Home Travel Beaches Pulau Wayag, Ikon Wisata Raja Ampat dengan Pemandangan yang Dahsyat

Pulau Wayag, Ikon Wisata Raja Ampat dengan Pemandangan yang Dahsyat

tempat destinasi wisata terbaik raja ampat pulau wayag pantai provinsi traveler peta lokasi tujuan arah pergi ke mana where to go dekat penginapan hotel pemandangan kendaraan liburan
1photo1day.com

Highlight.ID – Bicara mengenai wisata Raja Ampat, ada banyak hal yang bisa diulik. Untuk yang belum tahu, Raja Ampat merupakan gabungan beberapa pulau, dan di antara yang terbesar yaitu Pulau Wayag. Sebagai pulau yang paling besar, atraksi yang ditawarkan Pulau Wayag tentu lebih lengkap dibanding pulau lain.

Bukan tanpa sebab, di Pulau Wayag beragam jenis lansekap alam bisa ditemui, mulai laut, pantai, sampai bukit. Warna air lautnya begitu jernih, dan vegetasi yang ada di sekeliling sangat variatif. Kalau ditelisik lebih dalam, jangan heran kalau Pulau Wayag merupakan ikon utama dari wisata Raja Ampat Papua.

Keragaman biota laut adalah sajian utama dari Pulau Wayag, dan di sana sini dengan mudah ditemukan jamur laut yang tumbuh keluar dari permukaan laut. Airnya yang super jernih bak sebuah jendela yang bisa dipakai untuk melihat beragam varietas kehidupan dasar laut, entah itu flora maupun fauna air.

Atraksi Pulau Wayag

Banyak yang bilang kalau Pulau Wayag merupakan ikon spot diving dunia. Ini bukan mengada-ada. Ada banyak spot diving di Pulau Wayag, dan tiap spot punya karakteristik habitat laut beragam. Satu spot menyajikan kumpulan ikan beragam warna, spot lain menyajikan karang dengan beragam bentuk.

Baca juga:

Kalau sedang beruntung, beberapa jenis ikan raksasa seperti pari manta dan hiu karpet bisa dengan mudah ditemui. Bahkan biota laut yang punya ukuran kecil seperti kuda laut mudah dijumpai. Detail pemandangan kehidupan bawah laut seperti ini bisa dilihat langsung lewat aktivitas diving.

Lewat keragaman biota laut, Pulau Wayag dikenal luas sebagai spot menyelam terbaik di dunia. Tak cuma dari kehidupan bawah laut saja, suasana di atas permukaan juga bisa buat takjub siapa saja. Datanglah saat pagi atau sore, karena cahaya keemasan akan berbinar indah menerpa muka air laut.

Untuk mendapat panorama terbaik Pulau Wayag, para pengunjung biasanya mendaki bukit sekitar 30 menit. Dari spot Pulau Karang ini, laut biru terlihat menghampar luas tak bertepi. Selain Pulau Karang, ada Pulau Jef Fam yang lebih dikenal Melissa Garden dengan koleksi kerang raksasa berukuran 1 meter.

tempat destinasi wisata terbaik raja ampat pulau wayag pantai provinsi traveler peta lokasi tujuan arah pergi ke mana where to go dekat penginapan hotel pemandangan kendaraan liburan
ksmtour.com

Cara lain menikmati eloknya Pulau Wayag yaitu dengan naik kapal wisata yang bersandar rapi di sekitar dermaga. Pengunjung bisa menyewa perahu dengan harga yang variatif, dan akan lebih baik kalau saat menyewa perahu digabung dengan pengunjung lain supaya biaya sewa makin terjangkau.

Sebagai ikon wisata Raja Ampat, atraksi yang ditawarkan Pulau Wayag begitu lengkap. Bukit di Pulau Wayag bisa menjadi arena trekking, pantai bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan atau sekedar berjemur, dan laut bisa menjadi spot yang pas untuk mengamati keindahan bahari yang ditawarkan Pulau Wayag.

Fasilitas Pulau Wayag

Yang harus jadi perhatian utama, tak ada fasilitas penginapan di Pulau Wayag. Jika berniat bermalam di Pulau Wayag, ada baiknya untuk membawa tenda. Solusinya, pengunjung bisa menginap di pulau lain yang jaraknya dekat seperti Pulau Waigeo atau di wilayah Dampier, bisa juga di Desa Kanbuba.

Kalau ternyata masih belum menemukan tempat menginap satu pun, beberapa penyelenggara tur kadang menyediakan tempat isitirahat sementara. Itupun dengan catatan pengunjung harus menyewa jasa mereka. Harganya bisa sedikit lebih mahal, tapi hasilnya sepadan dengan pengalaman yang didapat.

Akses Pulau Wayag

Satu lagi yang jadi kendala umum saat mau menyambangi Pulau Wayag yaitu aksesnya yang agak rumit. Untuk menuju pulau Wayang, pengunjung harus mendarat di Bandara Domine Eduard Osok Sorong yang berlokasi di Papua Barat. Sebagai informasi, Sorong merupakan kota terdekat dari wisata Raja Ampat.

Dari Sorong, perjalanan darat harus ditempuh sampai ke pelabuhan. Sampai di sini, pengunjung harus berganti moda transportasi laut untuk mencapai Raja Ampat yang masyhur itu. Perlu diingat, karena Pulau Wayag masuk wilayah konservasi, pengunjung harus bayar Rp. 250 ribu untuk dapat ijin masuk.

Peta Lokasi Pulau Wayag