Home Beauty Menyusuri Jejak Kesuksesan Bisnis dan Karier Michael Kors

Menyusuri Jejak Kesuksesan Bisnis dan Karier Michael Kors

profil sejarah perusahaan merek fashion branded pendiri founder michael kors desainer model koleksi rancangan pakaian baju original amerika serikat pabrikan
Sejarah Michael Kors | Foto: jingdaily.com

Highlight.ID – Bagi kamu pecinta fashion, tentu tahu dengan brand asal Amerika Serikat bernama Michael Kors. Brand Michael Kors terkenal di seluruh dunia karena telah membawa high-end American style ke lebih dari 100 negara dan membuat pendirinya menjadi kaya raya. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak profil Michael Kors secara lengkap.

Perancang yang memiliki nama asli Karl Anderson Jr. ini lahir di Long Island, New York, Amerika Serikat pada 9 Agustus 1959. Beliau merupakan anak dari Joan Kors dan Karl Anderson. Namun sayang, dalam sejarah kehidupan Michael Kors ibunya menikah kembali dengan Bill Kors ketika Karl berusia lima tahun. Nama keluarganya pun berubah menjadi Kors. Karl kemudian mengganti namanya menjadi Michael David Kors.

Kors kecil tinggal dan besar di Merrick, New York. Kemudian beliau lulus dari John F. Kennedy High School yang berlokasi di Bellmore, New York. Ibu Kors adalah seorang Yahudi dan ayahnya seorang warga keturunan Swedia. Pada 16 Agustus 2011, Kors pun menikah dengan teman kerjanya yang bernama Lence LePere.

Belajar Fashion Design

Sejak usianya memasuki 19 tahun, Michael Kors mulai belajar merancang busana. Beliau memilih Fashion Institute of Technology pada tahun 1977 untuk mengasah bakatnya. Sembilan bulan kemudian beliau ditawari kesempatan untuk menjual desainnya di toko tempatnya bekerja, Lothars, sebuah butik di West 57th Street.

Baca juga:

Setelah lulus, beliau memulai kariernya dengan meluncurkan fashion line di bidang fashion wanita untuk beberapa brand di antaranya yakni Saks Fifth Avenue, Bergdorf Goodman, Lord & Taylor. Tidak hanya merancang busana olahraga untuk wanita namun juga untuk pria. Berkat kepiawaiannya, beliau pun memiliki fashion line yang terinspirasi dari namanya sendiri, Michael Kors.

Karier yang Menanjak

Dalam sejarah Michael Kors, di tahun 1981, hasil karya Kors dilirik oleh Dawn Mello. Beliau adalah mantan Fashion Director di Fifth Avenue department store Bergdorf Goodman yang membantunya menunjukkan koleksi women’s wear kepada pembeli saat berada di toko. Dalam waktu 3 tahun, koleksi busana Kors diisi oleh Saks Fifth Avenue, Neiman Marcus dan Bloomingdale’s. Lalu di tahun 1983, brand Michael Kors mendapat penghargaan sebagai First American Original Award dari Dupont.

profil sejarah perusahaan merek fashion branded pendiri founder michael kors desainer model koleksi rancangan pakaian baju original amerika serikat pabrikan
Sejarah Michael Kors | Foto: hollywoodreporter.com

Karier Kors semakin meningkat. Beliau kemudian mendesain busana ready to wear di tahun 1997 untuk wanita milik LVHM, rumah mode Celine yang berkembang pesat berkat arahannya. Di tahun 1998, Kors menjadi Creative Director di Celine. Di tahun berikutnya, LVMH membeli 33% saham brand Michael Kors. Kemudian, di tahun yang sama, the Council of Fashion Designer of America (CFDA) memberi nama Kors Womenswear Designer of the Year. Di tahun 2002, Kors pun meluncurkan koleksi busana pria yang pertama.

Memikat Selebriti Hollywood

Tahun 2003, Kors mendapat julukan sebagai CFDA’s Menswear Designer of the Year. Sportswear Holdings Limited berinvestasi pada brand Michael Kors sekitar 85% saham. Tak lama setelah itu, Kors berhenti dari Celine lalu beliau membangun brand-nya secara independen.

Lalu beliau bergabung dalam tv show Amerika, Project Runaway sebagai hakim dan mendapatkan sambutan yang sangat baik selama 10 seri. Aksesoris dan koleksi pakaian Michael Kors pun diluncurkan. Peluncuran tersebut dilakukan di toko-toko yang terdapat di Amerika Serikat dan memperluas jangkauan dengan menjual aksesoris, busana ready to wear, pakaian renang, jeans dan alas kaki.

Hasil rancangan Kors mendapat apresiasi yang sangat baik di kalangan masyarakat Hollywood. Jadi, tidak heran lagi kalau banyak selebriti menggunakan busananya saat menghadiri berbagai pagelaran seperti World Music Award maupun Academy Award. Beberapa selebriti yang pernah menggunakan hasil rancangannya seperti Heidi Klum, Gwyneth Paltrow, dan Heidi Klum. Bahkan Michelle Obama pun tertarik menggunakan hasil rancangannya.

Itulah yang membuat hasil rancangannya begitu eksklusif untuk para kalangan kelas atas. Untuk memudahkan para pecinta hasil rancangannya, beliau menyediakan toko secara online. Tentu saja hal ini untuk mempermudah pelanggannya dalam mendapatkan koleksi terbaru yang merupakan hasil rancangannya.

Prestasi Michael Kors

Setelah seperempat abad dibuat, Michael Kors membuka toko retail pertamanya pada 2006. Lalu di tahun 2010, CFDA memberi penghargaan Kors “The Geoffrey Beene Lifetime Achievement Award”. Dalam sejarah, Michael Kors menjadi penerima penghargaan yang paling muda pada saat itu.

Di tahun 2013, nama Kors muncul di majalah Time sebagai salah satu dari 100 orang yang paling berpengaruh di dunia. Michael Kors muncul dalam daftar New York Observer sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di New York.

Kepemilikan Michael Kors

Tahun 2015, Kors dinyatakan sebagai Global Ambassador Against Hunger for the United Nations World Food Programme sebagai pengakuan atas bertahun-tahun menjadi seorang filantropis. Termasuk salah satunya gerakan amal yang dilakukan dalam penelitian kanker. Kemudian tahun 2016, Michael Kors memberitahukan kemitraannya dengan McLaren-Honda sebagai lifestyle partner secara resmi dari kejuaraan dunia tim Formula One.

Kemudian meningkatkan asosiasi brand kalangan jet-set. Tahun 2017, Michael Kors Holdings membeli luxury shoemaker Jimmy Choo PLC senilai $1,2 milyar. Di tahun 2015, Michael Kors memiliki lebih dari 550 store dan lebih dari 1500 in-store boutiques di beberapa negara. Di tahun yang sama, Michael Kors memiliki 827 outlet dan 133 toko berlisensi. Sejak tahun 2014, pendapatan tahunan yang diperoleh sebesar $3,2 milyar dengan laba bersih $670 juta. (sud)