Home Business Pentingnya Konten Digital Kreatif untuk Dukung Penjualan Online

Pentingnya Konten Digital Kreatif untuk Dukung Penjualan Online

Strategi pemasaran digital lewat Instagram paling efektif untuk meningkatkan omset penjualan online
Ilustrasi Instagram | Foto: Unsplash/Katka Pavlickova

Highlight.ID – Era digital memunculkan peluang sekaligus tantangan bagi para pebisnis. Lewat teknologi digital seperti media sosial, pebisnis berkesempatan untuk menarik pelanggan secara online. Namun, mendapatkan pembeli online tidak semudah membalikkan telapak tangan sehingga memerlukan strategi khusus salah satunya dengan membuat konten semenarik mungkin.

Mega selaku Executive Manager dari Foto Produk Katalog (FPK) menekankan bahwa konten yang bagus mampu mendukung penjualan. Agar bisa menonjol dan dikenali audiens di platform digital, maka konten visual memegang peranan yang sangat penting. “Harus sesuai juga dengan target market mereka,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mega menerangkan ada perbedaan antara menjual produk/jasa secara online dan offline. Ketika membuat konten digital baik berupa foto atau video, maka pesan yang sesuai dengan pasar sasaran menjadi sangat signifikan. “Kontennya secara visual harus bisa memperlihatkan fitur-fitur produknya,” kata Mega.

foto produk katalog fpk halal espo indonesia hei pameran bandung jakarta
Halal Expo Indonesia (HEI) 2023 | Foto: Dok. Highlight.ID

Konten yang bagus secara visual mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. “Toko online itu, yang pertama kali dilihat kontennya. Visualnya dulu yang dilihat karena begitu melihat media sosial kita mereka bisa mudah ingat, menemukan produk atau enggak. Jadi, dengan menyuguhkan konten yang bagus, visual yang menarik atau  bahkan bikin brand value kita naik karena bisa mengonversi calon konsumen hingga menjali customer,” jelasnya.

Dari sekian banyak platform digital yang paling efektif menutut Mega adalah Instagram. “Instagram itu bisa menghubungkan pengguna sampai dia jadi customer. Instagram itu ada fitur untuk memasukkan landing page, links di bio yang bias mengantarkan customer untuk masuk ke marketplace atau ke tempat pembelian,” lanjut dia.

Mega menerangkan bahwa media sosial perlu didukung pula dengan marketplace, beberapa di antaranya yang paling populer ialah Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Alasannya, marketplace mampu menjamin sistem transaksi online yang lebih aman. “Dengan hadirnya marketplace, brand itu harus bisa memberikan kenyamanan untuk customer,” Mega menambahkan.

Salah satu konten yang efektif ialah video karena seseorang bisa menggunakan beberapa indera sekaligus termasuk indera penglihatan dan indera pendengaran. “Begitu kita melihat video, message-nya lebih dapat karena kita menggunakan dua indera sekaligus. Kalau foto hanya (memerlukan) indera penglihatan. Tapi, nggak bisa dipungkiri tidak semua orang tahan menonton video terus-terusan. Jadi, di era saat ini, konten itu harus dicampur. Foto harus ada,video harus ada bahkan motion graphic harus ada,” katanya.

FPK yang berpusat di Bandung ikut berpartisipasi di Pameran Halal Espo Indonesia (HEI) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) karena ingin menyasar pelaku bisnis produk halal. “FPK hadir di sini sebagai solusi buat pengusaha. Dengan hadirnya FPK, mereka bisa menghemat waktu untuk membuat konten. Karena lkalau membuat konten, mereka memerlukan fotografer, editor atau modelinya, membeli properti, mempunyai studio, harus punya banyak peralatan ini itu terus harus punya skill editing juga,” jelas Mega. Terlebih lagi, pebisnis bisa lebih fokus berjualan tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk memproduksi konten.