Home Tips Career 11 Prospek Kerja yang Bagus Buat Lulusan Manajemen, Kamu Tertarik?

11 Prospek Kerja yang Bagus Buat Lulusan Manajemen, Kamu Tertarik?

prospek lulusan pekerjaan deskripsi peluang lulusan jurusan manajemen mahasiswa kuliah magang perusahaan pengalaman lowongan vacancy jenis macam berapa gaji gede
unsplash.com

Highlight.id – Coba sebut salah satu jurusan di dunia perkuliahan yang paling populer dan paling diminati? Pasti Manajemen masuk dalam list itu. Sudah sejak dulu, Manajemen menjadi jurusan yang cukup bergengsi. Alasannya? Tentu saja karena program studi ini memiliki prospek kerja yang sangat luas.

Bagaimana tidak? Setiap perusahaan dalam skala apapun pasti akan membutuhkan management baik untuk mengelola perusahaan maupun karyawan. Nah, buat kamu yang tartarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Manajemen, ada baiknya kamu baca artikel ini sampai habis. Berikut ini, Highlight ID mengupas habis prospek karier lulusan Manajemen. Simak terus ya…




Jenis-jenis Pekerjaan Untuk Jurusan Manajemen

1. Tenaga Pengajar

Prospek kerja lulusan Manajemen yang pertama adalah sebagai tenaga pengajar baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Kamu tak perlu khawatir karena prospek karier di dunia pendidikan ini sangat terbuka lebar dengan makin banyaknya penyediaan beasiswa baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini ditambah pula dengan pesatnya pertumbuhan jurusan Manajemen di berbagai universitas baik lama maupun baru yang tentunya akan membutuhkan banyak lulusan manajemen.

Baca juga:

2. Konsultan Bisnis

Buat para lulusan Manajemen, kamu bisa menjadi konsultan manajemen dan bisnis di berbagai perusahaan lho. Peran konsultan bisnis adalah memberikan saran dan arahan kepada perusahaan klien untuk berkembang lebih baik. Arahan ini dapat berbentuk tindakan operasional maupun berupa konseptual. Sedangkan saran sebagai konsultan manajemen kepada perusahaan biasanya meliputi perencanaan bisnis, analisis data, peningkatan sumber daya manusia, dan penentuan prestasi serta acuan kerja.

Untuk bisa menjadi konsultan bisnis, kamu harus memiliki kualifikasi dalam berbagai bidang tersebut. Biasanya, semakin ahli seorang konsultan dalam memberikan saran dan arahan yang dapat membantu perusahaan maka kredibilitasnya tidak diragukan dan secara otomatis akan berpengaruh pada tarif atau imbalan yang didapatkan akan besar pula. Kebutuhan akan konsultan manajemen dan bisnis semakin hari semakin tinggi dan menjadi prioritas. Bukan melulu hanya untuk perusahaan besar saja namun juga UMKM. Biasanya, pemerintah memobilisasi konsultan ini untuk mengembangkan UMKM.

3. Marketer

Menjadi seorang marketer cocok untuk kamu yang mengambil jurusan Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran. Bidang ini menuntut skill alias kemampuan dalam mengelola konsumen, membuat program promosi yang dapat menarik konsumen, hingga berbagai langkah agar produk baik barang maupun jasa dapat terjual kepada konsumen. Yang pasti, untuk terjun dan menekuni karier di bidang pemasaran diperlukan kemampuan berkomunikasi yang baik untuk dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian.


4.Staff HRD

Lulusan bidang Manajemen juga bisa terjun di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Resources Department (HRD). Namun, pastikan kamu mengambil konsentrasi pada Manajemen SDM semasa kuliah ya. Peran kamu diperlukan untuk dapat membantu dalam mengelola sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Tidak hanya terbatas dalam merekrut calon karyawan potensial untuk ditempatkan di bidang-bidang tertentu di perusahaan tempat kamu bekerja saja. Kamu pun harus memastikan bahwa kandidat tersebut cocok untuk pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan dari segala segi – termasuk karakter, keahlian (skill), dan pengalaman. Selain itu, pekerjaan kamu juga termasuk dalam hal penentuan penilaian atau evaluasi kinerja, prestasi kerja, upah dan gaji, kesejahteraan karyawan, kesehatan karyawan, dan pelatihan peningkatan kemampuan serta pengetahuan karyawan.

5. Staff Finance

Kalau kamu mengambil jurusan Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Keuangan, maka bekerja di bidang keuangan menjadi salah satu pilihan karier paska lulus kuliah. Bidang ini menangani kelancaran aktivitas pemasukan dan pengeluaran keuangan hingga pembuatan laporan administrasi keuangan. Modal utama untuk menjadi staff finance adalah kemampuan berhitung alias matematika yang mumpuni serta teliti dan jeli untuk menghindari kesalahan saat berhitung.

peluang-prospek-pekerjaan-jurusan-lulusan-perusahaan-manajemen-ekonomi-karier-bagus_03
unsplash.com

6. Staff Produksi

Kalau kamu memiliki minat khusus di bidang proses produksi, ada baiknya kamu melirik profesi ini. Apalagi kalau kamu mengambil jurusan Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Produksi. Peran kamu sebagai staf produksi adalah mengatur berjalannya proses produksi. Kamu harus selalu memastikan ketersediaan bahan baku, proses produksi hingga barang siap untuk dipasarkan. Gimana, tertarik?

7. Management Trainee

Kamu juga bisa lho mempertimbangkan prospek karier sebagai Management Trainee. Manajemen trainee atau biasa disebut juga dengan Officer Development Program (ODP) adalah program yang ditetapkan oleh perusahaan untuk para calon pelamar kerja yang akan ditempatkan di posisi manajerial. Terdengar menggiurkan ya? Tentu saja, tapi untuk mendapatkan posisi program ini memiliki syarat yang cukup ketat. Pastikan untuk memiliki IPK yang tinggi, kemampuan bahasa Inggris yang baik dan dibuktikan dengan sertifikat, serta yang tak kalah pentingnya adalah pengalaman organisasi.


Mengawali karier sebagai manajemen trainee bisa dianggap bonafid karena kamu akan memulai jabatan menjadi seorang manajer. Dengan posisi ini, sudah pasti kamu akan menjadi andalan perusahaan karena pelatihan yang diberikan sudah mengarahkan para peserta menjadi seorang manajer dengan pengetahuan mengenai seluk beluk dan berbagai kondisi perusahaan.

8. Staff Operasional

Anak manajemen pasti sudah familiar dengan Manajemen Operasional. Nah, untuk kamu yang semasa kuliah mengambil konsentrasi Manajemen Operasional biasanya memiliki minat dan ketertarikan khusus terhadap proses produksi suatu barang, jasa atau pun sistem.

Fokus utama kamu yang ingin terjun di bidang ini adalah memastikan bahwa operasional perusahaan berjalan dengan efektif, efisien, dan optimal. Yang tak kalah penting, kamu harus memastikan agar segala faktor produksi yang ada tidak terbuang dengan percuma.

9. Konsultan Perbankan

Menjadi konsultan perbankan tentu berbeda dengan konsultan manajemen atau bisnis pada umumnya. Konsultan ini hanya memberikan saran dan arahan yang berkaitan langsung dengan serba-serbi perbankan. Kalau kamu ingin menjalani profesi sebagai konsultan perbankan, ada baiknya kamu mengambil konsentrasi Manajemen Perbankan saat di bangku kuliah Manajemen.

Baca juga:

Prospek karier di bidang ini masih sangat menarik mengingat keberadaan (financial technology) yang hadir sebagai produk perbankan alternatif, tentu menuntut perbankan konvensional menjadi lebih inovatif dan kreatif. Jadi, tak ada salahnya bila kamu mempertimbangkan profesi ini sebelum lulus dari kuliah Manajemen.

10. Akuntan

Bila diibaratkan, akuntan adalah tulang punggug perusahaan. Mereka adalah sosok yang paling vital dimana paling pertama dipekerjakan saat perusahaan baru berjalan dan paling akhir dikeluarkan saat perusahaan jatuh atau gulung tikar. Kalau kamu ingin menekuni karier sebagai akuntan, sebaiknya kamu mengambil kuliah Manajemen dengan peminatan khusus Manajemen Keuangan.

Selain itu, kamu juga dituntut untuk menyukai matematika bila ingin lancar menjalani profesi ini. Plus, bila kamu punya skill bahasa asing yang oke punya, kamu bisa diterima bekerja di perusahaan mana pun di dunia.

11. Entrepreneur / Pengusaha

Profesi lain yang bisa kamu lirik sebagai lulusan Manajemen adalah sebagai entrepreneur atau pengusaha. Dengan kurikulum yang disusun sedemikian rupa membuat lulusan Manajemen layak menjadi manajer sebuah perusahaan atau justru membuka usaha secara mandiri. Profesi ini cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan berwirausaha.

Yang pasti, kamu sudah memiliki fondasi utama dalam membangun bisnis yaitu pengetahuan akan manajemen risiko terutama dalam mengatasi situasi darurat dalam perusahaan tanpa mudah panik. Dan jangan lupa, pastikan kamu untuk siap lahir dan batin ya untuk menjalani profesi ini.

Nah, dari 11 profesi untuk lulusan Manejemen ini kira-kira kamu pilih yang mana nih? Yang terpenting, pastikan profesi tersebut sesuai dengan minat dan kemampuan kamu ya. Tak perlu terpengaruh oleh teman. Karena pada dasarnya kamu yang akan menjalani dan menikmati semua prosesnya. Selamat memilih, ya!



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here