Home Business Onitsuka Tiger, Brand Sepatu Olahraga Asal Jepang yang Banyak Diminati

Onitsuka Tiger, Brand Sepatu Olahraga Asal Jepang yang Banyak Diminati

sejarah profil history kisah cerita sepatu perusahaan merek fashion onitsuka tiger asal asli jepang impor original authentic 100% palsu kw super premium
asphaltgold.de

Highlight.ID – Biasanya orang memiliki kecenderungan memilih merek dan model sepatu tentu dipengaruhi oleh kepribadian dan selera. Tapi tidak begitu dengan anak kekinian atau penggemar berat sepatu, biasanya yang memiliki koleksi sepatu lebih dari satu merek agar dapat dipakai secara bergantian sesuai dengan mood dan kondisi.

Selain itu, semacam ada anggapan atau sugesti bahwa memakai sepatu branded model terbaru dapat meningkatkan gengsi dan prestise bagi sebagian orang. Tapi, pastikan untuk memakai sepatu branded yang original, ya.



Bicara brand sepatu kekinian yang sedang digandrungi kawula muda, salah satu yang sedang hits adalah Onitsuka Tiger. Tapi tahukah kamu, dulu brand sepatu ini pernah mengalami masa surut alias tenggelam dan tidak terdengar di tengah persaingan pasar yang menggila yang dilakukan oleh perusahaan sepatu olah raga kenamaan sekelas Adidas atau Nike.

Nah, supaya kamu makin tergila-gila dengan brand ini, gak ada salahnya untuk tahu sejarah brand Onitsuka Tiger ini. Layaknya idiom tak kenal maka tak sayang, makin tahu sejarah brand ini, pasti bikin kamu makin jatuh cinta.

Baca juga:

Awal Mula Onitsuka Co.

Adalah Kihachiro Onitsuka yang menjadi tokoh penting di balik berdirinya perusahaan sepatu yang awalnya bernama Onitsuka Co. Ltd. Ia memulai perjalanannya dengan membuat sepatu basket dalam rangka memenuhi kebutuhan para pemaian bintang olah raga basket, pada tahun 1949 di Kobe, Jepang.

Jangan dipikir Onitsuka tidak pernah mengalami kegagalan ya. Kegagalan juga pernah dialami oleh Onitsuka lho. Bahkan, pada debut awal Onitsuka ini bisa dibilang kurang berhasil alias gagal. Pasalnya, desain sepatu yang menyerupai sandal jerami ternyata tidak begitu disukai oleh banyak pihak.

Tapi mental pejuang Onitsuka, kegagalan pada debut pertamanya tidak membuat dirinya menyerah. Kihachiro Onitsuka yang pernah menjabat sebagai perwira militer ini terus melakukan inovasi untuk mengembangkan produknya agar sesuai dengan kebutuhan para pemain basket profesional. Tidak memiliki pengalaman dalam pembuatan sepatu juga bukanlah alasan baginya.

Ia pun melakukan riset secara terus menerus, hingga akhirnya ia mendapatkan hasil positif. Pada eksperimen berikutnya ia kembali meluncurkan sepatu basket dengan memperbarui desain pada bagian sol sepatu yang membentuk seperti cangkir dengan beberapa ruang untuk membuat sepatu lebih efektif. Dan tak disangka, desain dan inovasi ini pun disukai oleh publik.


Dan sejak saat itu perusahaan sepatu tertua di Jepang ini terus memperbanyak serta menambah variasi koleksinya. Tak hanya sepatu basket, di tahun 1951, Onitsuka merilis sepatu voli pertamanya yang disambut dengan kesuksesan Onitsuka Co. Ltd secara internasional dan bahkan menjadi pilihan paling populer di kalangan atlet Olimpiade.

Bekerja Sama dengan Atlet

Yang menarik dari kesuksesan brand ini sekaligus menjadi sejarah atas berdirinya ASICS adalah adanya hubungan yang sangat erat dengan pelari maraton Abebe Bikila. Abebe yang adalah pria kelahiran Ethiopia ini sering kali berlari tanpa menggunakan alas kaki. Hal itu juga ia lakukan saat ia mengikuti Olimpiade di Roma pada tahun 1960.

Walaupun ia berlari tanpa alas kaki, Abebe selalu berhasil meraih juara dalam rekor waktu dunia. Ia juga sekaligus mencatat sejarah sebagai pelari kulit hitam pertama yang menerima medali emas Olimpiade. Keberhasilannya meraih juara tanpa alas kaki ternyata menarik perhatian Kihachiro Onitsuka untuk melakukan kerja sama.

sejarah profil history kisah cerita sepatu perusahaan merek fashion onitsuka tiger asal asli jepang impor original authentic 100% palsu kw super premium
sochim.com

Onitsuka pun melakukan negosiasi dengan Abebe dan menyakinkannya untuk mau menggunakan sepatu ASICS saat berlaga di Olimpiade 1964 di Tokyo. Gayung bersambut, Abebe pun menyambut positif pinangan Onitsuka. Hingga akhirnya, Abebe menggunakan sepatu ASICS saat berlaga di Olimpiade Tokyo tersebut.

Abebe pun berhasil membukukan kemenangan dalam rekor waktu dunia. Ia juga berhasil menjadi atlet pertama yang sukses memenangkan emas dalam cabang olahraga maraton pada Olimpiade secara berturut-turut. Hubungan baik keduanya pun berjalan hingga Abebe tutup usia. Sebagai bentuk penghargaan untuk mengenang pelari luar biasa tersebut, Onitsuka menyumbangkan satu juta dolar kepada Unicef.

Berkembangnya ASICS

Di tahun 1977, Onitsuka Co mengadakan perombakan dengan berubah nama menjadi ASICS. Konon, nama ASICS diambil dari singkatan bahasa latin ‘Anima Sana In Corpore Sano’ yang berarti ‘pikiran yang sehat dalam tubuh yang sehat.’ Setelah pergantian nama ini, ASICS menjadi pilhan favorit atlet Olimpiade sepanjang abad ke-20 dan abad ke-21. Bahkan, produk sepatu lari ASICS dianggap menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Selain itu, di tahun 2013-204 ASICS juga melakukan terobosan baru dengan memproduksi sepatu casual atau sneakers. Mereka menangkap dengan jeli peluang dan trend sneakers yang semakin menggila. ASICS pun menggandeng untuk berkolaborasi bersama Extra Butter, retailer asal New York untuk menciptakan ‘Death List 5′ pack yang terdiri Asics Gel Saga “Cottonmouth”, Asics Gel Lyte III “Copperhead”, Asics Gel Epirus “California Mountain Snake”, Asics GT-Cool “Sidewinder”, dan Asics Gel Lyte V “Snake Charmer”.


Munculnya koleksi sneakers ini berhasil membawa ASICS kembali ke puncak kesuksesan. Desain sepatu, pola, serta warna yang mereka tampilkan berkembang sangat pesat sehingga membuat ASICS menjadi salah satu sneakers yang paling diburu di berbagai belahan dunia. Tak terkecuali di Indonesia, di mana sepatu ini juga menjadi trend dan diburu oleh penggemarnya.

Kelebihan Onitsuka Tiger

Buat kamu yang lagi bingung dengan berbagai pilihan sepatu branded yang ada saat ini, Onitsuka Tiger mungkin bisa memenuhi kriteria kamu. Ada empat alasan kenapa Onitsuka Tiger begitu digemari oleh kawula muda dan KAMU. Simak yuk!

1. Nyaman dipakai

Hal pertama yang penting diperhatikan ketika membeli sepatu adalah soal kenyamanan saat dipakai. Onitsuka Tiger sudah pasti memenuhi kriteria ini karena sejak dulu dikenal nyaman ketika dipakai. Tak hanya untuk olahraga, sepatu yang kini dipegang oleh orang Jakarta ini juga sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari meskipun dipakai seharian dalam jangka waktu yang lama.

2. Desain casual tapi tetap stylish

Onitsuka Tiger sangat populer tak hanya di negara asalnya, tetapi juga secara global karena memiliki desain klasik yang casual dan stylish dengan beragam warna. Ciri khas sepatu ini adalah adanya garis-garis menyilang pada bagian sampingnya. Selain itu, sepatu ini juga memberikan inovasi desain yang selalu up-to-date di setiap koleksi modelnya. Kalau kamu penggemar sepatu ini, kamu akan dibuat bingung dengan berbagai pilihan koleksi warna terbaik dari berbagai seri termasuk seri limited edition saat berkunjung langsung ke store Onitsuka Tiger.

Baca juga:

3. Kualitas tinggi

Selain faktor kenyamanan, desain yang super stylish, yang tak kalah penting adalah kualitas! Ya, makanya muncul idiom ‘ada harga ada barang’! Demikian juga dengan Onitsuka Tiger. Meskipun memiliki harga yang tidak murah, namun sepatu ini tetap saja laris manis diboyong oleh penggemarnya.

Apalagi, kalau bukan karena kualitasnya yang memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari bahan dasar, pengerjaan produk hingga perhatian pada detial. Oleh sebab itu, sepatu ini banyak digemari karena keawetannya meskipun sudah dipakai hingga bertahun-tahun.

4. Nippon Made

Keunggulan terakhir, tapi tak kalah penting dari brand ini adalah Nippon Made untuk beberapa koleksinya. Biasanya, koleksi ini diperuntukkan bagi penggemar Onitsuka Tiger dengan level advanced. But, so what dengan Nippon Made? Brand asal Jepang ini dengan jelas menyampaikan kelebihan dari keterampilan Jepang yaitu dibuat dengan sangat teliti menggunakan tangan serta kualitas dan bahannya pun berbeda. Selain itu, jaminan Nippon Made adalah komitmen para pengrajin, keahlian pengrajin Jepang serta spirit dari keterampilan Jepang yang diwariskan secara turun temurun dari waktu ke waktu.

Jadi gimana? Kamu tertarik untuk berburu berbagai koleksi dari sepatu super keren ini? Sekarang kamu tak perlu lagi belanja jauh-jauh ke Jepang untuk hunting produk-produk Onitsuka Tiger, karena di Indonesia sudah ada. Kecuali kalau kamu memang sedang jalan-jalan ke Jepang, tak ada salahnya menyempatkan mampir ke store ASICS yang ada di Omotesando dan Shibuya.