Home Business 7 Finalis Sweat Dance Cover Competition Berkesempatan Syuting Iklan di Jepang

7 Finalis Sweat Dance Cover Competition Berkesempatan Syuting Iklan di Jepang

tujuh finalis sweat dance cover competition hadiah syuting bintang iklan pengumuman pemenang babak final penyisihan pocari minuman isotonik liburan ke jepang
Finalis Sweat Dance Cover Competition | Foto: IG/@pocariid
ISEEFEST 2019

Highlight.IDSweat Dance Competition yang diselenggarakan sejak tanggal 8 November hingga 7 Desember 2018 telah memasuki babak final. Sebanyak 7 tim terbaik berhasil menyisihkan sekitar 1400-an peserta dan memiliki kesempatan meraih hadiah utama yakni menjadi bintang iklan Pocari Sweat yang syutingnya  mengambil tempat di negara Jepang. Di Jepang, pemenang Sweat Dance Cover Competition tak hanya syuting iklan, namun juga liburan mengunjungi tempat-tempat ikonik.

Kompetisi dance cover yang digelar oleh Pocari Sweat ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi generasi muda untuk mewujudkan mimpinya. Ricky Suhendar, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka pada acara Media Gathering #SweatDanceCover Competition di The Lounge XXI, Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (19/12), mengatakan, “Saat ini kita (Pocari Sweat) memiliki satu ajang yang namanya ‘Sweat Dance Cover Competition’. Jadi buat para generasi muda yang punya keinginan atau mimpi pengen menjadi penari yang terkenal, kita akan bantu mewujudkannya.”

Menjadi Bintang Iklan Pocari Sweat

“Tentunya untuk bisa tercapai (mimpinya), harus ada usaha, dong (dengan) latihan (dan) kerja keras. Yang terbaik (pemenang) bisa mewujudkan mimpinya untuk syuting iklan terbaru Pocari Sweat. Yang ditampilkan pada iklan nanti adalah karya (koreografi) mereka sendiri.” ujar Ricky.

Ketujuh tim finalis yang berhasil melenggang ke final Sweat Dance Cover Competition yaitu Aozora (Palembang), Igeneration (Jakarta), Good Fellaz (Yogyakarta), 7Steps (Jakarta), WestJVCrew (Bandung), The Blessha (Jakarta), dan Cheer4Sweat (Jakarta). Mereka berhasil melewati tahap pertama yang proses penjuriannya dilakukan oleh coach profesional yakni Ufa Sofura dan Reza Muhammad.

Baca juga:

Setelah masuk babak final, ketujuh tim terbaik tersebut mendapatkan kesempatan mengikuti workshop yang dipandu langsung oleh para coach profesional pada tanggal 16 – 18 Desember 2018 di Sentul, Bogor. Selanjutnya, mereka mendapatkan tantangan untuk membuat koreografi baru dari lagu “Sweat for Your Dream” yang akan ditampilkan pada iklan Pocari Sweat. Dari ketujuh tim finalis tersebut, dipilih 1 tim terbaik yang akan menjadi bintang iklan terbaru Pocari Sweat dan liburan ke Jepang.

Menurut Ricky, Pocari Sweat cukup surprise karena antusiasme peserta Sweat Dance Cover Competition yang besar. Dalam kompetisi yang digelar selama sebulan tersebut, ada 1400-an video yang didaftarkan. Ribuan peserta tersebut mem-posting video di Instagram berupa dance cover yang gerakannya telah ditentukan oleh Pocari Sweat.

Proses Pembuatan Video dan Kriteria Penilaian

Tak hanya itu, pihaknya juga gembira setelah melihat talenta-talenta anak muda Indonesia yang ditunjukkan lewat video-video di Instagram. Menurut Ricky, para peserta Sweat Dance Cover Competition tak hanya berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta saja tapi juga dari seluruh daerah di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

tujuh finalis sweat dance cover competition hadiah syuting bintang iklan pengumuman pemenang babak final penyisihan pocari minuman isotonik liburan ke jepang
Pengumuman finalis Sweat Dance Cover Competition (19/12/2018) | Foto: Dok. Highlight.ID

“Ternyata talenta-talenta anak muda Indonesia luar biasa karena video-videonya dibikin sedemikian rupa sehingga videonya itu memang bagus kontennya.” jelas Ricky. Ia menambahkan, “Para peserta (Sweat Dance Cover Competition) memikirkan lokasi yang tepat untuk syutingnya, kemudian wardrobe yang dipakai seperti apa. Jadi ini memberikan semangat baru dan kebanggaan tersendiri bagi Pocari Sweat.”

Abigail, dari tim The Blessha mengaku hanya membutuhkan latihan 1 hari untuk proses pembuatan video dance cover. “Untuk tim kita (The Blessha) latihannya singkat banget cuma 1 hari. Jadi itu langsung shoot video, tapi walaupun dengan waktu yang singkat kita bisa semangat dan serius untuk latihan.” Sementara itu, Lendy dari tim Aozora mengaku senang bisa sampai babak final karena terpilih di antara ribuan peserta.

Reza Muhammad yang menjadi salah satu juri Sweat Dance Cover Competition memaparkan bahwa ketujuh finalis dan para peserta lainnya membawakan genre dance yang berbeda-beda. “Pocari (Sweat) juga membebaskan kreativitas untuk para peserta dengan style-nya masing-masing.” tambah dia.

Poin-poin yang menjadi penilaian di antaranya yakni kreativitas dalam hal koreografi dan keceriaan khas anak muda. “Apa yang menjadi poin penilaian kita tentunya adalah koreografi yang kreatif, terus juga yang punya semangat, yang secara detail dari gerakan bagus.” jelas Reza.

Selain itu, Reza menjelaskan kegiatan yang dijalani oleh para finalis selama mengikuti workshop. “Pada saat kita lagi workshop, temen-teman dari finalis ini dapet teori dan praktik. Pokoknya di sana bener-bener mau melatih secara mental. Kita juga mau melatih secara teknik juga, memberikan masukan-masukan apa yang harus dibuat” ujar Reza.

Ia menambahkan, “Di samping itu (aspek teknis koreografi), kita juga tidak boleh mengesampingkan tentang attitude, memberikan pesan atau message positif kepada masyarakat.” Selain itu, Reza juga menekankan pentingnya iconic movement pada koreografi yang ditampilkan.

Hadiah Bagi Masyarakat

Masyarakat dapat mendukung 7 tim finalis Sweat Dance Cover Competition dengan cara memberikan vote lewat situs https://www.pocarisweat.id/sweatdancecover/#vote. Ricky mengatakan, “Tahap berikutnya bagaimana dukungan dari masyarakat Indonesia untuk nge-vote mereka. Vote ini memberikan semangat baru buat para finalis. Nanti bakal ada juara favorit based on 100% vote. Juri tidak memilih tapi masyarakat Indonesia yang memilih.”

Ricky menambahkan bahwa masyarakat yang memberikan vote lewat website Pocari Sweat dapat melihat profil dan karya para finalis. “Dan jangan lupa, harus comment dan share supaya dapet kesempatan untuk nemenin (pemenang) ke Jepang juga.”

Selain pemenang Sweat Dance Cover Competition, Pocari Sweat juga memberikan hadiah mingguan voucher belanja Rp 200.000 dan kesempatan meraih hadiah jalan-jalan ke Jepang bersama tim favoritnya. “Vote-nya boleh tiap hari, tapi jatahnya hanya sehari sekali.” kata Ricky. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memberikan dukungan yaitu komentar yang positif dan bisa menyemangati para finalis.

Voting dukungan kepada finalis dibuka mulai tanggal 11 Desember 2018 hingga 13 Januari 2019 (sebelum pukul 14:00 WIB). Menurut Ricky, pada tanggal 13 Januari 2019, para finalis akan menampilkan koreografi hasil karya mereka sendiri secara live di hadapan publik yang dinilai oleh para juri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here