Home Beauty Salon Muslimah, Apa Bedanya dengan Salon Kecantikan Biasa?

Salon Muslimah, Apa Bedanya dengan Salon Kecantikan Biasa?

Perbedaan salon muslimah khusus cewek hijabers dengan salon kecantikan biasa

Highlight.ID – Saat ini, salon kecantikan menjamur di berbagai wilayah. Tak hanya di kota-kota besar, bahkan di daerah-daerah pun juga sudah banyak orang yang membuka jasa salon kecantikan termasuk salon kecantikan muslimah.

Apa bedanya antara salon kecantikan biasa dengan salon kecantikan muslimah? Pada dasarnya, keduanya memiliki fungsi yang sama yakni untuk memberikan layanan perawatan diri dan kecantikan. Tetapi pada praktiknya, terdapat perbedaan yang jelas antara keduanya. Kamu pilih yang mana nih? Sebelum menentukan pilihan, cari tahu dulu yuk apa perbedaan antara kedua jenis salon ini.

Perbedaan Salon Kecantikan Biasa dan Salon Kecantikan Muslimah

Salon kecantikan adalah sebuah tempat di mana seseorang dapat melakukan perawatan diri, mulai dari wajah, rambut, hingga tubuh. Pada dasarnya, diperuntukkan untuk wanita dan pria. Namun, seiring berkembangnya zaman, kini hadir salon kecantikan muslimah. Jenis salon ini hanya diperuntukkan untuk kaum hawa saja. Itulah yang membedakan antara kedua jenis salon ini. Selain itu, apa lagi ya perbedaannya? Yuk simak!

Salon Kecantikan Biasa




Untuk Wanita dan Pria

Salon kecantikan reguler diperuntukkan untuk siapapun. Baik customer wanita maupun pria bisa datang dan mendapatkan pelayanan di salon ini. Tak heran, salon kecantikan biasa memiliki beragam layanan, misalnya layanan perawatan rambut.

Tim pekerja harus menguasai teknik perawatan rambut untuk wanita dan pria. Baik itu pangkas rambut, maupun kebutuhan rambut lainnya. Karena salon jenis ini bebas menerima customer, maka saat melakukan perawatan di dalam salon ada kemungkinan pertemuan atau bercampurnya antara customer wanita dan laki-laki. Artinya, tidak ada sekat khusus yang memisahkan antara customer beda jenis kelamin.

Memiliki Beragam Layanan

Seperti yang telah dsebutkan di atas, biasanya salon kecantikan biasa memiliki banyak jenis layanan. Mulai dari perawatan rambut, wajah, hingga tubuh. Misalnya untuk urusan wajah saja, mereka tidak hanya memberikan layanan rias wajah, tapi juga ada totok wajah, cukur/cabut alis, sulam alis, sulam bibir, dan lain sebagainya.

Baca Juga:
Bisnis Salon Muslimah, Tawarkan Kenyamanan Bagi Wanita Berhijab




Karena mereka tidak memiliki batas layanan yang tentunya berbeda dengan salon kecantikan muslimah. Jika kamu ingin mencoba perawatan yang beraneka macam, kamu datang ke salon kecantikan biasa ya, ladies!

Menggunakan Macam-macam Produk

Kamu juga tentu tahu kalau ada begitu banyak macam produk kecantikan. Tim profesional di salon pun juga menggunakan beragam produk ini yang disesuaikan dengan kebutuhan customer. Seperti, pemilihan warna cat rambut yang beragam, hair tonic, hair mask, dan lain sebagainya.

Mereka tidak terpatok hanya menggunakan produk yang telah lulus uji halal dari MUI. Karena customer mereka datang dari berbagai latar belakang agama. Sehingga, tidak perlu memilih produk khusus seperti itu saat memberikan layanan perawatan.

Terapis Wanita dan Pria

Karena salon kecantikan biasa ini diperuntukkan untuk customer wanita dan pria, maka terapis yang bekerja di dalamnya juga terdiri dari wanita dan pria. Mereka sama-sama memberikan layanan perawatan untuk semua customer tanpa pilih-pilih.
Sehingga ketika kamu datang ke salon kecantikan biasa, kamu bisa saja akan dilayani terapis wanita maupun pria. Tetapi, jika kamu sudah berlangganan di salon tersebut. Biasanya kamu bisa meminta terapis yang biasa melayani kamu.



Baca Juga:
Dear Hijabers, Ini Jenis-jenis Perawatan di Salon Kecantikan Muslimah

Salon Kecantikan Muslimah

Memberikan Sapaan Salam

Kalau kamu datang ke salon kecantikan muslimah, hal yang paling berbeda dibandingkan kamu ke salon kecantikan biasa adalah kamu akan disambut dengan sapaan salam umat Islam. Yakni, Assalamualaikum warrahmatullohi wabarakatuh. Tentu ini akan membuat hati nyaman dan damai ya ladies.

Hal yang sama juga akan kamu dapatkan jika kamu sudah selesai menjalankan perawatan, yakni saat kamu akan meninggalkan salon. Para terapis akan dengan sopan mengucapkan salam kembali, serta ucapan semoga puas dan lain sebagainya.

Khusus untuk Muslimah dan Wanita

Perbedaan lain yang cukup signifikan antara salon kecantikan biasa dan salon kecantikan muslimah adalah salon kecantikan muslimah hanya melayani wanita. Hal ini jelas saja ya ladies dari namanya saja kita sudah diperuntukkan untuk muslimah. Sehingga, saat kamu perawatan wajah di salon maupun memilih jenis perawatan lainnya kamu tidak akan menemukan customer pria.

Bagi kaum muslimah, tentu hal ini akan membuat aman dan nyaman. Sehingga menghindari aurat mereka terlihat oleh orang lain yang bukan mahram. Meski demikian, ada salon muslimah  yang tidak membatasi pada pelanggan yang beragam Islam. Siapapun tanpa memandang agama yang dipeluknya dapat mencicipi treatment yang ditawarkan salon muslimah.

Memiliki Layanan Terbatas

Kamu bisa saja mendapat pilihan layanan yang beragam di salon biasa, tapi jangan harap kamu bisa melakukannya di salon kecantikan muslimah. Mereka tidak menawarkan banyak layanan, alias jenis layanan mereka cukup terbatas.

Baca Juga:
Moz5 Salon Muslimah Gunakan Produk Kosmetik Racikan Sendiri

Contohnya, di salon kecantikan muslimah tidak menyediakan layanan cukur/cabut alis. Atau, jika kamu melakukan perawatan rambut di salon muslimah, kamu tidak bisa cat rambut hitam. Kamu akan ditawarkan warna cat rambut lain, seperti merah, coklat, atau ungu.

Bukan tanpa alasan, mereka si pemilik salon muslimah berpegang teguh pada syariat Islam. Terkait tata cara muslimah merawat diri dan menjaga kecantikan. Nah, kalau kamu sepakat dengan prinsip ini, kamu harus segera mencari daftar perawatan salon kecantikan muslimah terdekat nih ladies.

Hanya Menggunakan Produk Halal

Selain hanya memberikan layanan yang dibolehkan secara syariat Islam, salon muslimah juga hanya menggunakan produk yang telah lolos uji halal dari MUI. Jadi, mereka tidak sembarang menggunakan produk. Misalnya, produk cat rambut yang mereka gunakan hanya yang berlabel halal. Hal ini demi keamanan dan kenyamanan customer muslimah mereka.

Produk yang halal tentunya sudah terjamin bahwa di dalamnya tidak ada kandungan unsur babi atau hal lain yang haram dan melanggar syariat Islam. Muslimah yang datang jadi tidak perlu khawatir dan ragu ketika melakukan perawatan di salon.

Dilayani Terapis Wanita

Karena seorang cewek muslimah tidak boleh menampakkan auratnya ke sembarang orang apalagi ke orang yang bukan mahramnya, maka terapis yang bekerja di salon muslimah hanyalah berjenis kelamin wanita. Dengan dilayani terapis wanita, muslimah akan tenang dan nyaman meskipun mereka harus melepas hijab mereka.

Demikian perbedaan antara salon kecantikan biasa dengan salon kecantikan muslimah yang saat ini sudah banyak dan mudah ditemui di mana-mana ya ladies. Nah, kalau kamu lebih tertarik untuk datang ke salon jenis apa nih?