
Highlight.ID – Memasuki usianya yang ke-10, Plaza Indonesia Men’s Fashion Week (PIMFW) masih menjadi satu-satunya pekan mode pakaian pria di Indonesia. PIMFW tahun ini berlangsung tanggal 23 – 27 September 2019 di The Warehouse Level 5, Plaza Indonesia, Jakarta. Dengan tema #STYLEITUP, Plaza Indonesia Men’s Fashion Week secara khusus menyorot trend gaya hidup pria masa kini.
General Manager Marketing Plaza Indonesia Zamri Mamat, mengatakan “PIMFW hadir sebagai bentuk konsistensi dukungan Plaza Indonesia terhadap tenant retail yang ada di Plaza Indonesia untuk mengakomodir para brands menampilkan koleksi-koleksi terbaru pakaian prianya, mulai dari ready-to-wear hingga tailoring. Selain itu, sebagai bentuk dukungan Plaza Indonesia terhadap ekonomi kreatif masyarakat mode Indonesia, PIMFW juga selalu berkolaborasi dengan well known desainer-desainer Indonesia, baik yang generasi senior hingga generasi-generasi desainer muda yang karya-karyanya saat ini cukup diperhitungkan.”
Baca juga:
- Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 dengan Nuansa Lebih Muda dan Kekinian
- Diikuti Ratusan Desainer, JFW 2020 Siap Gelar 70 Fashion Show
- Eco Fashion Week Indonesia 2019 Tampilkan Kain Tenun Daerah Tertinggal
PIMFW diikuti oleh 15 merek dan desainer busana pria yang akan menampilkan koleksi dengan berbagai macam tema. Beberapa tema yang bakal menjadi pusat perhatian di PIMFW yakni streetwear, busana batik, tailoring, dan eco fashion. Fashion designer maupun brand yang tampil dan saling berkolaborasi yakni Alleira Batik x Rama Dauhan, Blibli.com x adriebasuki, Plaza Indonesia presents The Sartorial by Atham & The Beauty Tailor curated by The Folio & Luxina.id dan sepatu didukung oleh Mario Minardi, Marks & Spencer, (X).S.M.L, ESMOD JAKARTA, Parang Kencana, Alleira Batik, Leaf Official Store.
Pakaian yang Ramah Lingkungan
Ria Juwita selaku Senior Manager Event & Promotions and Creative Services Plaza Indonesia mengatakan, “Trend mode setiap tahunnya senantiasa berubah dan saat ini permintaan pria tren fashion juga sangat tinggi. Berangkat dari tingginya permintaan ini, kami kembali menghadirkan PIMFW 2019, sebagai wadah bagitenant retail di Plaza Indonesia, fashion designer, pencinta mode dan juga pengamat fashion pria.
“Selain itu, kami juga menghadirkan curated show busana pria dari desainer ternama Indonesia dengan mengusung tema ‘Eco green’. Melalui tema ini, kami mengajak desainer-desainer terpilih untuk menghadirkan koleksi busana pria ramah lingkungan menggunakan bahan dasar kain organik tensel. Kami sadar di dunia mode didominasi hyper-consumption bahan busana yang berlebihan. Tahun ini melalui PIMFW 2019, kami ingin menyebarkan awareness di mana koleksi busana pria diciptakan dengan konsep eco age dan proses pembuatan yang lebih ramah lingkungan dan juga bersifat economically sustainable,” tambahnya.
Sementara pada Curated Show yang dilaksanakan tanggal 26 dan 27 September 2019, Plaza Indonesia berkolaborasi dengan Ease dan Tencel Indonesia akan menghadirkan koleksi pakaian eco green karya MORAL, no’om | no’mi by Soetjipto Hoeijaja, RIGIO, AMOTSYAMSURIMUDA, WILSEN WILLIM dan Danjyo Hiyoji.
Lewat konsep Eco Age, PIMFW mengajak beberapa desainer terpilih untuk menghasilkan koleksi busana pria yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan dasar kain organik tensel. Para desainer ditantang untuk menciptakan karya yang ecomonically sustainable. Selain itu, Plaza Indonesia Men’s Fashion Week mengurangi pencetakan undangan fisik sebanyak 80%. Dengan demikian, para pemerhati fesyen yang ingin menghadiri PIMFW harus melakukan reservasi lewat website terlebih dahulu.
“Melalui produk serat tekstil andalan kami, TENCEL™ dan LENZING™ECOVERO™, kami menjalin kerja sama dengan EASE dan Plaza Indonesia. Sejak tahun 2018 kami ingin membuat perubahan besar dengan merangkul setiap stakeholder, termasuk customers, dan secara khusus kami memiliki misi untuk mendukung perancang busana untuk berkembang menjadi lebih baik,” ujar Winston A. Mulyadi selaku Lenzing Indonesia Commercial Head – SEA Region.
Kami melihat Plaza Indonesia Men’s Fashion Week sebagai kesempatan emas bagi kami untuk bisa memberikan dukungan bagi desainer mode Indonesia untuk bersama-sama berbagi nilai-nilai positif yang TENCEL™, LENZING™ dan ECOVERO™ dan bagaimana melalui sustainability kami bersama-sama dapat membangun industry mode ini untuk lebih maju dan bertanggung jawab,” imbuh dia,