Home Arts Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2019, Konser Musik Bernuansa Dakwah

Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2019, Konser Musik Bernuansa Dakwah

intimate jazz night event liputan acara kegiatan jadwal agenda rundown konser musik penyanyi line up artis musisi pengisi ramadhan festival rjf jakarta
Intimate Jazz Night | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Bulan Ramadhan menjadi momen bagi Remaja Islam Masjid Islam Cut Meutia (RICMA) untuk menggelar kegiatan positif yang mengadung nilai-nilai dakwah. Salah satu rangkaian kegiatan yang diadakan oleh RICMA yakni Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2019. RJF telah memasuki tahun yang ke-9 dan bakal diisi oleh deretan musisi dan penyanyi ternama Indonesia.

Sebagai bagian dari Pre-Event Ramadhan Jazz Festival 2019 digelar Intimate Jazz Night pada Sabtu, 27 April 2019 di Greenhouse Co-Working and Office Space, Multivision Tower 25th Floor, Jakarta Selatan. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan beberapa musisi seperti Fadlilonn, Trisouls, Ecoutez, BID, dan Putri Delina. Tak ketinggalan, anak-anak dari Yayasan Difable Action Indonesia ikut berpartisipasi dengan menghadirkan tarian daerah.

“Selanjutnya, kita ada main event pada tanggal 17 – 18 Mei 2019 pada saat bulan Puasa. Setelah itu, kita akan melakukan post event yaitu bekerja sama dengan Yayasan Difable Action Indonesia pada Juli 2019,” ujar Fahmi Dirgantara Ishadi, Ketua Pelaksana The 9th Ramadhan Jazz Festival.

Tahun ini, Ramadhan Jazz Festival yang mengusung tema “Love Unites All” bakal digelar di pelataran Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat. Lewat tema tersebut, RJF 2019 ingin mengajak semua elemen masyarakat untuk membangkitkan kembali toleransi dan rasa cinta kepada sesama.

Baca juga:

Deretan musisi, influencer, figur publik, tokoh politik, dan duta besar akan turut hadir di ajang RJF 2019. Beberapa musisi yang telah dikonfirmasi mengisi RJF 2019 di antaranya yakni Maliq & D’Essentials, Glenn Fredly, Andre Hehannusa, dan lainnya. “Tahun lalu, jumlah pengunjung (RJF) ada sekitar 8 ribu orang. Tahun ini, InsyaAllah kita menargetkan 10 ribu (pengunjung),” jelas Fahmi.

Menurut dia, pengunjung yang ingin menyaksikan RJF 2019 yang digelar selama 2 hari dapat memberikan donasi seikhlasnya. “Tapi kalo ingin mendapatkan 2 hari itu, donasinya di atas (Rp) 150 ribu. Kalo di bawah (Rp) 150 ribu hanya mendapatkan 1 hari saja,” tambahnya.

Donasi yang terkumpul akan disalurkan ke Social Activity lewat Kitabisa.com dan diwujudkan dalam bentuk peralatan bantu untuk kaum difabel.

intimate jazz night event liputan acara kegiatan jadwal agenda rundown konser musik penyanyi line up artis musisi pengisi ramadhan festival rjf jakarta
Intimate Jazz Night | Foto: Highlight.ID

Gema Ramadhan

Ramadhan Jazz Festival itu sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara Gema Ramadhan yang dilaksanakan oleh RICMA. Kedua acara tersebut selalu digelar dalam waktu yang berbarengan sejak kali pertama. Muhammad Husein, Ketua Umum RICMA memaparkan bahwa Gema Ramadhan terdiri dari 7 rangkaian acara yakni Lintas Agama, Edutrip, RICMA Fair, Ramadhan Art Festival, Ramadhan Jazz Festival, RICMA Camp, dan I’tikaf.

Menurutnya, acara Lintas Agama yang digelar pada tanggal 20 April 2019 di RPTRA Manggarai yang lalu diikuti oleh 13 komunitas dari berbagai agama berbeda. “Di sana melakukan kegiatan gotong royong, mengumpulkan sampah plastik, dan sampah plastik ini didaur ulang kembali,” tambah dia.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar bahwa keberadaan sampah plastik saat ini sudah dalam taraf mengkhawatirkan. “Jadi kita mengedukasi (masyarakat) untuk sampah plastik ini (dapat) dijadikan nominal uang, ada nilai uangnya,” ujar Husein.

Selanjutnya, ada acara Edutrip pada tanggal 30 April 2019 di mana pihak RICMA mengajak anak-anak sekolah dasar untuk berkunjung ke rumah produksi film kartun Nussa dan Rara serta Museum Layang-layang.

Selain itu, ada RICMA Fair tanggal 24 Mei 2019 berupa bazaar baju murah. Baju-baju yang masih layak pakai tersebut dikumpulkan dari para donatur. “Baju donasi, nanti kita jual murah. Bagi masyarakat sekitar Menteng bisa datang tanggal 24 (Mei) ke RICMA Fair, bisa belanja sepuasnya,” kata Husein.

Hasil penjualan lewat bazaar tersebut akan dialokasikan ke program “Ibadahku, Ibadahmu” yakni pembagian alat-alat sholat ke musholla-musholla di wilayah Jakarta dan sekitarnya. “Program ini ialah membagikan seperangkat alat sholat seperti sajadah, mukena, sarung, dan lain-lain,” tambahnya.

Acara lainnya yakni RICMA Camp, pesantren kilat yang diadakan selama 3 hari 2 malam. Kegiatannya meliputi pembelajaran agama dan kaderisasi RICMA.

Sedangkan Ramadhan Art Festival yakni acara bernuansa dakwah melalui karya seni seperti lukisan, fotografi, dan lainnya. “Kita mengumpulkan komunitas-komunitas di Jakarta termasuk Bandung, nanti tempatnya di Loop Station Blok M tanggal 10 – 11 Mei. Di sana ada talkshow-nya gimana kita melakukan seni melukis, bikin video segala macam tapi memiliki nuansa-nuansa dakwahnya. Kita khususnya (untuk) anak muda,” ujar Husein.

Karya-karya yang mendapatkan penilaian terbaik akan dipamerkan di acara Ramadhan Jazz Festival. Tujuannya, supaya pengunjung RJF yang tertarik dapat membeli karya-karya seni tersebut. Uang yang terkumpulkan akan disalurkan ke program “Ibadahku, Ibadahmu”.

Rangkaian acara Gema Ramadhan ditutup dengan I’tikaf yang dilangsungkan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. “Kegiatan kita seperti sholat malam, tausiah, dan sahur bersama. Di I’tikaf ini, kita tidak memungut biaya sekecil apapun. Bagi jama’ah (yang ingin mengikuti I’tikaf) dipersilakan,” tutup Husein.