran yang tersedia.

Sedangkan menurut R Eep Saefulloh Fatah, pers adalah pilar nomor 4 bagi demokrasi yang berperan penting untuk membangun kepercayan dan kredibilitas.

Jadi, dari dua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pers adalah lembaga yang memiliki kegiatan dan tanggung jawab untuk mengolah informasi dan menyampaikannya kepada masyarakat dan tetap berpegang pada kepercayaan serta kredibilitas untuk menyampaikan informasi yang benar

Sehingga pers tidak boleh menyebarkan informasi ke khalayak ramai di saat informasi tersebut belum jelas kebenarannya atau masih diragukan. Hal ini sangat penting dilakukan agar masyarakat tidak disesatkan dengan berbagai informasi yang salah dan merugikan mereka. (wa/ut)