Home Arts Puspita Martha Bekali Siswanya Agar Siap Berkarier di Industri Kecantikan

Puspita Martha Bekali Siswanya Agar Siap Berkarier di Industri Kecantikan

program pendidikan tempat kursus akademi diploma kecantikan beauty class puspita martha pendaftaran kurikulum alamat kantor cabang pusat makeup artist mua salon hairstylist therapist spa
Siswa Puspita Martha International Beauty School | Foto: Instagram/@puspitamarthaid

Highlight.ID – Dunia kecantikan yang melekat pada kaum perempuan membuka peluang kerja yang sangat lebar. Kebutuhan akan tenaga kerja yang terampil dalam hal kecantikan juga semakin meningkat. Untuk bisa bekerja dan menekuni profesi di bidang kecantikan maka dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang memadahi. Salah satu sekolah kecantikan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang kecantikan yakni Puspita Martha International Beauty School.

DR. Martha Tilaar merupakan sosok yang memegang peran besar di balik Puspita Martha International Beauty School. Sekolah kecantikan ternama di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1970 ini memiliki beberapa program unggulan seperti School of Makeup, School of Hairdressing, dan School of Beauty Aesthetics.




Untuk mengetahui lebih jauh seluk beluk profesi dan pendidikan di bidang kecantikan, Highlight.ID melakukan wawancara dengan Pingkan Tilaar sebagai School Director of Puspita Martha International Beauty School dan Uki Rukmiwati selaku School Manager of Puspita Martha International Beauty School. Selain itu, wawancara ini juga bertujuan untuk mengungkap bagaimana Puspita Martha International Beauty School menjalankan perannya sebagai sekolah kecantikan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didiknya lewat penyelenggaraan program pendidikan yang selaras dengan dunia kerja.

Berikut petikan wawancara dengan narasumber yang dilakukan melalui surat elektronik.

Bagaimana peluang kerja di bidang kecantikan?

Peluang kerja di bidang kecantikan sekarang ini sangatlah besar. Kebutuhan akan kecantikan yang tidak hanya berlaku buat wanita tapi juga buat pria semakin meningkat. Apalagi di kota-kota besar dengan makin banyaknya bisnis dan perusahaan seperti salon kecantikan, spa kecantikan maupun klinik kecantikan.

Baca juga:

Hadirnya tempat-tempat perawatan kecantikan tentu membuat peluang kerja di bidang kecantikan semakin terbuka. Tidak menutup kemungkinan juga untuk membuka lapangan pekerjaan seperti membuka salon, spa station, ataupun klinik kecantikan.

Apa saja profesi yang bisa ditekuni di bidang kecantikan?

Jenis profesi yang dapat ditekuni di bidang kecantikan sangatlah beragam karena kecantikan itu luas. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki dan peminatnya pun banyak , baik wanit maupun pria yang sudah mulai memperhatikan penampilan. Oleh karena itu, kecantikan menjadi suatu kebutuhan. Lowongan pekerjaan terbaru di bidang kecantikan pun sering kita jumpai lewat media massa seperti koran maupun lewat internet.

Banyak orang yang tertarik bekerja dan menekuni karier di bidang kecantikan dengan menjadi hair stylist, hair dresser, dokter estetika, dokter spesialis kulit, beauty advisor, beauty therapist, make up artist maupun beauty blogger. Selain itu dengan ilmu dan skill yang dimiliki hal ini juga berpotensi untuk menjadi seorang wirausaha atau beautypreneur dengan membuka klinik kecantikan, salon maupun spa.

Apa kualifikasi yang diperlukan untuk setiap profesi?

Kualifikasi yang harus dimiliki ditiap profesi berbeda-beda. Sebagai seorang Hair Stylist atau Hair Dresser harus memiliki keterampilan khusus seperti menggunting rambut, menata rambut, menggunakan peralatan salon dengan baik, straightening, curling, rebonding, trimming, coloring dan lainnya. Tak hanya melakukan perawatan rambut, seorang hair stylist profesional juga perlu memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik agar konsumen merasa nyaman dan juga dapat memberikan saran maupun tips-tips dalam styling rambut dan perawatan sehari-harinya.

program pendidikan tempat kursus akademi diploma kecantikan beauty class puspita martha pendaftaran kurikulum alamat kantor cabang pusat makeup artist mua salon hairstylist therapist spa
Pingkan Tilaar sebagai School Director of Puspita Martha International Beauty School | Foto: Ist.

Sedangkan menjadi seorang Make Up Artis (MUA) dengan tugas utamanya adalah merias wajah, seorang MUA harus memiliki skill khusus seperti mengetahui bentuk wajah dan mengerti produk yang cocok untuk tiap-tiap konsumen, dan teknik-teknik make up yang digunakan.

Semua kualifikasi ini diajarkan di Puspita Martha International Beauty School. Sekolah kecantikan dengan memiliki standar Internasional memberikan materi pelajaran mulai dari teori , praktik hingga etika kerja. Selain memiliki kurikulum pembelajaran, di Puspita Martha selalu up to date dengan tren terbaru yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.

Bagaimana tantangan berkarier di bidang kecantikan?

Melihat peluang kerja yang besar di bidang kecantikan tentunya akan mendatangkan banyak pekerja di bidang tersebut. Hal tersebut menjadi salah satu tantangan untuk dapat saling bersaing dalam pekerjaannya. Tantangan lainnya adalah para pelaku profesi dituntut untuk selalu up to date dan memiliki ciri khas yang dapat menjadi nilai jual dalam pekerjaannya. Konsumen nantinya dapat memilih dengan selera yang mereka inginkan.

Bagaimana kurikulum yang diterapkan di Puspita Martha?

Sebagai tempat pendidikan, Puspita Martha International Beauty School memiliki materi yang merupakan kolaborasi antara materi lokal dengan materi international. Materi Lokal ini merupakan kompetensi Lokal Tata Rias, Tata Kecantikan Rambut, dan Tata Kecantikan Kulit bedasarkan kurikulum Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

program pendidikan tempat kursus akademi diploma kecantikan beauty class puspita martha pendaftaran kurikulum alamat kantor cabang pusat makeup artist mua salon hairstylist therapist spa
Uki Rukmiwati, School Manager of Puspita Martha International Beauty School | Foto: Ist.

Sedangkan untuk materi Internasional, Puspita Marta sudah terakreditasi internasional untuk semua program. Sertifikasi lokal untuk Program School of Make Up memiliki akreditasi CIBTAC yang berpusat di London, Inggris. CIBTAC merupakan lembaga penguji internasional yang bertanggung jawab dalam pendidikan dan pelatihan untuk bidang kecantikan dan holistic terapis di seluruh dunia.

Untuk program School of Hairdressing sudah terakreditasi dengan PIVOT POINT yang berpusat di Chicago, USA. Terakhir untuk School of Beauty Aesthetic & Spa sudah terakreditasi CIDESCO dan International Spa Association. CIDESCO yang berpusat di Zurich, Switzerland merupakan sertifikasi paling prestisius di bidang kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk itu seluruh kurikulum yang digunakan juga mengacu dengan standar internasional.

Bagaimana cara meningkatkan kompetensi (keterampilan dan pengetahuan) peserta didik?

Dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan untuk peserta didik, Puspita Martha menjalankan Rencana Proses Pembelajaran (RPP), Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), daily report, ujian teori, ujian praktek untuk para murid di semua program. Hal ini akan mendorong para murid untuk lebih terarah dalam proses belajar mengajarnya.


Seperti yang telah diketahui, Puspita Martha yang memiliki kurikulum Internasional yang akan membuat murid mengerti stadar kompetensi internasional dan siap untuk bersaing di dunia kerja baik nasional maupun internasional. Hal ini merupakan kelebihan yang dimiliki oleh Puspita Marta International Beauty School dan menjadi pusat pembelajaran yang credible di Indonesia.

Bagaimana karier lulusan Puspita Martha?

Setelah menjadi lulusan dari Puspita Martha International Beauty School para siswa dapat diarahkan untuk menjadi profesi sesuai dengan Major yang diambil seperti School of Make Up dengan Major Bridal Make Up Diploma dapat menjadi Bridal Make Up Artist dan Wedding Planner. Untuk Major Photographic & Fashion Make Up Diploma dapat menjadi Photo Studio Owner, Make Up Artist Beauty & Fashion Stylist/editor, Beauty Photographer, Fashion Designer, Advertising Industry, Teacher, Cosmetics Industry dan Broadcasting Industry.

Untuk School of Hairdressing dengan Major Hairdressing Diploma Pivot Point dapat menjadi Salon Owner, Hair and Beauty Industry Sales and Marketing, Retail, Creative Director, Shows, Education, Fashion Shows, dsb.


Sedangkan untuk School of Beauty Aesthetics dengan Major Beauty Aesthetic Diploma dapat menjadi Salon Owner, Manager, Beauty Expert, Aesthetic Doctor, Cosmetologist, Aesthetician, Beauty Editor, Trichologist, Nail Artist, Aesthetic Consultant for Product Company, dan Trainer.

Terakhir, untuk School of Spa dengan Major Spa Therapist dapat menjadi Spa Owner, Therapist, dan Consultant. Lulusan Puspita Martha sudah dapat dipastikan bisa masuk di banyak profesi atau dapat pula membuka lapangan pekerjaan yang baru.

Bagaimana cara Puspita Martha menjembatani dunia pendidikan dengan dunia kerja?

Puspita Martha International Beauty School memiliki kegiatan Praktek Kerja Langsung (PKL) yang dapat menunjang aktivitas murid. Lewat kegiatan PKL ini para murid dilibatkan dalam berbagai event yang dilaksanakan oleh Puspita Marta, seperti support make up dan hair do di program TV yang bekerjasama dengan Puspita Marta International Beauty School. Tentunya dengan program PKL ini, para murid dapat merasakan bagaimana situasi di dunia kerja dan berhadapan langsung dengan konsumen.

Baca juga:

Selain itu, Puspita Martha juga memiliki program Alumni yaitu Puspita Martha Alumni Club (PMAC). PMAC merupakan sebuah wadah organinasi yang dikhususkan bagi alumni Puspita Martha International Beauty School baik yang belum memiliki usaha sendiri ataupun yang sudah memiliki usaha sendiri atau dapat disebut dengan Beautypreneur, pengusaha dalam bidang kecantikan.

Keuntungan anggota yang bergabung dalam PMAC antara lain adalah dapat memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan Puspita Martha, memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi nama baik citra Puspita Martha, menjadi relasi penting untuk memperluas jaringan Puspita Martha dengan institusi dan industri di luar sekolah, dan menjadi sumber dunia kerja dan usaha serta inspirasi bagi para siswa di Puspita Martha.

Bagaimana cara menumbuhkan semangat kewirausahaan peserta didik?

Mengenalkan dunia kerja kepada peserta didik melalui program Praktek Kerja Langsung (PKL) adalah salah satu cara menumbuhkan semangat kewirausahaan. Para murid dapat melihat peluang bisnis yang dapat dicapai dengan skill yang mereka miliki. Puspita Martha memiliki dua program yang dapat mendorong jiwa kewirausahaan, yakni program Beautypreneurship.

Selain menjadi tenaga ahli yang professional para murid juga akan diajarkan bagaimana menjadi seorang beautypreneur. Beautypreneur sendiri adalah berasal dari kata beauty entrepreneur.

Menurut businessdictionary.com, entrepreneur adalah seseorang yang memproduksi barang atau servis yang mendapatkan keuntungan. Sehingga, Beautypreneur adalah seseorang yang memproduksi barang atau servis di bidang kecantikan. Melihat perkembangan bisnis di bidang kecantikan sekarang ini sangat baik, menjadi seorang beautypreneur adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan.

***



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here