Home Beauty Peran Beauty Advisor (BA) dalam Memasarkan Produk-produk Kosmetik

Peran Beauty Advisor (BA) dalam Memasarkan Produk-produk Kosmetik

peran tugas tanggung jawab job deskripsi pekerjaan ruang lingkup beauty advisor assistant ba wardah beauty house yogyakarta cewek cantik syarat peluang prospek apa itu pengertian definisi
(kiri-kanan) Anggraini Ayu Rachma Utami (Promotion Officer Wardah Yogyakarta) dan Rizki Fitriani (Beauty Advisor Wardah) | Foto; Dok. Highlight.ID

Highlight.ID – Setiap brand kosmetik membutuhkan kehadiran Beauty Advisor/Assistant (BA) untuk menunjang tercapainya target pemasaran. Istilah lain yang sering dipakai, yakni sales promotion girls (SPG) kosmetik karena pekerjaannya berhubungan dengan penjualan di counter/outlet. Para Beauty Advisor lah yang pertama kali bertemu secara langsung dengan customer. Oleh karena itu, fungsi, tugas, dan tanggung jawab Beauty Advisor tak bisa dilupakan begitu saja.

Lewat Beauty Advisor pula, customer memiliki pengetahuan tentang produk yang hendak dibelinya. Mengingat pentingnya peran BA dalam mendukung perusahaan kosmetik, banyak yang berminat untuk melamar posisi pekerjaan tersebut. Beauty Advisor yang umumnya diminati oleh wanita ini memiliki deskripsi pekerjaan khusus.

Deskripsi Pekerjaan Beauty Advisor




Anggraini Ayu Rachma Utami, Promotion Officer Wardah Yogyakarta saat dihubungi Highlight.ID memaparkan beberapa tugas yang harus dijalankan oleh seorang Beauty Advisor. “Kalo untuk Wardah sendiri, perannya (Beauty Advisor) sangat besar. Dia adalah barisan terdepan yang dapat meng-guide customer. Dia harus tahu customer mana nih yang cocok dengan produk kami (Wardah).” kata perempuan yang akrab disapa Anggi.

Melayani Pelanggan

“Job description-nya yang pertama (adalah) melayani customer. Kemudian dia menjadi pintu terdepan dalam menawarkan produk-produk Wardah.” tambah dia. Selain itu, sesuai namanya, Beauty Advisor memberikan saran atau konsultasi kecantikan kepada pembeli untuk mengenali kebutuhan pelanggan. Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan, Beauty Advisor menentukan jenis produk yang paling tepat.

Baca Juga:




9 Jenis Pekerjaan untuk Cewek yang Menyenangi Bidang Kecantikan

Beauty Advisor juga memberikan saran tentang penggunaan alat-alat makeup yang benar dan bisa menentukan warna-warna makeup yang sesuai dengan jenis kulit. “Kita menganggapnya, Beauty Advisor itu adalah sahabat customer” tambahnya. Dengan demikian, BA mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan.

Menurut Anggi, BA tak hanya mengejar omset penjualan semata namun yang lebih penting yakni membuat pelanggan merasa nyaman memakai produk-produk Wardah. Sehingga, pelanggan yang puas dengan produk dan layanan tersebut akan melakukan pembelian ulang di kemudian hari. Tak lupa,  Anggi juga menekankan pentingnya keramahan dan senyuman ketika melayani pelanggan.

Product Knowledge

Selain itu, Beauty Advisor juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada customer. Pengetahuan tentang produk (product knowledge) wajib dikuasai dengan baik oleh Beauty Advisor. Dengan demikian, Beauty Advisor dapat memberikan pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan pembeli.

“Mereka (Beauty Advisor) harus memahami semua produk Wardah itu dengan baik dan benar. Jadi, tidak sampai salah menentukan produk sehingga akhirnya nanti malah adanya komplain-komplain dari customer” jelasnya lebih lanjut.