Home Arts Rudy Hadisuwarno School Penuhi Kebutuhan SDM di Bidang Kecantikan

Rudy Hadisuwarno School Penuhi Kebutuhan SDM di Bidang Kecantikan

Rudy Hadisuwarno School merupakan tempat kursus salon kecantikan yang melatih siswa menjadi tenaga yang terampil
Ilustrasi | Foto: Instagram/@rudyhadisuwarno.school

Highlight.ID – Dalam situasi normal, kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) di bidang kecantikan sangat lah banyak. Namun demikian, masih banyak di antara mereka yang belum mempunyai keterampilan yang mumpuni. Sebagian besar di antara mereka belajar dan berlatih tentang kecantikan secara otodidak. Hal itu diungkapkan oleh Rudy Hadisuwarno, hairdresser kenamaan Indonesia yang mempunyai bisnis salon kecantikan dan lembaga pendidikan Rudy Hadisuwarno School.

“Menurut saya, masih perlu diberikan dasar-dasar yang lebih kuat sehingga mereka bisa berkembang dengan lebih baik ke depannya,” kata Rudy kepada Highlight.ID. Rudy Hadisuwarno School sendiri merupakan tempat kursus kecantikan yang telah mempunyai beberapa cabang di Jakarta, Denpasar, dan Yogyakarta.




Baca Juga: 5 Sekolah Kecantikan Indonesia untuk Belajar Makeup dan Hairdressing

Dalam pandangan Rudy, pendidikan kecantikan di Indonesia mengalami perkembangan yang baik. “Menurut saya, perkembangannya cukup baik. Jadi, masih berkembang terus terutama dengan adanya anak-anak muda yang belajar ke luar negeri juga sehingga ini memperkaya teknik-teknik, ilmu-ilmu kecantikan di Indonesia.”

Rudy Hadisuwarno School menawarkan kelas kursus haidressing dan makeup. Kelas hairdressing dan makeup terbagi menjadi Diploma Program dan Certificate Program. “Diploma Program adalah program yang lengkap mulai dari level dasar, intermediate sampai dengan level advanced selama 6 bulan. Dan setelah selesai, ada evaluasi akhir kemudian akan mendapatkan diploma dari Rudy Hadisuwarno School. Program certificate adalah buat mereka yang hanya ingin belajar, misalnya gunting rambut, coloring ataupun pelurusan saja. Sehingga dari tiap-tiap mata pelajaran atau kelompok pelajaran yang diambil itu akan ada sertifikatnya,” Rudy menerangkan.

“Kami memakai metode pengajaran yang merupakan perpaduan dari metode dari beberapa negara, dari Indonesia sendiri, Inggris, Prancis, dan Jepang. Itu semua kami kombinasikan sehingga kami memberikan suatu metode yang dikenal dengan metode Rudy Hadisuwarno,” jelasnya.

Baca Juga: 9 Jenis Pekerjaan untuk Cewek yang Menyenangi Bidang Kecantikan

Rudy Hadisuwarno School merupakan tempat kursus salon kecantikan yang melatih siswa menjadi tenaga yang terampil
Ilustrasi | Foto: Instagram/@rudyhadisuwarno.school

Rudy mengatakan bahwa siswa yang mengambil program diploma akan mendapatkan materi-materi tentang manajemen salon di akhir masa kursus. “Kompetensi yang diharapkan adalah ketika mereka menyelesaikan program diploma dari Rudy Hadisuwarno School, mereka akan bisa memimpin satu salon. Jadi, bukan hanya sebagai penata rambut dan makeup tapi juga sebagai pimpinan yang bisa memberikan pengarahan bagi teman-teman yang bekerja di bawahnya.”

Menurut pria asal Pekalongan ini, perkembangan bisnis di bidang kecantikan relatif stagnan dengan adanya pandemi Covid-19. Namun demikian, ia yakin bahwa di masa mendatang apabila masa pendemi telah berakhir, bisnis kecantikan akan berkembang lagi. Sebelum adanya pandemi ini, metode pengajaran Rudy Hadisuwarno School dilakukan secara tatap muka di dalam kelas. Kemudian, Rudy Hadisuwarno School mulai membuka kelas-kelas online.

Baca Juga: 9 Peluang Bisnis Kecantikan yang Mendatangkan Banyak Keuntungan

Rudy Hadisuwarno School merupakan tempat kursus salon kecantikan yang melatih siswa menjadi tenaga yang terampil
Ilustrasi | Foto: Instagram/@rudyhadisuwarno.school

Di masa pandemi ini, kegiatan belajar mengajar di Rudy Hadisuwarno School yang berada di Jakarta masih ditiadakan karena belum mendapatkan perizinan dari pemerintah. Sedangkan Rudy Hadisuwarno School yang berlokasi di Bali sudah diizinkan untuk beroperasi kembali. “Kami saat ini menerapkan semua protokol kesehatan atau protokol Covid-19 dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah kami,” ujar pemilik zodiak Libra ini.

Rudy Hadisuwarno School, saat ini, sedang mempersiapkan suatu program pendidikan secara online. Menurut Rudy, selain melaksanakan pengajaran secara online, Rudy Hadisuwarno School juga akan tetap membuka kelas yang diadakan secara tatap muka. “Karena bagi mereka yang kurang bisa mengikuti [kelas] secara online, kami masih membuka kelas-kelas tatap muka untuk membantu para murid mendapatkan keterampilan yang sesuai dengan yang diharapkan,” ucap Rudy.

“Tentunya, target ke depan adalah dengan penerapan metode secara online, maka harapan kami makin banyak murid yang bisa bergabung dengan sekolah kami. [Biaya] Pendidikannya akan makin murah dan bisa diikuti dari mana saja,” tutupnya.