Home Arts Rentique, Platform Penyewaan Pakaian Desainer yang Peduli Lingkungan

Rentique, Platform Penyewaan Pakaian Desainer yang Peduli Lingkungan

Rentique bersama desainer berpartisipasi di ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2020
Rentique bersama desainer di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: JFW/GCM Group

Highlight.ID – Rentique yang berdiri pada awal tahun 2019 merupakan platform digital yang menyediakan layanan penyewaan produk fashion wanita Indonesia. Misi Rentique yakni memberikan pengalaman baru dengan konsep sustainable fashion. Lewat platform ini, pengguna dapat memilih ratusan koleksi fashion brand baik internasional maupun lokal mulai dari pakaian, aksesori, hingga tas.

Dea Amira, CEO Rentique mengatakan, “Rentique didirikan untuk menjawab kebutuhan fashion perempuan Indonesia. Kita sebagai perempuan selalu ingin terlihat fashionable setiap saat, tapi terkendala dengan opsi dan budget yang terbatas. Melalui aplikasi Rentique, perempuan Indonesia bisa tampil stylish setiap saat dengan koleksi rancangan desainer dengan harga yang bersahabat mulai dari Rp80.000 untuk 4 hari penyewaan.”

Baca juga:

Produk-produk fashion tersebut dapat disewa melalui aplikasi Rentique yang sudah tersedia di AppStore dan Play Store. Kini, Rentique telah memiliki lebih dari 10 ribu pengguna aktif di mana mereka dapat lebih bebas mengekspresikan diri dengan pilihan busana yang ada.

Pengguna Rentique dapat menyewa pakaian selama 4 – 8 hari hanya dengan membayar sekitar 5% dari harga eceran. Jika belangganan program Dream Closet, pengguna akan mendapatkan 8 buah produk fashion berupa busana dan aksesori rancangan desainer dengan tarif mulai Rp290.000/bulan.

Sustainable Fashion

Rentique bersama desainer berpartisipasi di ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2020
Koleksi Jil by Gloria Agatha di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: JFW/GCM Group

Laporan Ellen MacArthur Foundation, lembaga riset ternama dunia, yang berjudul “A New Textiles Economy: Redesigning Fashion’s Future” menyebutkan bahwa perilaku penikmat fashion yang ‘sekali pakai-lupakan’ menyumbang 500 ribu ton mikrofiber ke alam setiap tahunnya. Hal itu tentu saja dapat mengancam keberlangsungan lingkungan.

Sementara itu, Rentique melakukan survei kepada 500 responden dengan rentang usia 24 – 35 tahun. Survei tersebut mengungkapkan beberapa fakta yakni sebanyak 68% perempuan mengeluarkan 1,5 juta untuk produk fast fashion setiap bulannya, 92% perempuan mengaku bahwa mereka tidak memiliki pakaian yang layak untuk dikenakan pada acara spesial, 75% perempuan mengaku tidak memakai dress-nya setelah menggunggah foto di Instagram, dan 75% wanita setuju bahwa satu fast fashion dress hanya dikenakan 2 – 3 kali setelah pembelian.

Rentique bersama desainer berpartisipasi di ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2020
Koleksi Reves Studio di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: JFW/GCM Group

“Riset yang kami lakukan menunjukkan bahwa lebih dari 80% penggemar fashion Indonesia lebih memilih belanja produk fast fashion karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan koleksi desainer. Namun ternyata, usia pemakaian hanya 2 hingga 3 kali setelah pembelian. Perilaku ini mendorong lebih banyak limbah tekstil yang terproduksi. Melalui Rentique, kami menawarkan nilai lebih. Mereka bisa mendapatkan banyak pilihan untuk lebih fashionable sekaligus berkontribusi dalam meminimalisasi limbah tekstil dunia,” kata Dea.

Mengusung konsep sustainable fashion, Rentique menggunakan material pencucian pakaian dan kemasan pengiriman dengan bahan yang ramah lingkungan. Selain itu, Rentique tidak menyediakan pakaian dan aksesori yang menggunakan material dari hewan.

Rentique bersama desainer berpartisipasi di ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2020
Koleksi Tertiaenda di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: JFW/GCM Group

Pada perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 yang lalu, Rentique ikut berpartisipasi bersama dengan 3 desainer fesyen Indonesia. Keikutsertaan di ajang JFW 2020 merupakan upaya Rentique untuk mempromosikan gerakan sustainable fashion dan mindful spending dalam berbelanja.

Ketiga desainer yang berkolaborasi dengan Rentique yakni Jil by Gloria Agatha, Reves Studio, dan Tertiaenda. Masing-masing desainer memiliki estetika desain yang berbeda dan karakteristik yang unik. Mereka juga telah menerapkan ‘sustainable practice’ dalam memproduksi koleksinya. Koleksi desainer tersebut tersedia di aplikasi Rentique dan bisa disewa mulai 31 Oktober 2019.