Home Business Kao Indonesia Ajak Warga Jakarta Barat Olah Popok Bayi Bekas Pakai

Kao Indonesia Ajak Warga Jakarta Barat Olah Popok Bayi Bekas Pakai

Kao Indonesia bersama Pemerintah Kota Jakarta Barat ajak masyarakat mengolah popok bayi bekas
Peluncuran program "Merries Senyumkan Lingkungan" di Kantor Walikota Jakarta Barat | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Popok bayi merupakan salah satu kebutuhan utama ibu untuk si kecil. Namun di beberapa daerah di Indonesia masih banyak masyarakat yang terbiasa membuang popok bayi bekas pakai sembarangan. Akibatnya, popok bayi bekas pakai tak hanya berpotensi mencemari lingkungan tapi juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Untuk itulah, Kao Indonesia, perusahaan Consumer Goods yang berasal dari Jepang, dengan salah satu merek andalannya Merries, bermitra secara strategis dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat dan Perusahaan Teknologi Pengolahan Limbah. Kerja sama tersebut berupa “Gerakan Mengolah Popok Bayi Bekas Pakai untuk Masa Depan Lingkungan” yang secara resmi ditandatangani tanggal 15 November 2019 di Kantor Walikota Jakarta Barat.

Baca juga:

Merries melakukan inisiasi program “Merries Senyumkan Lingkungan” dan menggerakkan 1.000 ibu di 28 posyandu di Jakarta Barat. Tujuan kegiatan ini yakni mengedukasi mssyarakat khususnya ibu-ibu untuk membuang popok bayi bekas pakai pada tempatnya dan menerapkan Gerakan Mengolah Popok Bayi Bekas Pakai untuk Masa Depan Lingkungan. Sebagai tindak nyata utama, Merries mengumpulkan popok bayi bekas pakai di beberapa wilayah di Jakarta Barat untuk diolah kembali menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Adapun popok bayi bekas pakai yang dikumpulkan tidak terbatas pada merek Merries saja tapi semua merek popok.

Program yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia tersebut dapat berjalan berkat dukungan beberapa pihak termasuk peran ibu-ibu yang merupakan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Inad Luciawaty, istri Walikota Jakarta Barat sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, menekankan pentingnya inisiatif ini, “Limbah menjadi salah satu permasalahan sosial dan kesehatan pokok di kota-kota metropolitan di Indonesia.”

Kao Indonesia bersama Pemerintah Kota Jakarta Barat ajak masyarakat mengolah popok bayi bekas
Inad Luciawaty (Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Barat) | Foto: Highlight.ID

“Secara ideal, program inisiatif sosial yang berhubungan dengan isu kesehatan dan kebersihan lingkungan, haruslah dari hulu ke hilir, mulai dari penyuluhan edukasi terpadu dan berkesinambungan kepada para ibu hingga ke teknologi untuk menanggulangi sampah tersebut, sehingga tercipta dampak aksi sosial yang lebih terasa,” tambah Inad.

Susilowati selaku Vice President Kao Indonesia menuturkan, “Kami sebagai produsen bukan hanya menciptakan produk yang berkualitas tapi bagaimana produk ini juga ramah lingkungan dan sampahnya nanti tidak menjadi beban dalam kehidupan yang akan datang. Dari situ kami terpacu, Merries dibantu mitra-mitra lainnya bagaimana caranya kita bisa mengolah popok bekas pakai menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.”

Kao Indonesia bersama Pemerintah Kota Jakarta Barat ajak masyarakat mengolah popok bayi bekas
Susilowati (Vice President Kao Indonesia) | Foto: Highlight.ID

“Kita mengingatkan ibu-ibu ke posyandu bukan hanya cuman mendapatkan pelajaran tentang produk atau pemakaian tapi juga langkah nyata untuk kebersihan lingkungan, membuang popok bekas pakai dengan benar. Merries akan mengumpulkan popok bekas pakai dari 28 posyandu ini dan akan kita olah untuk dijadikan fiber dan juga oil,” tambah Susilowati.

Posyandu yang terpilih tergabung dalam peserta Program Kader Sepenuh Hati Merries yang berada di wilayah Kebon Jeruk, Kembangan, dan Palmerah. Kampanye yang dilakukan berupa edukasi masyarakat khususnya ibu mengenai bahaya popok bayi bekas pakai terhadap lingkungan. Selain itu, Merries mengajak masyarakat untuk mengumpulkan popok bayi bekas di “Depo Popok Bayi Bekas Pakai” yang ada di posyandu terpilih.

Kao Indonesia bekerja sama dengan Perusahaan Teknologi Pengolahan Limbah untuk mengolah popok bayi bekas pakai menjadi minyak (oil) untuk mengoperasikan kembali mesin recycle popok bayi bekas pakai. Fiber yang didapat diolah menjadi batako untuk bahan pembangunan dan juga pot untuk tanaman, sehingga program aksi sosial ini menjadi full circle dengan memberikan manfaat bernilai untuk masyarakat dan lingkungan.

“Kami berharap bahwa acara peresmian program ‘Merries Senyumkan Lingkungan’ pada pagi hari ini (15/11/2019) dapat menjadi motivasi bagi Merries untuk senantiasa berkomitmen memberikan senyuman kepada bayi-bayi di Indonesia dan juga bersamaan dapat memberikan senyuman kepada lingkungan, serta menjaga kelangsungan kesehatan serta kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia,” ujar Susilowati.