Home Business 7 Agensi K-Pop Paling Populer yang Sukses Lahirkan Artis-artis Top

7 Agensi K-Pop Paling Populer yang Sukses Lahirkan Artis-artis Top

Daftar perusahaan agensi hiburan K-pop Korea
Treasure | Foto: Instagram/@yg_ent_official

Highlight.ID – Korea memiliki banyak boyband maupun girl group serta penyanyi solo yang namanya tersohor di berbagai negara. Kepopuleran para artis tak terlepas dari peran agensi hiburan yang menaunginya. Agensi hiburan K-pop memiliki kegiatan dengan tujuan untuk mencari anak muda berbakat yang siap terjun di dunia hiburan. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan menyelenggarakan audisi.

Mereka yang ingin berkarier di dunia entertainment baik menjadi penyanyi tunggal atau bergabung dengan idol group kemungkinan besar antusias mengikuti audisi. Agensi hiburan Korea tentu telah menetapkan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi peserta audisi. Untuk bisa lolos audisi pun jelas nggak mudah karena ada banyak pesaing yang juga mempunyai harapan yang sama.

Daftar Perusahaan K-Pop Terkenal

Apa saja agensi Kpop yang populer di Korea Selatan? Yuk, simak informasinya berikut ini.




1.Big Hit Entertainment

Big Hit Entertainment (빅히트 엔터테인먼트) sudah ada sejak Februari 2005, didirikan oleh Komponis Bang Si Hyuk. Setelah Big Hit Entertainment memiliki nama, mereka melebarkan sayapnya sampai ke Jepang dan Amerika. Perusahaan ini aktif melakukan perekerutan para talenta baru. Pada tahun 2007, Big Hit dikabarkan nyaris bangkrut namun selamat berkat kesuksesan 8eight – grup musik yang beranggotakan Baek Chan, Lee Hyun, dan Joo Hee.

Selanjutnya, pada tahun 2010, Big Hit menggelar serangkaian audisi yang menghasilkan BTS (Bangtan Sonyeondan) atau dikenal pula dengan Bangtan Boys. Anggota BTS terdiri dari Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook. Kemudian, ada pula TXT (Tommorow x Together) dengan anggota Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun, dan Huening Kai. Adapun single utama album andalan TXT yang berjudul “Crown” mampu memuncaki World Digital Songs.

Baca Juga:
Profil Anggota Blackpink: Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa




Big Hit Entertainment juga membuat gaya manajemen yang lebih inovatif untuk meningkatkan angka penjualan mereka. Mereka membuat konten menarik, agar para fans bisa lebih dekat dengan idol K-pop mereka. Big Hit juga mempunyai beberapa anak perusahaan di antaranya yakni Source Music dan Pledis Entertainment.

2. YG Entertainment

Selanjutnya, ada YG Entertainment (엔터테인먼트) yang sudah eksis sejak 1996. Didirikan oleh Yang Hyun Suk – mantan anggota grup K-pop generasi pertama Seo Taiji and Boys, YG Entertainment tidak hanya menaungi idol group K-pop saja, tapi juga menjadi tempat untuk mencari talenta-talenta yang baru. YG itu sendiri diambil dari Yang‑gun (양군) yang merupakan nama panggilan sang pendirinya.

YG Entertainment telah menghasilkan group Kpop tersohor, di antaranya adalah Blackpink yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa. Tidak hanya itu, ada pula Big Bang, iKon, Winner, dan Treasure yang mempunyai basis penggemar yang kuat baik di Korea Selatan maupun di negara-negara lain. Big Bang memberikan kontribusi terbesar bagi perusahaan dengan penjualan album “Made” yang terjual lebih dari 13 juta kopi di seluruh Asia.

Selain grup K-pop, ada pula sejumlah penyanyi solo termasuk Eun Ji-won, G-Dragon, T.O.P, dan Taeyang. Beberapa anak perusahaan milik YG Entertainment adalah YG K-Plus, NONA9ON, Moonshot, YG Plus Inc., YG Golf Academy dan Samgeori Butchers. YG Entertainment juga pernah membantu masyarakat saat terjadi bencana alam, salah satunya diberikan kepada UNICEF.

Baca Juga:
6 Girl Band Korea yang Punya Banyak Penggemar, Masihkah Populer di 2021?

Daftar perusahaan agensi hiburan K-pop Korea
BoA | Foto: Instagram/@smtown

3. SM Entertainment

Pendiri SM Entertainment yang berdiri tahun 1995 adalah Lee Soo Man – seorang produser rekaman. Idola K-pop milik SM Entertainment yang sukses di pasaran di antaranya Super Junior dan Girls Generation (SNSD). Ada juga penyanyi solo seperti BoA Kangta, Zhang Liyin dan J-Min serta grup idola termasuk S.E.S, f(x), Red Velvet, NCT, SHINee, TRAX dan TVXQ.

Sejumlah talenta yang tadinya bergabung dengan grup idola banyak yang akhirnya menjadi penyanyi solo. SM Entertainment juga menjadi rumah bagi beberapa artis yakni Choi Jong-yoon, Kim Ian, Kim Min-jong, Lee Jae-ryong, Lee Yeon-hee, Yoo Ho-jeong, Lina dan Yoona. SM Entertainment juga melakukan ekspansi ke negara Jepang yang melahirkan beberapa penyanyi seperti Ayumi Hamasaki, Namie Amuro, Koda Kumi, Arashi dan KAT-TUN.

4. JYP Entertainment

Sejak tahun 1997, JYP Entertainment yang didirikan oleh J Y Park –  penulis dan penyanyi lagu asal Korea Selatan – berhasil mencetak artis-artis K-pop tenar yang sukses di dunia hiburan. Dahulu, JYP Entertainment ini hanya sebuah label rekaman namun kini berkembang menjadi agensi hiburan yang menaungi beberapa grup K-pop seperti 2PM, Twice, Got 7, Stray Kids, Itzy dan Got 7.

Wonder Girls merupakan girl group pertama yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Girl group yang sukses di pasaran ini mampu menembus tangga lagu Billboard Hot 100. Sementara Rain merupakan talenta milik JYP Entertainment yang menjadi artis solo global asal Korea yang popularitasnya menjangkau luar Korea Selatan. Kini, JYP Entertainment mempunyai jangkauan global dengan dibukanya beberapa kantor di New York (AS) dan Beijing (China).

5. FNC Entertainment



FNC Entertainment (엔터테인먼트) merupakan agensi yang sudah ada sejak dari tahun 2006. FNC itu sendiri adalah singkatan dari ‘Fish And Chip’. Didirikan oleh Han Sung Ho, FNC Entertainment telah menghasilkan group salah satunya adalah AOA yang telah menggelar konser di beberapa negara.

Selain AOA, ada juga group Kpop Cherry Bullet – group K-pop yang berdiri tahun 2019. “QnA” adalah lagu debut pertama dari grup yang beranggotakan 7 orang yakni Haeyoon, Yuju, Bora, Jiwon, Remi, Chaerin dan May.

FNC Entertainment yang berbasis di Cheongdam-dong tidak hanya wadah untuk group Kpop, tapi NFC juga membuat serial untuk televisi. Serial TV yang telah dibuat FNC Entertainment adalah My Only Love Song, dan juga Sweet Enemy.

6.Cube Entertainment

Eksis sejak tahun 2006, Cube Entertainment didirikan oleh Hong Seung-Sung yang merupakan mantan presiden JYP Entertainment. Ia bekerja sama dengan Shin Jung Hwa untuk mendirikan Cube Entertainment. Namun dikabarkan bahwa Hong Seung-Sung telah mengundurkan diri dari perusahaan yang didirikannya karena masalah sengketa kepemilikan.

Baca Juga:
5 Boy Band Paling Populer dari Korea yang Masih Bersinar di 2021

Grup wanita 4Minute dan grup pria BEAST menjadi seniman generasi pertama dari Cube Entertainment. Group K-pop lainnya adalah BTOB (Born to Beat) yang telah meraih berbagai penghargaan. Telah eksis sejak 2012, BTOB terdiri dari 7 pria tampan yaitu Eunkwang, Minhyuk, Changsub, Hyunsik, Peniel, Ilhoon dan Sungjae. Beberapa lagu BTOB yang terkenal adalah, “Thriller” dan “Beep Beep”.

7.Vine Entertainment

Vine Entertainment (바인 엔터테인먼트) adalah sebuah agensi populer yang bergerak di bidang film dan drama. Secret Number adalah salah satu group yang berada di bawah naungan Vine Entertainment. Secret Number memiliki satu member dari Indonesia, yang bernama Dita Karang. Wanita kelahiran Yogyakarta ini bersama anggota lainnya yakni Léa, Jinny, Soodam dan Denise.

Lagu-lagu Secret Number yang menjadi favorit yakni “Got That Boom” dan “Who Dis”. Meski tergolong baru, girl group ini telah menyabet berbagai penghargaan yang semakin melejitkan namanya.