Home Arts Rêver Academy, Sekolah Kecantikan yang Memadukan Teknik Eropa dan Asia

Rêver Academy, Sekolah Kecantikan yang Memadukan Teknik Eropa dan Asia

Rêver Academy merupakan sekolah kecantikan yang menawarkan Program Makeup dan Kecantikan Rambut
Kegiatan di Rêver Academy | Foto: Rêver Academy

Highlight.ID – Dunia kecantikan menawarkan banyak peluang kerja maupun bisnis yang umumnya menarik bagi kaum wanita. Perkembangan dunia kecantikan pun terbilang pesat yang ditandai dengan tren yang selalu berganti-ganti mengikuti arus zaman. Banyaknya merek kosmetik lokal dan merek internasional yang bermunculan menunjukkan pangsa pasar yang besar. “Jadi, ini sangat bagus sekali dan dunia kecantikan itu perkembangannya cukup pesat. Kalo kita lihat skemanya, dunia kecantikan memegang peranan yang sangat besar terutama di Indonesia ini,” ujar Marina Adia, Artistic Director Rêver Academy.

Untuk dapat berkarier di bidang kecantikan tentu dibutuhkan keterampilan dalam hal tata rias rambut maupun wajah. Salah satu cara untuk memperoleh keterampilan sebagai bekal yakni dengan mengikuti kursus kecantikan. “Banyak sekali masyarakat, mereka itu membutuhkan skill dalam hal personalisasi diri kita masing-masing. Jadi kayak menata rambut sendiri ataupun make up untuk personal sampai ke tingkat profesional seperti buka salon atau bridal house,” Marina menambahkan.




 

Membekali Siswa dengan Keterampilan

Rêver Academy merupakan tempat kursus kecantikan di Surabaya yang menawarkan beberapa program seperti Tata Rias Rambut (Hair Programs) dan Tata Rias Wajah (Make Up Programs) serta Tata Rias Rambut dan Wajah (Hair & Make Up Programs). Sekolah kecantikan yang berasal dari Hong Kong ini telah eksis sejak tahun 1974. Pendirinya adalah seorang kelahiran Inggris bernama Glyn King yang membuka sekolah kecantikan di Hong Kong untuk memberikan kesempatan kepada pemula yang ingin menekuni karier di industri kecantikan.

Di Indonesia sendiri, Rêver Academy yang menerapkan sistem franchise mulai beroperasi pada tahun 1992. “Tujuan Rêver Academy didirikan pada saat itu adalah [sebagai] akademi tata rambut pertama yang mengembangkan teknik gabungan Asia dan Eropa. Didirikan di Asia, tapi banyak sekali adaptasi dari Eropa, jadi benar-benar fusion,” jelas Marina kepada Highlight.ID.

Baca juga:

Perempuan kelahiran Surabaya ini menerangkan bahwa Rêver Academy mempunyai komitmen untuk memberikan pengajaran dan pelatihan kepada peserta didiknya. Tidak hanya berpatokan pada kurikulum yang sudah ada, Rêver Academy juga selalu meng-update materi-materi pengajaran agar sesuai dengan perkembangan terkini.

“Yang mengajar itu juga benar-benar sudah terpercaya sehingga siswa itu bisa belajar, menyerap ilmu dengan maksimal. Kita mempersiapkan mereka untuk terjun ke dunia tata kecantikan baik rambut maupun wajah dengan harapan mereka mampu bersaing dengan taraf internasional,” ucap Marina. Menurut dia, banyak lulusan Rêver Academy baik di Hong Kong maupun di Indonesia yang mampu meraih kesuksesan di bidangnya.

“Kita semua bekerja sama di sini untuk mengajarkan sistem pengajaran yang bisa maksimal. Kita tidak hanya memakai satu metode saja, kita akan memberikan metode dua arah. Pengajar itu sudah punya kualifikasi, tarafnya sesuai dengan taraf internasional dan sudah memenuhi standar Rêver Academy,” ujarnya.

Rêver Academy merupakan sekolah kecantikan yang menawarkan Program Makeup dan Kecantikan Rambut
Kegiatan di Rêver Academy | Foto: Rêver Academy

Siswa yang mengikuti kelas make up diajarkan beberapa materi mulai dari yang paling dasar hingga tingkat mahir, di antaranya yakni teknik-teknik menggambar alis hingga pengenalan produk-produk perawatan kulit (skincare). Marina mencontohkan, siswa harus mengetahui berbagai macam tipe alis hingga bagaimana alis harus terlihat seimbang dan proporsional, sesuai dengan bentuk mata, tulang pipi, dan wajah. “Detailnya, personal touch itu harus bagus. Kita tidak hanya mengajarkan kalo wajah orang itu beda-beda. Dan, nggak semuanya itu harus dipakein teknik yang sama,” jelas Marina.

Sedangkan di kelas tata rias rambut, siswa diajarkan berbagai macam teknik seperti sanggul, potong rambut, pengeritingan, coloring, Avant Garde, dan lainnya. Siswa juga diharapkan dapat menguasai teknik pewarnaan rambut mulai dari tingkat dasar hingga yang sedang menjadi tren terkini seperti balayage, baby lights, dan ombre misalnya. “Kita mengajarkan sampai mereka bisa buka salon. Paling tidak kalo misalkan mereka punya customer atau freelance, mereka udah bisa,” kata perempuan berzodiak Taurus ini.

Sukses di Bidang Kecantikan

Marina berharap lulusan Rêver Academy mempunyai kepercayaan diri bahwa mereka mempunyai keterampilan, style, maupun selera yang bisa diterima oleh klien. Artinya, lulusan Rêver Academy diharapkan tak hanya dapat memahami dan mengikuti keinginan klien tapi juga memiliki kemampuan untuk memberikan saran-saran yang dibarengi dengan hasil akhir yang memuaskan. Dengan demkian, klien berpotensi besar untuk menjadi pelanggan setia.


Lulusan SMA Petra 1 Surabaya ini menuturkan, “Kalo mereka punya clientele, langganan, harapan saya mereka bisa berkembang. Dari mouth to mouth sampai mereka bisa berani untuk unjuk kreasi. Harapan saya, mereka terus mengirimkan karya-karya yang kreatif.” Dengan menampilkan karya-karya yang bisa dipakai sebagai porfolio, maka para lulusan sekaligus dapat memperkenalkan apa yang mereka pelajari selama di Rêver Academy kepada masyarakat luas.

“Ini akan menjadi buah bibir yang baik untuk mereka, promosinya mereka juga. Tentunya, seperti moto kita, kesuksesan siswa, lulusan kita adalah kesuksesan kta. Kita ingin mereka sukses di luar [negeri] sana, nggak cuman di Indonesia aja,” kata dia.

Marina menerangkan bahwa banyak lulusan Rêver Academy yang sudah membuka salon kecantikan di berbagai wilayah di Indonesia bahkan hingga luar negeri. Selanjutnya, Marina berharap agar pihaknya terus dapat berkomunikasi dengan para lulusannya untuk bisa saling bertukar informasi dan pengalaman.

Baca juga:

Tak hanya keterampilan teknis semata, salah satu kunci kesuksesan di bidang kecantikan adalah penguasaan komunikasi yang baik. Selain itu, kemampuan dalam membangun personal branding juga menjadi faktor kesuksesan yang tak dapat dilupakan. Faktor kesuksesan lainnya adalah pengusaaan teknologi informasi terkini. “Kita harus bisa mengikuti teknologi, contohnya seperti sosial media Instagram, TikTok ataupun skill standard fotografi. Jadi di Rêver Academy ada studio foto di mana mereka bisa photoshoot, videoshoot di sana yang mana mereka bisa berkembang,” tambahnya.

Satu hal yang juga penting yakni client record yang sangat berguna untuk mengetahui jenis layanan yang pernah dilakukan. Catatan klien ini dapat dimanfaatkan untuk menawarkan treatment yang sesuai dengan selera dan kemauan klien. Selain itu, klien yang puas dapat diminta hasil foto dan testimoni yang berguna untuk menggaet pelanggan baru. Marina juga menekankan pentingnya kebersihan perlengkapan make up dalam setiap tahapan pelayanan.

Marina menerangkan, Rêver Academy dapat menyediakan sumber daya manusia yang terampil agar industri kecantikan di Indonesia dapat lebih maju dan berkembang dan diakui di mata internasional. Rêver Academy juga sedang mengembangkan tutorial-tutorial yang bisa diakses oleh masyarakat agar bisa mempelajari ilmu kecantikan lebih dalam. “Nggak ada salahnya untuk berbagi lebih karena semakin kita berbagi, ilmu itu nggak ada habis-habisnya untuk digali. Itu prinsip Rêver Academy. Kita ingin selalu bisa memberikan yang terbaik untuk dunia kecantikan dan juga menginspirasi banyak orang, mengedukasi lebih banyak orang lagi [agar] mengenal Rêver Academy.”