Home Beauty 9 Perusahaan Kosmetik Terkenal di Dunia dengan Jangkauan Global

9 Perusahaan Kosmetik Terkenal di Dunia dengan Jangkauan Global

Daftar perusahaan kosmetik pabrik manufaktur terkenal populer dunia jangkauan internasional
perusahaan-kosmetik-pabrik-produsen-manufaktur-produk-kecantikan-makeup-populer-dunia_01

Highlight.ID – Industri kecantikan memberikan profit yang sangat menguntungkan. Bahkan produk kecantikan termasuk kategori yang paling banyak dicari di situs atau aplikasi marketplace. Banyak di antara merek-merek kosmetik yang beredar di pasaran berasal dari luar negeri. Berkat jangkauan internasional, perusahaan asing melalukan ekspansi ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Perusahaan multinasional memproduksi barang-barang konsumen termasuk kosmetik dan memasarkannya secara global. Mereka tak hanya menjual satu merek tapi banyak merek kosmetik sekaligus, beberapa di antaranya tentu sudah kamu kenal.

Daftar Perusahaan yang Memproduksi Produk-produk Kecantikan

1. L’Oréal Group

Seorang apoteker muda dengan semangat kewirausahaan bernama Eugène Schueller meracik formula pewarna rambut yang dijual ke hairdresser Paris. Ia kemudian mendirikan sebuah organisasi yang didasarkan pada prinsip penelitian dan inovasi berkelanjutan di bidang kecantikan. Itu merupakan langkah awal yang kemudian membentuk perusahaan L’Oréal Group. Perusahaan yang berdiri tahun 1909 dan bermarkas di Clichy, Prancis ini fokus memproduksi dan memasarkan produk-produk perawatan diri.




L’Oréal Group mendefinisikan merek-mereknya multikultural, perpaduan antara merek Eropa, Amerika, Korea, Brazil, India, Jepang, dan Afrika. Produk-produknya meliputi perawatan kulit, makeup, pewarna rambut, perawatan rambut, parfum termasuk juga higienitas. L’Oréal membagi produk-produknya menjadi 4 kategori dengan pasarnya masing-masing yakni: Professional Product Division, Consumer Product Division, L’Oréal Luxe dan Active Cosmetic Division.

Divisi Produk Pelanggan di antaranya sudah sangat dikenal seperti L’Oréal Paris, NYX, Garnier, dan Maybelline New York. Sementara Divisi Produk Profesional yang sering digunakan di salon-salon kecantikan meliputi L’Oréal Professionnel, Matrix, Pureology, Redken, dan Kerastase. Brands yang termasuk Divisi L’Oréal Luxe di antaranya Kiehl’s, Lancome, Shu Uemura, Urban Decay, Atelier Cologne, Clarisonic, dan IT Cosmetics. Divisi Kosmetik Aktif yaitu Vichy, Laroche Posay, SkinCeuticals, CeraVe, dan Decleor.

Baca Juga:
6 Merek Makeup Populer Asal Korea yang Dijual di Indonesia




2. Unilever

Berdiri sejak tahun 1929, Unilever yang merupakan perusahaan multinasional Inggris-Belanda memusatkan kantornya di London dan Rotterdam. Perusahaan ini merupakan merek perusahaan Margarine Unie dan produsen sabun Lever Brothers. Unilever memiliki lebih dari 400 merek meliputi kategori Food & Refreshments, Home Care, dan Beauty and Personal Care. Di Indonesia sendiri, Unilever telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya tanggal 5 Desember 1933.

Produk-produk kecantikan Unilever yaitu Axe, CLEAR, Dove, Glow & Lovely, Vaseline, Lifebuoy, Lux, Rexona, Smile, dan Sunsilk. Salah satu produknya, Vaseline yang diluncurkan sejak lebih dari 140 tahun lalu berguna untuk mengatasi kulit tergores, kulit terbakar maupun kulit kering yang banyak dipakai oleh jutaan rumah tangga di seluruh dunia. Sementara CLEAR yang dirilis tahun 1975, menjadi andalan untuk mengatasi rambut berketombe. Tak hanya itu, CLEAR juga dilengkapi dengan formulasi berkhasiat untuk melindungi dan menyehatkan kulit kepala.

3. Estée Lauder

Dilahirkan di New York, Estée Lauder memiliku ketertarikan pada bidang kecantikan saat ia masih SMA. Ia banyak terinspirasi oleh pamannya yang tinggal bersama keluarga Estée. Dari pamannya, Estée belajar cara membuat krim dan mengaplikasikannya pada wajah. Pada tahun 1930, ia menikah dan bersama suaminya Joseph Lauder mendirikan perusahaan pada tahun 1946. Dua tahun berikutnya, mereka membuka toko bersama Saks Fifth Avenue di Manhattan.

Selanjutnya, pada tahun 1960, Estée Lauder mulai berekspansi ke luar negeri dengan toko internasional pertamanya di London. Estée Lauder kemudian membuka kantor di Hong Kong. Produk-produk Estée Lauder terdiri dari beberapa kategori, yaitu Repair Serum, Moisturizer, Eye Care, Masks, Cleanser & Makeup Remover, Toner & Treatment Lotion, dan Targeted Treatment.

Baca Juga:
15 Brand Make Up Terkenal di Dunia untuk Merias Diri dan Merawat Kulit

Daftar perusahaan kosmetik pabrik manufaktur terkenal populer dunia jangkauan internasional
Kantor pusat P&G di Cincinnati, Ohio, AS | Foto: pgcareers.com

4. P&G

Berpusat di Ohio, Amerika Serikat, P&G telah beroperasi sejak tahun 1837. Nama perusahaan diambil dari nama sang pendirinya, William Procter dan James Gamble. Procter merupakan pembuat lilin sedangkan Gamble seorang pembuat sabun. Keduanya berpindah dari Inggris Raya ke Cincinnati, Ohio. Di sana mereka mengembangkan bisnis yang menjadi pondasi perusahaan P&G.

Rangkaian produk yang dijual P&G terdiri dari beberapa kategori yaitu Baby Care, Fabric Care, Family Care, Feminine Care, Grooming, Hair Care, Home Care, Oral Care, Personal Health Care, dan Skin and Personal Care. Merek-merek kecantikan terkenal yang dikelola P&G di antaranya Olay, SK-II, Pantene, Head & Shoulders, dan Herbal Essences. Salah satu merek, Pantene merupakan produk shampo yang dikenal dengan kandungan Pro-Vitamin B5. Kandungan ini bermanfaat untuk membuat rambut lebih kuat.

5. Coty

Francois Coty memulai bisnisnya dengan menjual parfum sejak tahun 1904. La Rose Jacquemont merupakan produk pertama yang dijual Coty. Mengikuti kesuksesan produk parfumnya, empat tahun kemudian, Coty membuka toko pertama di kota Paris, Prancis. Selanjutnya, Coty memperluas jangkauan dengan ekspansi ke pasar internasional di awal tahun 1910-an, dimulai dari London kemudian New York. Di Amerika Serikat, Coty menjadi salah satu pemimpin pasar produk parfum.

Untuk memperkuat posisinya, Coty bekerja sama dengan deretan selebriti ternama dunia seperti Sarah Jessica Parker, David Beckham, Mary-Kate dan Ashley Olsen, Shania Twain, dan Celine Dion. Coty memiliki lisensi brands mewah terkenal seperti Burberry Calvin Klein, Marc Jacobs, Gucci, Hugo, Bottega Veneta, Miu Miu, Balenciaga. Selain itu, Coty juga memasarkan brands kecantikan yang dipakai di industri salon kecantikan seperti OPI, Wella Professional, Sassoon Professional, ghd, dan Clairol Profesional.



Baca Juga:
7 Nama Perusahaan Kosmetik Populer dan Makna di Baliknya

6. Shiseido

Shiseido yang memusatkan kantornya di Tokyo, Jepang telah berdiri sejak tahun 1872. Pendirinya adalah Arinobu Fukuhara yang merupakan seorang anggota angkatan laut yang berperan sebagai Kepala Apoteker. Pada tahun 1888, Shiseido meluncurkan produk pasta gigi pertama di Jepang yang sukses di pasaran. Shiseido kemudian melakukan diversifikasi dengan memproduksi kosmetik pada tahun 1897. Produk kosmetik Shiseido yang pertama adalah Euderimine, lotion berwarna merah dengan botol yang inovatif pada waktu itu.

Shiseido menjual aneka macam produk kecantikan yang terdiri dari Skincare, Makeup, Suncare, Men’s Care, dan Fragrancea. Produk Skincare meliputi Power Infusing, Cleanser & Makeup Remover, Softeners & Balancing Lotions, Eye & Lip Care, Sun Protection, Masks, dan lainnya. Selain merek Shiseido sendiri, Shiseido juga memasarkan merek-merek kosmetik terkenal lainnya seperti bareMinerals, Laura Mercier, NARS, Dolce&Gabbana, Tory Burch, dan sebagainya.

7. Beiersdorf

Seorang apoteker bernama Paul C. Beiersdorf pindah dari Mark of Brandenburg menuju Hamburg. Di kota itu, Beiersdorf membeli sebuah apotek yang lokasinya berdekatan dengan pelabuhan padat dengan penduduk. Berbekal pengetahuan fisika, ia mendirikan laboratorium dan menawarkan jasanya kepada dokter. Plester berlapis yang dipatenkan tertanggal 28 Maret 1882 menjadi cikal bakal perusahaan Beiersdorf yang dikenal sekarang.

Pada tahun 1892, perusahaan membangun pabrik baru di Hamburg-Eimsbuttel yang kemudian menjadi markas besar hingga kini. Di sana, perusahaan memproduksi barang-barang konsumen termasuk NIVEA dan Labello. Beiersdorf juga mengelola merek-merek terkenal lainnya seperti Hansaplast, Eucerin, Florena, La Prairie, tesa, dan Hidrofugal. NIVEA sendiri merupakan produk perawatan kulit berupa krim berbasis air dan minyak yang pertama kali dilincurkan tahun 1911. Terdapat beberapa kategori produk yakni NIVEA Face Care, NIVEA Body, NIVEA Deo, NIVEA Sun, dan NIVEA Men.

Baca Juga:
9 Merek Kosmetik Jepang yang Bikin Kulit dan Wajahmu Makin Bercahaya

8. Amorepacific

Jika kamu penggemar K-beauty tentu pernah dengan perusahaan Amorepacific. Pasalnya, Amorepacific merupakan produsen brands kecantikan ternama seperti Etude House, Sulwhasoo, Laneige, Inisfree, Ryo dan Mamonde. Salah satu merek, Inisfree dikenal sebagai produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami seperti green tea, jeju volcanic scoria, dan melati. Adapun teknologi yang dipakai Inisfree yaitu Green Tea Water 2.0 dan Micro Clay Mousse mengandung Super Volcanic.

Amorepacific yang berdiri sejak tahun 1945 didirikan oleh Suh Sungwhan. Waktu itu, perusahaan awalnya bernama Taepyeongyang (Pacific) Chemical Industries. Kelahiran Amorepacific tak bisa dilepaskan dari Yoon Dok-jeong yang tak lain adalah ibu dari Suh Sungwhan. Yoon menemukan minyak rambut yang bersumber dari pohon kacang camellia. Produk pertama yang diluncurkan Amorepacific adalah Melody Cream pada tahun 1948 yang dilanjutkan dengan ABC Pomade tahun 1951. Tiga tahun kemudian, Suh Sungwhan mendirikan laboratorium penelitian kosmetik pertama di Korea.

9. Kao

Didirikan oleh Tomiro Nagase pada tahun 1887, Kao menjual sabun yang merupakan produk pertamanya. Untuk menekankan kualitas, Nagase memberi nama produknya “Kao Sekken”. Kemudian, ini menjadi nama perusahaan di kemudian hari. Pada tahun 1950-an, Kao melalukan berbagai riset dan inovasi sehingga membuatnya bertransformask dari pabrik pembuat sabun menjadi perusahaan yang lebih besar. Kao kemudian memproduksi berbagai macam alat pembersih seperti deterjen dan shampo.

Tak berhenti di situ, Kao juga terus melakukan pengembangan dan diversifikasi produk. Hasilnya, Kao mampu memproduksi aneka ragam produk kesehatan dan kecantikan. Produk-produk Kao terbagi menjadi kategori Cosmetics, Skin Care and Hair Care, Salon, Human Health Care, Fabric and Home Care, dan Chemicals. Pada kategori Salon, terdapat merek Goldwell, Oribe, dan kms. Selain itu, ada deretan merek seperti Biore, Suqqu, Sensai, Kanebo, Molton Brown, John Frieda, Essential, dan Kate.