Home Arts Riasan Pengantin yang Ringan dan Minimalis Kian Disukai

Riasan Pengantin yang Ringan dan Minimalis Kian Disukai

Ney Anggraeni merupakan makeup artist mua profesional yang membagikan pengalamannya
Ney Makeup Artist (kiri) | Foto: Dok. Pribadi

Highlight.ID – Persiapan penting untuk melangsungkan acara pernikahan salah satunya yakni makeup pengantin. Untuk mendapatkan riasan pengantin yang bagus, sebagian orang memilih untuk menggunakan jasa makeup artist (MUA). Meski harus mengeluarkan biaya lebih, riasan pengantin yang dilakukan oleh MUA profesional lebih terjamin kualitasnya.

Ney yang berprofesi sebagai Makeup Artist mengungkapkan tren riasan pengantin yang saat ini kian digemari. Menurut wanita kelahiran Ciamis ini, tren tata rias wajah pengantin semakin ringan dan minimalis. “Aku lihat semakin ke sini semakin banyak gen Z yang memiliki sikap minimalis. Bahkan belakangan ini aku lihat banyak banget ya yang mulai menormalkan akad nikah tanpa resepsi,” Ney menerangkan kepada Highlight.ID.

“Akad (nikah) doang udah cukup. Kalaupun ada resepsi kayak acara makan-makan keluarga. Di sana, tren makeup yang ringan dan minimalis akan terbentuk tapi tetap menambah potensi kecantikan dasarnya, kata Ney yang hobi menonton film serial di Netflix.

Peluang Kerja & Bisnis




Dalam pandangan Ney, masih banyak peluang untuk berkarier sebagai makeup artist. Hal ini semakin diperkuat dengan banyaknya para makeup artist baru yang bermunculan. “Aku ngerasa banyak hal yang belum aku lakukan dan akan lakukan di profesi ini terlebih setelah pandemi (Covid-19) ini udah lewat,” ucap wanita yang menyukai makeup sejak SD.

Ney menerangkan, “Begitu banyak pasangan (pengantin) yang menginginkan acara pernikahan dilaksanakan dengan maksimal, memorable, terjangkau. Selain pernikahan, seorang makeup artist itu memiliki kesempatan di acara spesial lainnya. Dan nggak menutup kemungkinan juga, makeup artist bisa sebagai beauty vlogger, influencer atau trainer. Intinya, industri ini luas cakupannya.”

Ney Makeup Artist | Foto: Dok. Pribadi

Potensi Kecantikan

Wanita berzodiak Leo ini mempunyai signature look #makeupalaney yang menjadi ciri khasnya. “Waktu aku pertama kali coba menciptakan look makeup ini, tujuannya ingin menciptakan look yang berbeda. Pengin sesuatu yang lebih fresh, simple tapi tetap manglingin.”

“Di luar dugaan, responnya positif banget. Nggak sedikit orang yang menyebut bahwa #makeupalaney ini unik, terlebih lagi di bagian bibir. Banyak juga yang penasaran sama tekniknya,” kata Ney dengan semangat.

Baca Juga:
Pengin Sukses Jadi MUA? Simak Dulu Tips dari Ney Makeup Artist

Sebelum melakukan proses periasan wajah, Ney selalu menyempatkan waktu untuk melakukan riset dengan mempelajari bentuk dan kondisi wajah klien melalui akun media sosial. “Punya something yang harus aku koreksi nanti atau bahkan dia punya kelebihan yang bisa aku tonjolkan sehingga dia bisa tampil berbeda, cantik. Jadi, aku mempersiapkan semuanya dan mengeluarkan potensi kecantikan dasarnya tapi tetap ringan dan minimalis.”

Sebagai MUA, Ney tidak bekerja sendirian. Ia mempunyai sebuah tim yang tergabung dalam @officialteamney. Menurutnya, keberadaan tim tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. “Aku buat manajemen khusus untuk memastikan semua pelayanan makeup aku dan tim benar-benar maksimal.’

Ney memaparkan bahwa ia dan timnya hanya mengerjakan 1 proyek makeup pengantin dalam 1 hari. Hal ini bertujuan agar layanan yang diberikan bisa maksimal. “Setiap MUA bertanggung jawab selama sekian jam. Itu untuk memastikan makeup aman dan tetap cantik.”

Pengalaman mengesankan Ney selama menjadi MUA yakni mempunyai pelanggan yang berasal dari berbagai daerah. “Aku melihat dan merasakan langsung budaya pernikahan yang berbeda-beda dari setiap daerah,” ujarnya.

“Semuanya kayak punya ciri khas dan adat istiadat masing-masing. Ada sesuatu yang baru terus yang aku sebelumnya nggak tahu sama sekali yang di daerah aku nggak ada. Itu benar-benar pengalaman yang mengesankan,” sambung dia.

Menurut Ney, pandemi menjadi kendala terbesar yang dihadapi olehnya. “Karena lumayan mempengarhi kegiatan keramaian terutama pernikahan. Itu berpengaruh ke pendapatan aku dan tim, terasa banget.”

Selain itu, banyak orang yang menginginkan layanan pernikahan yang komplit mulai dari makeup hingga dekorasi. Ney yang lebih fokus ke layanan makeul wedding mengaku tidak sanggup melakukannya.

Ney pun berharap untuk bisa menambah kebahagiaan klien melalui layanan yang diberikan. “Karena aku yakin kebahagiaan sebuah rumah tangga dimulai dari bagaimana suksesnya mengadakan sebuah acara pernikahan,” tutup Ney.