Highlight.ID – Sepuluh tahun sudah Ria Miranda menapaki kariernya di dunia fesyen muslim Indonesia. Konsistensi Ria Miranda dalam berkarya diwujudkan dalam sebuah acara tunggal yang diselenggarakan setiap tahun, RiaMiranda Annual Show. Acara yang telah digelar untuk yang ketujuh kalinya ini berlangsung di The Hall Senayan City, Jakarta pada tanggal 28 – 29 November 2019.
Didukung oleh Tokopedia, RiaMiranda The Seventh Annual Show 2020 (RMTS 2020) terbagi menjadi dua sesi fashion show. RiaMiranda menampilkan ragam koleksi Spring/Summer 2020 melalui lini RiaMiranda ready-to-wear dan RiaMiranda Signature. Kerja sama RiaMiranda bersama Tokopedia diwujudkan dalam koleksi ready-to-wear yang bertajuk “Serunai”.
Baca juga:
- Koleksi RiaMiranda Ready-to-Wear Terbaru di RMTS 2020
- Jovian X RiaMiranda Hadirkan Koleksi Bertema Seni Budaya Maroko
- COTTONINK X RiaMiranda Terinspirasi Lukisan Zaman Dinasti Ming
“Memasuki tahun ke-7 pagelaran RMTS 2020 kali ini, saya merefleksikan kembali perjalanan bersama brand RiaMiranda tentang arti konsistensi dan manfaat dari setiap karya yang ditampilkan. Alhamdulillah, dukungan semua pihak partner, RiaMiranda Loyalty Community (RMLC), keluarga, dan RiaMiranda team membuatku siap menuju realita atas kedewasaan sebuah brand ini yang sudah menginjak 1 dekade,” ujar Ria Miranda selaku Creative Director RiaMiranda.
“Tahun ini, acara RMTS 2020 kembali didukung penuh oleh Tokopedia. Apresiasi positif yang diberikan menjadi kekuatan brand RiaMiranda untuk terus berinovasi dan memberikan karya terbaik. Pelaksanaan RMTS 2020 ini juga diadakan selama dua hari dengan konsep berbeda. Rangkaian acara pada 28 November 2019 yaitu RMLC National Gathering, sedangkan 29 November 2019 pagelaran fashion show Spring/Summber 2020,” tambah Ria Miranda.
Lebih Menghibur
Selama satu dekade, Ria Miranda memberikan satu pelajaran berharga, menjadi seorang fashion designer bukan hanya soal berkarya. Tapi juga bagaimana menjalin hubungan yang langgeng dan harmonis dengan pelanggannya. Pada acara RMTS 2020, RiaMiranda memberikan suguhan istimewa melalui sesi yang dikhususkan untuk para pelanggan setianya yang tergabung dalam RMLC.
Pagelaran fashion show RiaMiranda kali ini memiliki dua konsep berbeda sesuai dengan koleksi yang ditampilkan. Sesi pertama menampilkan koleksi RiaMiranda ready-to-wear sebanyak 56 looks. Koleksi ready-to-wear tersebut terdiri dari koleksi “Serunai”, koleksi “Mimosa”, koleksi “Disney X Luna”, dan koleksi “Wastra”. Sementara pada sesi kedua, ada 40 looks koleksi RiaMiranda signature yang ditampilkan. Tak hanya itu, RMTS 2020 memberikan kejutan dengan menghadirkan penyanyi Reza Artamevia pada sesi satu dan Tulus pada sesi kedua.
Ria Miranda menuturkan, “Konsep fashion show kali ini memang ingin beda dari tahun-tahun sebelumnya. Show sesi satu sifatnya lebih entertaining karena ada RMLC yang akan terlibat di catwalk dan koleksi ready-to-wear hasil kolaborasi bersama Tokopedia dan Disney. Sedangkan show sesi dua, ambience-nya akan berbeda dengan menampilkan koleksi RiaMiranda signature yang menampilkan parade busana dengan detail unik namun tetap feminine dan elegan.”
“Kita memang pengen menghibur karena audiensnya RMLC di seluruh Indonesia. Mereka memang datang untuk ke acara ini. Show yang kedua RiaMiranda signature lebih ke trend yang akan kita tampilkan ada 40 looks dengan beberapa aplikasi details yang baru,” ungkap Ria kepada wartawan.
Menuju Kedewasaan
Mengusung tema besar “Realita”, RMTS 2020 menyuguhkan koleksi RiaMiranda yang bercerita tentang arti sebuah proses menuju kedewasaan dengan selalu menebarkan nilai-nilai kebaikan. Tema “Realita” yang diusung kali ini memiliki turunan yang dihadirkan pada koleksi Spring/Summer 2020 di antaranya koleksi ready-to-wear dengan tema “Mimosa” yang menceritakan tentang perjalanan transformasi menuju kebaikan.
Sedangkan koleksi ready-to-wear “Wastra Nusantara” merupakan perpaduan antara budaya tradisional dan fashion muslim kontemporer. Selain itu, ada koleksi RiaMiranda signature dengan tema “Bias” yang menceritakan tentang arti sebuah harapan baru dan berpikir positif.
Ria Miranda menerangkan perbedaan antara fashion show sesi pertama dengan sesi kedua. RiaMiranda ready-to-wear yang ditampilkan pada sesi pertama merupakan koleksi pakaian yang dapat dikenakan oleh pelanggan pada umumnya. Sementara, RiaMiranda signature adalah koleksi yang menampilkan tren fashion di tahun mendatang.
Ambience pada sesi kedua terasa berbeda dibandingkan dengan sesi sebelumnya. “Kalo dari segi musik, ambience itu nanti kalo lihat seperti cermin-cermin. Kaya ada bayangan, biasan cahaya. Untuk cutting-nya ada piece dress dengan full details, mix primis dengan jeans, balloon sleeves, celananya palazo pants kebanyakan. Headpiece-nya kita create sendiri. Lebih banyak ke art-nya, sih,” ujar dia.
Pada koleksi signature, Ria Miranda menggunakan bahan-bahan seperti silk, chiffon yang sifatnya transparan disesuaikan dengan tema. Koleksi signature kali ini dilengkapi pula dengan detail berupa bordir dan payet.
Disney X Luna
Ada yang unik dalam acara RMTS 2020 kali ini di mana model-model cilik yang menggemaskan ikut tampil di runway. Mereka menampilkan koleksi pakaian anak-anak baik laki-laki maupun perempuan. Koleksi kidswear dengan label Luna by Ria Miranda di acara RMTS 2020 merupakan hasil kolaborasi dengan Disney.
“Kita dihubungi pihak Disney sekitar tiga bulan sebelum Annual Show ini. Kita pengin tampilkan di 2020, RiaMiranda ada apa sih, salah satunya kolaborasi dengan Disney. Luna adalah brand RiaMiranda kids. Aku bikin nama Luna karena dari nama anakku. Kalo dari karakternya memang anak-anak itu cheerful, colorful. Jadi ada beberapa pakem dari Disney yang harus kita ikutin. Warna-warna dan karakter itu aku ambil dari si Mickey Mouse dan Minnie Mouse,” jelas Ria.
Baca juga:
- 7 Fashion Designer Hadirkan Nuansa Kota-kota Besar Dunia di JFW 2019
- “Selaksa Rupa”, Kolaborasi Tokopedia dengan 9 Desainer Fesyen
- Rindu Tanah Minang, Ria Miranda Rilis Nagari Raya Collection 2020
Koleksi pakaian anak-anak ini tetap dalam koridor modest wear yang bisa dipadupadankan antara satu item dan lainnya. Ria Miranda menjelaskan bahwa kolaborasi ini memudahkan konsumen untuk mendapatkan pakaian modest yang menampilkan karakter Disney. Rencananya, koleksi Disney X Luna akan dijual pada awal tahun 2020. “Kita bikin ada beberapa items. Nggak hanya baju, ada stationery-nya buat anak-anak, ada tumbler, tempat makan, pengembangannya lebih ke situ,” ungkapnya.
Tantangan
Ria Miranda mengungkapkan bahwa koleksi yang ditampilkan dalam RMTS 2020 membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 8 bulan yang penyusunan temanya dimulai sejak bulan Desember tahun lalu. Jika biasanya RiaMiranda menggunakan perajin, maka kali ini eksekusi ide-ide desain pakaian dilakukan di kantor atau workshop sendiri oleh timnya.
Bagi Ria Miranda, pembuatan koleksi untuk acara RMTS 2020 memberikan tantangan tersendiri. “Ini produksinya gimana ya nanti? Kita mempersiapkan satu workshop yang memang untuk khusus kerajinan yang kita create sendiri,” imbuhnya.
Tahun 2020 menjadi awal bagi RiaMiranda untuk melakukan berbagai inovasi. Jika selama ini RiaMiranda dikenal sebagai modest fashion brand, maka tahun depan RiaMiranda ingin merambah ke produk-produk lifestyle yang sering dipakai di rumah seperti essentials oils, hand wash, bed sheet, dan anti bacterial spray.