Home Beauty Peran Beauty Advisor (BA) dalam Memasarkan Produk-produk Kosmetik

Peran Beauty Advisor (BA) dalam Memasarkan Produk-produk Kosmetik

daftar nama brand makeup kosmetik artist kecantikan produk beauty blogger vlogger tutorial cara pemakaian bahan manfaat kegunaan jenis macam varian terbaru rilis produsen pabrik beli di mana toko advisor review
Ilustrasi makeup | Foto: pexels.com

Laporan dan Stock Barang

Selain melayani customer, Beauty Advisor juga menyusun berbagai macam laporan yang berkaitan dengan penjualan. “Mereka harus bisa membuat laporan-laporan penjualan, pasti itu semua juga dialami oleh SPG-SPG lainnya” papar Anggi.

Beauty Advisor juga harus tahu jumlah stock barang yang tersedia di toko mereka. Apabila ada varian produk yang habis maka BA wajib order lagi kepada perusahaan untuk menambah persediaan barang.

Baca Juga:
Pengalaman Menjadi Beauty Advisor (BA), Apa Saja Kerjaannya?

Keterampilan dan Kriteria

Berhubungan langsung dengan pelanggan, Beauty Advisor harus mempunyai kemampuan menjual yang baik. Dengan demikian, BA dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap penjualan produk. Untuk bisa mempersuasi pelanggan, BA wajib mempunyai keterampilan berkomunikasi yang baik. Dengan begitu, pelanggan merasa nyaman ketika berada di toko dan tertarik untuk membeli.

Selain itu, Beauty Advisor juga perlu mempunyai pengetahuan yang cukup tentang jenis-jenis alat makeup dan fungsinya. Ditambah lagi, BA juga harus memiliki skill dalam memakai berbagai macam perlengkapan makeup.

Baca Juga:



Perawatan Kecantikan yang Halal untuk Wanita di Wardah Beauty House

Anggi memaparkan bahwa Wardah umumnya mencari Beauty Advisor dengan pendidikan minimum D3. Selain itu, pelamar kerja untuk posisi BA memiliki tinggi badan sekitar 160 cm. “Karena kita adalah produk kecantikan, jadi mbak-mbak BA-nya pun harus terlihat cantik dan menawan dari luar dan dalam.” ungkap Anggi.

Selanjutnya, Beauty Advisor yang terpilih akan melewati serangkaian pelatihan atau training oleh perusahaan. Sehingga,  BA mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang berguna untuk menunjang kariernya ke depan.

Profesi Beauty Advisor mempunyai prospek/peluang kerja yang lebar. Seperti yang dijelaskan Anggi, “Peluang kerjanya, (Beauty Advisor) pasti dibutuhkan karena semakin banyak toko Wardah, semakin banyak juga Beauty Advisor yang kita butuhkan.”