Home Tips Career Dita Karang, Bintang K-pop Anggota Secret Number yang Berasal dari Jogja

Dita Karang, Bintang K-pop Anggota Secret Number yang Berasal dari Jogja

Profil artis Dita Karang artis K-pop anggota Secret Number
Dita Karang | Foto: Instagram/@dita.karang

Highlight.ID – Orang pertama dari Indonesia yang berhasil masuk ke dunia industri K-pop adalah Dita Karang. Wanita kelahiran Yogyakarta, 25 Desember 1996 ini merupakan salah satu anggota girl group Secret Number. Sedangkan nama lengkapnya adalah Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang.

Di grup idola wanita tersebut, Dita yang berdarah Bali bersama anggota Secret Number lainnya yakni Léa, Jinny, Soodam, dan Denise. Selain Dita, ada beberapa anggota Secret Number yang juga berasal dari luar Korea Selatan. Mereka adalah Denise dan Jinny yang berasal dari Amerika Serikat dan Léa atau Ogawa Mizuki yang asalnya dari Jepang. Sementara Soodam menjadi satu-satunya anggota yang berasal dari Korea Selatan.




Anggota Secret Number yang paling dekat dengan Dita adalah Jinny alias Park Jin Hee yang asalnya dari Los Angeles, California. Secret Number sendiri mengeluarkan debut “Who Dis?” yang diproduseri oleh Melanie Fontana dan Michel “Lindgren’ Schulz. Mereka pernah terlibat kerja sama dengan selebriti ternama seperti Justin Bieber, BTS, dan The Chainsmokers.

Awal Karier Dita Karang

Layaknya artis K-pop yang lain, Dita memang memiliki paras seperti orang Korea. Wanita yang berzodiak Capricorn juga mempunyai kemampuan berbahasa Korea, menyanyi, dan menari. Itu adalah beberapa persyaratan agar bisa masuk dalam dunia hiburan K-pop.

Dita memulai kariernya dengan mengikuti berbagai kompetisi menyanyi dan menari. Untuk memperdalam ilmu seni, Dita pernah belajar di American Musical and Dramatic Academy (AMDA), New York, Amerika Serikat selepas SMA. Penyuka es krim, cake, dan makanan Meksiko ini juga pernah bergabung dengan 1 Million Dance Studio, komunitas dance ternama di Korea Selatan.

Baca Juga:
7 Agensi K-Pop Paling Populer yang Sukses Lahirkan Artis-artis Top

Profil artis Dita Karang artis K-pop anggota Secret Number
Dita Karang | Foto: Instagram/@dita.karang

Setelah merampungkan studinya, cewek yang memfavoritkan UI – penyanyi Korea – ini mendaftar di berbagai pertunjukan seni dan musikal. Salah satunya adalah Broadway di mana Dita hadir sebagai penyanyi dan penampil. Meski perjalanan kariernya tidak begitu mulus pada awalnya, namun Dita ternyata mampu membuktikan diri bahwa ia layak masuk dalam industri K-pop.

Ikut Audisi

Keikutsertaan dalam audisi yang diadakan oleh agensi hiburan Korea mengantarkan Dita pada posisinya saat ini. Ia bergabung dalam Vine Entertainment – perusahaan K-pop yang menaungi Secret Number – di mana ia menjadi trainee. Sebelumnya, Dita juga mengikuti berbagai audisi yang diselenggarakan JYP Entertainment, SM Entertainment, dan YG Entertainment namun tidak lolos.

Masa trainee Dita dimanfaatkan dengan belajar bahasa Korea yang mampu ia kuasai dalam waktu 5 – 6 bulan. Ia belajar bahasa Korea lewat percakapan sehari-hari dan drama Korea. Demi kelangsungan kariernya, Dita juga harus belajar budaya Korea dan beradaptasi dengannya.

Di Secret Number, Dita Karang berperan sebagai Main Dancer dan Lead Vocalist. Sedangkan debut pertama Dita bersama Secret Number dilakukan pada tanggal 19 Mei 2020. Dalam sebuah wawancara, Dita mengatakan, “Saya dengar di Indonesia sangat antusias. Ada aja artikel terbaru setiap harinya. Saya akan melakukan yang terbaik agar tidak mengecewakan kalian.”