Highlight.ID – Sebuah perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya tidak terbatas pada memproduksi dan menjual barang dan jasa, memilih lokasi penjualan, dan menetapkan harga. Agar lebih dikenal oleh masyarakat, perusahaan perlu melakukan komunikasi kepada audiens yang disebut dengan promosi. Keempat hal penting tersebut merupakan bauran pemasaran atau yang disebut dengan marketing mix.
Promosi memegang peranan penting dalam upaya merebut hati konsumen agar mereka tertarik dan membeli produk. Apalagi ketika sebuah produk atau merek baru diluncurkan (launching) ke pasaran. Produk baru tersebut perlu diperkenalkan kepada khalayak sasaran agar mereka bisa mengenal tentang manfaat dan kegunaan produk tersebut. Setelah mengetahui manfaat dan kelebihan produk itu dibanding produk lain, maka khalayak mempunyai alasan yang kuat untuk membeli produk.
Sebelum menerapkan promosi secara nyata, alangkah lebih baik jika sobat mengetahui terlebih dahulu beberapa pengertian, definisi, dan arti promosi. Dengan mengetahui beberapa pengertian promosi menurut para ahli, maka sobat akan lebih taktis dalam mengambil keputusan dan menyusun strategi pemasaran.
Pengertian Promosi
Para ahli pemasaran mempunyai definisi dan pendapat yang berbeda-beda tentang definisi promosi. Meski berbeda, masing-masing pengertian promosi tersebut bisa saling melengkapi satu sama lain. Berikut ini merupakan pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran.
Baca Juga:
Aktivitas Public Relations yang Dapat Meningkatkan Citra Perusahaan
- Menurut Philip Kotler: “Promosi adalah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang menonjolkan keistimewaan-keistimewaan produknya yang membujuk konsumen sasaran agar membelinya”.
- American Marketing Association (AMA), menyebutkan bahwa promosi yaitu: “Sales promotion is media and non media marketing pressure applied for a predetermined, limited period of time in order to stimulate trial, increase consumer demand, or improve product quality”.
- Menurut Swastha: “Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran”.
- Menurut Zimmerer: “Promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan”.
Dari beberapa pendapat para ahli pemasaran di atas, dapat kita pahami bersama bahwa promosi merupakan bagian dari pemasaran yang bertujuan untuk membujuk, mempengaruhi orang agar mereka mau membeli produk dan jasa yang ditawarkan.
Promosi, seperti dikemukakan oleh para ahli, merupakan metode atau cara agar orang tertarik pada produk dan jasa lalu membelinya. Mengingat pentingya peran promosi dalam bisnis, para pengusaha atau pemilik usaha perlu melakukan aktivitas promosi secara terus menerus agar brand tetap diingat dan menjadi prioritas utama dalam benak konsumen serta omset penjualan dapat meningkat.
Mendorong Penjualan
Orang sering mencampuradukkan pengertian promosi dengan periklanan (advertising), permerekan (branding), dan pemasaran (marketing). Lalu apa beda pengertian antara promosi, periklanan, pemasaran, dan permerekan? Perbedaan istilah-istilah tersebut memang sangat tipis karena masing-masing saling berkaitan satu sama lain dan sulit untuk dipisahkan.
Baca Juga:
Promotion Mix: Perpaduan Sarana Promosi untuk Naikkan Penjualan
Namun promosi memiliki sifat yang membedakannya kegiatan pemasaran lainnya. Promosi biasanya bersifat jangka pendek atau jangka panjang yang mengarahkan audiens pada tindakan tertentu, yaitu segera melakukan pembelian. Untuk tujuan promosi jangka pendek, caranya dengan memberikan penawaran menarik agar orang membeli dengan segera, misalnya potongan harga diskon, voucher, kode, kupon promo untuk pembelian produk-produk pada waktu atau periode tertentu. Lewat cara ini, orang akan lebih termotivasi untuk segera membeli produk terbaru dengan harga diskon promo tersebut.
Cara lain yang sering dilakukan para pemilik usaha, yaitu dengan memberikan nilai lebih, misalnya beli 3 dapat 1, yang artinya setiap pembelian 3 produk mendapat 1 produk secara gratis. Dengan cara itu, orang terdorong membeli produk karena bisa menghemat pengeluaran. Lain halnya dengan agen tiket pesawat, mereka sering menawarkan harga tiket pesawat murah dengan harga promo pada waktu-waktu tertentu. Biasanya, harga promo tiket pesawat murah itu ditawarkan di pada low season atau weekday, tujuannya agar orang mau membeli tiket pesawat tidak pada saat musim ramai atau waktu liburan.
Program promosi jangka panjang dapat dilakukan dengan memberitahukan atau menginformasikan keunggulan-keunggulan produk. Dengan menonjolkan kelebihan produk, maka audiens mempunyai alasan yang logis dan rasional dengan tujuan untuk memperoleh manfaat dari produk tersebut. Selain itu, pemasar dapat menanamkan citra (image) tertentu ke dalam benak audiens, atau yang disebut dengan positioning.