Home News Events Trend Fashion Muslim 2019, Bagaimanakah Perkembangannya?

Trend Fashion Muslim 2019, Bagaimanakah Perkembangannya?

perkembangan trend busana pakaian muslim terbaru terkini paling update event liputan desainer
Gambar: APPMI

Highlight.id – Busana muslim mengalami perkembangan yang sangat signifikan belakangan ini. Hal itu semakin diperkuat dengan munculnya komunitas hijaber yang semakin mempedulikan cara berbusana yang sesuai dengan nilai-nilai Islami. Selain itu, hadirnya desainer fashion yang mampu menghasilkan karya-karya busana muslim ikut mendorong majunya industri fashion di tanah air.

Menurut Rudi Chandra, Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) DKI Jakarta, tahun 2019 masyarakat akan menyaksikan tren busana muslim dengan desain yang lebih simpel, ringan, dan dapat digunakan dalam berbagai kesempatan.





Adapun material yang akan banyak digunakan oleh desainer fesyen sebagai bahan pakaian yaitu organdy, chiffon, most crepe, dan cotton silk. Rudi Chandra menambahkan bahwa warna-warna yang memberi kesan sejuk akan mendominasi. Demikian juga dengan warna-warna basic seperti hitam, putih, off white, navy blue, dan abu-abu. Prediksi tren fashion muslim tersebut dilihat dari karya-karya desainer dan selera pasar.

Prediksi tren fashion 2019 dipertunjukkan kepada khalayak luas lewat event Ramadhan Runway 2019 yang digelar oleh APPMI pada tanggal 5 – 24 Juni 2018. Event yang digelar setiap bulan Ramadhan ini telah memasuki yang keenam kalinya. Tahun ini, Ramadhan Runway dilaksanakan di Kota Kasablanka, Jakarta dan menampilkan lebih dari 70 fesyen brand pilihan.

Baca juga:

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai acara mulai dari talkshow, fashion show, bazaar, dan kompetisi Modest Fashion Project 2018. Melalui event ini pula, khalayak dapat mencermati tren fashion muslim yang diprediksi akan berkembang pada tahun depan.

Kehadiran desainer-desainer baru yang potensial menjadi daya tarik tersendiri dan menambah referensi bagi para pecinta fashion. Lewat karya-karya dari desainer itu pula, trend busana muslim dapat diprediksi.

“Sebagai referensi utama tren fashion muslim tahun depan, Ramadhan Runway 2019 merupakan bagian penting dalam perjalanan Indonesia menuju kiblat fashion muslim dunia di tahun 2020 mendatang”, ungkap Rudi Chandra.

Dalam pengamatan Rudi Chandra, ada beberapa desainer anggota APPMI yang memiliki kreativitas kuat, seperti Ariy Arka, Dana Duryatna, dan Nita Seno Adjie. Ketiga desainer tersebut memiliki ciri khas pakaian yang berbeda. Abee by Ariy Arka memiliki karakter khas berupa sentuhan bordir yang kuat.

Sedangkan Dana Duryatna lebih memilih desain busana yang cenderung longgar dengan bahan print yang terbuat dari linen dan katun. Di sisi lain, Nita Seno Adjie mampu menunjukkan kepiawaiannya dengan memadukan nuansa tradisional dan modern.

Omset yang dihasilkan lewat event tersebut mencapai Rp. 6,35 miliar dan mampu meningkatkan jumlah pengunjung mall hingga 51% dibandingkan hari biasa. Batique, salah satu peserta bazaar meraih omset penjualan tertinggi, yaitu sebesar Rp. 520 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here