Home Tips Career Pengin Jadi Polisi Wanita? Ketahui Dulu Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengin Jadi Polisi Wanita? Ketahui Dulu Tugas dan Tanggung Jawabnya

Persyaratan pengalaman bekerja profesi karier menjadi polisi wanita polwan jenjang keterampilan kriteria
Avy Tiasa Febrina (Polisi Wanita) | Foto: Instagram/@avytyasa

Highlight.ID – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membuka penerimaan anggota salah satunya melalui Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). Selain melalui SIPSS, Polri juga menerima anggota melalui jalur lain seperti Akademi Kepolisian (Akpol), bintara, dan tamtama. Jalur penerimaan ini perlu diketahui agar proses pendaftaran anggota Polri menjadi lebih mudah.

Avy Tiasa Febrina adalah polisi wanita kelahiran Bandar Lampung yang masuk menjadi anggota Polri melalui SIPSS karena ia adalah sarjana lulusan Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Setelah mengikuti serangkaian tahapan seleksi, Avy akhirnya lolos dan diterima menjadi Polwan. Setelah itu, ia mengikuti pendidikan selama 6 bulan di Akademi Kepolisian. Begitu selesai pendidikan di Akpol, ia ditetapkan menjadi perwira.

Syarat Menjadi Polwan




Di tempat kerjanya, Avy yang berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) menempati posisi sebagai Assesor di Biro Pembinaan Karier dan Bagpen Kompeten, Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri. Perempuan berzodiak Pisces ini menerangkan bahwa ada beberapa kriteria atau sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa lolos seleksi menjadi Polwan.

Menurutnya, syarat-syarat menjadi Polwan di antaranya yakni tinggi dan berat badan harus ideal. Selain itu, nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) harus di atas 2.75 atau 3.00. “Harus bisa [latihan] fisik, tes jasmani, lari, renang, push up, sit up, chinning, itu harus bisa, berlatih. Tentunya juga harus memiliki ilmu. Kebetulan kami sarjana, akan ada tes ilmu kejuruan. Syaratnya sama dengan yang lainnya, jadi kalo mau tahu lebih lengkap, kalian bisa lihat di penerimaan.polri.go.id,” jelas Avy kepada Highlight.ID.

Baca Juga:





Perjuangan Avy Tiasa Febrina Menjadi Polisi Wanita (Polwan)

Untuk menjadi Polwan tidak dibutuhkan keterampilan khusus. Kemampuan beladiri bukan merupakan suatu keharusan ketika mendaftar Polri. Namun Avy mengatakan bahwa apabila calon anggota Polri yang mahir beladiri mempunyai nilai tambah tersendiri. Setiap anggota Polri yang lolos seleksi nantinya juga akan mendapatkan berbagai macam pelatihan beladiri dan menembak.