Home Business 5 Program Studi di Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UPN “Veteran” Yogyakarta

5 Program Studi di Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UPN “Veteran” Yogyakarta

Program Studi di Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UPN
Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UPN "Veteran" Yogyakarta | Foto: ekonomi.upnyk.ac.id

Highlight.ID – Pada awal dibukanya Fakultas Ekonomi pada tahun 1959, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta masih bernama Akademi Pembangunan Nasional (APN) “Veteran”. Kampus tersebut membuka Jurusan Pimpinan Perusahaan berdasarkan Keputusan Menteri Urusan Veteran Rl nomor: 157/Kpts/1959 tanggal 26 Oktober 1959 yang kuliah pertamanya dimulai tanggal 26 November 1959.

Kemudian, APN “Veteran” yang awalnya merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) berubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Pembagunan Nasional (PTPN) “Veteran” Yogyakarta. Jurusan Pimpinan Perusahaan pun ditingkatkan menjadi Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Perusahaan. Waktu PTPN “Veteran” Yogyakarta berganti menjadi UPN “Veteran” Yogyakarta pada 30 November 1977, Fakultas Ekonomi masih terdiri dari satu jurusan, yakni Jurusan Manajemen Perusahaan.




Sejak 1 April 1995, UPN “Veteran” Yogyakarta berubah status menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Selanjutnya sejak 6 Oktober 2014, UPN “Veteran” Yogyakarta berubah lagi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Adapun tujuan dari FEB UPN “Veteran” Yogyakarta yakni untuk menunjang pembangunan nasional melalui bidang pendidikan tinggi dalam rangka terciptanya sumber daya manusia yang unggul di tingkat regional dengan dilandasi jiwa bela negara.

Selain Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPN “Veteran” Yogyakarta juga membuka Jurusan Ilmu Ekonomi dan Jurusan AKuntansi. Sehingga keseluruhan ada 3 Jurusan untuk jenjang strata 1 (S1) dan 2 Jurusan untuk jenjang strata 2 (S2) , yakni Magister Ilmu Ekonomi dan Magister Manajemen. Selain ruang perkuliahan yang luas dan ber-AC, FEB UPN “Veteran” Yogyakarta juga menyediakan berbagai macam layanan seperti tempat ibadah, laboratorium komputer, laboratorium pasar modal, hotspot area, perpusatakaan, ruang seminar, dan sebagainya.

Baca Juga: 11 Prospek Kerja yang Bagus Buat Lulusan Manajemen, Kamu Tertarik?





Untuk bisa kuliah di FEB UPN “Veteran” Yogyakarta, calon mahasiswa harus lolos Seleksi Nasional Masuk PerguruanTinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain itu, calon mahasiswa juga bisa mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri (SM) yang diselenggarakan oleh UPN “Veteran” Yogyakarta.

Program Studi di FEB UPN “Veteran” Yogyakarta

1. Manajemen

Program studi Manajemen terbagi menjadi lima bidang studi, yakni bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, dan Manajemen Strategi. Terdapat dua laboratorium untuk menunjang perkuliahan yakni Laboratorium Komputer (LK) dan Laboratorium Pengembangan Ekonomi Manajemen (LPEM). Diharapkan, lulusan FEB UPN “Veteran” Yogyakarta dapat menjadi manajer yang mempunyai kompetensi di bidangnya.

2. Ilmu Ekonomi Pembangunan

Prodi Ilmu Ekonomi Pembangunan UPN “Veteran” Yogyakarta telah menghasilkan lulusan yang telah bekerja di berbagai sektor mulai dari Kementrian hingga wiraswasta. Mahasiswa mempelajari dan menganalisis segala macam persoalan di bidang perekonomian lalu menawarkan solusi untuk meningkatkan daya saing. Lulusannya dapat menekuni berbagai profesi mulai dari Perencana Pembangunan, Analis Pembagunan hingga Pengusaha.

Baca Juga: Pekerjaan yang Cocok Buat Lulusan Akuntansi, Mulai dari Akuntan Hingga Konsultan

3. Akuntansi

Bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Akuntansi yang unggul, Prodi Akuntansi FEB UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki 6 bidang studi. Keenam bidang studi tersebut yakni bidang Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Pengauditan, Sistem Informasi Akuntansi dan Perpajakan. Bekerja sama dengan Direktoran Pajak, Prodi Akuntansi FEB UPN “Veteran” Yogyakarta menyediakan sarana berupa Tax Center. Selain itu, terdapat pula Laboratorium Komputer Akuntansi (LK) dan Laboratorium Pengauditan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa.

4. Magister Manajemen

Berdiri secara resmi pada tahun 2001, Prodi Magister Manajemen UPN “Veteran” Yogyakarta hadir untuk membekali mahasiswa yang berkompetensi di bidang manajemen. Mahasiswa dapat memilih konsentrasi sesuai minatnya, yakni Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi dan Manajemen Strategik.

Dibuka tiap semester, Prodi Magister Manajemen UPN “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan perkuliahan Kelas Pagi dan Kelas Malam. Mahasiswa memperoleh mata kuliah paket pada Semester I dan II. Lalu pada Semester III, mahasiswa bisa memilih kelas konsentrasi sesuai minatnya. Pada Semester IV, mahasiswa harus menyelesaikan tesis sebelum memperoleh gelar Magister Manajemen (MM)

5. Magister Ilmu Ekonomi

Setiap mahasiswa Prodi Magister Ilmu Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta diwajibkan merampungkan mata kuliah sebanyak 45 SKS selama 4 semester atau 2 tahun. Kurikukum Prodi Magister Ilmu Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta terdiri dari Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Peminatan. Terdapat 4 bidang peminatan yang bisa dipilih yakni Konsentrasi Perencanaan dan Pembangunan Wilayah, Konsentrasi Ekonomi Mineral, Konsentrasi Moneter dan Perbankan, dan Konsentrasi Keuangan Private dan Publik.