Home Business 7 Sekolah Pramugari di Indonesia untuk Bekerja di Industri Penerbangan

7 Sekolah Pramugari di Indonesia untuk Bekerja di Industri Penerbangan

Daftar flight attendant school kursus sekolah pramugari staf penerbangan indonesia
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/ismail mohamed - SoviLe

Highlight.IDProfesi di industri penerbangan yang paling banyak dibutuhkan saat ini yakni flight attendat alias pramugari/a. Awak kabin mempunyai sejumlah job description salah satunya yakni memastikan penumpang pesawat mendapatkan kenyamanan selama penerbangan. Gak hanya itu, pramugari juga wajib memastikan keselamatan penumpang. Untuk dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, pramugari perlu menguasai keterampilan khusus.

Itulah kenapa banyak pramugari yang melewati pendidikan di sekolah penerbangan. Pekerjaan sebagai pramugari bisa menjadi pilihan terutama buat kamu yang masih bingung mau kerja apa setelah lulus sekolah. Pramugari banyak diminati karena gajinya yang terbilang besar dan memperoleh sejumlah fasilitas dan akomodasi selama menjalankan tugasnya.

Jalan-jalan keliling Indonesia bahkan ke luar negeri dan itu dibayar oleh perusahaan, siapa sih yang nggak pengin? Nah, buat kamu yang ingin mendalami ilmu kepramugarian, berikut ini beberapa sekolah pramugari di Indonesia yang membuka pendaftaran peserta didik baru.

Daftar Sekolah Pramugari di Indonesia

1. Nasional Aviation (NASA) Airline Education Centre




Berdiri pada tahun 2007, Nasional Aviation Airline Education Centre yang disebut dengan NASA bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang siap bersaing di industri penerbangan. Lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan ini berada di beberapa lokasi termasuk Bandung, Makassar, Pontianak, dan Tasikmalaya.

Program-progran unggulan NASA yaitu Ariline Staff, Aviation Security (Avsec), dan Pramugari. Lama pendidikan program Airline Staff dan Pramugari ialah 4 bulan yang terdiri dari teori dan praktik. Sementara pelatihan pada program Avsec dilaksanakan selama 1 bulan di kelas dan 1 – 2 bulan praktik kerja lapangan (PKL) di bandara. Petugas Avsec yang bekerja di bandara wajib memiliki lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Petugas (STKP). Lisensi ini dikeluarkan oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara.

Baca Juga:
Bekerja Sebagai Pramugari, Apa Tahapan Seleksi yang Harus Dilalui?

Salah satu fasilitas yang disediakan NASA yakni mini cabin yang dirancang sedemikian rupa menyerupai aslinya namun dengan ukuran lebih kecil. Fasilitas lainnya yakni laboratorium komputer, ruangan santai (lounge), ruang aula, front office, dan ruang kelas yang dilengkapi dengan proyektor dan AC.

2. Pelita Nusa Aviation

Calon siswa yang ingin mendaftar di Pelita Nusa Aviation harus memenuhi beberapa persyaratan. Adapun syarat pendaftaran yaitu berusia 17 – 21 tahun, belum menikah, tinggi badan untuk staf penerbangan minimal 165 cm (pria) dan 155 cm (wanita).

Sedangkan calon siswa yang ingin bekerja menjadi awak kabin wajib memenuhi tinggi badan minimal 170 cm (pria) dan 160 cm (wanita). Selain itu, mereka tidak diperkenankan memakai kacamata kecuali maksimal minus 2 / silinder c-100.

3. PUSHKOM Airline School (PAS)

Sekolah pramugari PAS atau PUSHKOM Airline School menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan pramugari selama 3 bulan. Berlokasi di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya, PUSHKOM Airline School memberikan kemudahan bagi siswanya berupa potongan biaya pendidikan dan pembayaran yang bisa diangsur. Selain program Pramugari, PUSHKOM Airline School juga menerima peserta didik baru untuk Ground Staff.




Sebagai salah satu persyaratan, calon siswa wajib menyertakan ijazah terakhir SMA atau sederajat. Untuk program Airline Staff, syarat yang harus dipenuhi di antaraya yaitu berat badan yang proporsional dengan tinggi badan. Syarat lainnya yaitu wanita atau pria berusia maksimal 24 tahun, sehat jasmani dan rohani, belum menikah, dan berpenampilan menarik.

Sementara itu, lulusan Diploma (D1/D2/D3/) atau mahasiswa setingkat sarjana (S1) juga diperbolehkan mendaftar di PUSHKOM Airline School. Setelah mendaftar, siswa menyerahkan beberapa dokumen seperti fotokopi ijazah pendidikan terakhir dan KTP dan pas foto dengan berbagai ukuran.

4. Sekar Gegani

Sekar Gegani yang kampusnya berada di Malang, Jawa Timur telah meluluskan ribuan alumni yang bekerja di berbagai perusahaan. Sekolah pramugari yang berdiri sejak  2006 ini membuka pendaftaran siswa baru untuk program Pramugari/Pramugara dan Ground Staff. Terdapat beberapa pilihan durasi pelatihan program Pramugari/Pramugara yakni kelas Reguler (6 bulan), Singkat (2 bulan), dan Kilat (2 minggu).

Materi dasar program Pramugari/Pramugara di antaranya Beauty Class, bahasa Inggris, Etiquette, bahasa Mandarin, Psikologi, dan Service Excellence. Ditambah lagi, siswa mendapatkan materi kepramugarian seperti Announcement, Flight Safery, Aviation Knowledge, Passanger Handling, Inflight Medical, Dangerous Goods, Food & Beverage, Aviation Security, Rules & Procedures, dan Ticketing.

Calon siswa dapat mendaftar secara online maupun offline di Sekar Gegani sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Prosedur pendaftaran meliputi pengisian formulir pendaftaran, pembayaran biaya pendaftatan, pengiriman foto, tes seleksi online, tes kesehatan, pengumuman hasil, dan daftar ulang. Sementara seleksi offline terdiri dari 4 tahap yaitu tes penampilan, tes tulis, tes wawancara, dan tes kesehatan.

5. Patriot Bangsa Aviation Training Centre



Memusatkan pendidikan di Yogyakarta, Patriot Bangsa Aviation Training Centre (ATC) membuka beberapa program yang banyak diminati yaitu Pramugari/Pramugara, Ground Staff, Cargo Service, Ticketing & Reservasi, dan Basic Aviation Security (Avsec). Selain di Yogyakarta, lembaga pelatihan ini juga membuka cabang di Boyolali, Jawa Tengah.

Patiot Bangsa ATC menerapkan metode pembelajaran termasuk OJT di PT Angkasa Pura dan sejumlah maskapai penerbangan. Selain itu, siswa juga bisa OJT di hotel.berbintang 5 atau perusahaan tour & travel di bawah naungan ASITA (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies). Adapun jangka waktu pendidikan program Pramugari/a terdiri dari 3 bulan di kelas dan 2 bulan PKL.

6. Java Aviation Academy

Java Aviation Academy (JAA) yang kampusnya berlokasi di Jakarta Selatan menyelenggarakan program Pramugari/Pramugara dan Ground Staff. Dengan masa pendidikan 3 bulan, siswa mendapatkan sejumlah materi sebagai bekal agar siap bersaing di industri penerbangan. Selain kemampuan bahasa asing, siswa juga mendapatkan materi-materi seperti Table Manner, Ticketing, Beauty Class, dan lainnya.

Pendaftaran Java Aviation Academy dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi website resminya. Setelah itu, calon siswa memilih program yang sesuai minatnya. Langkah selanjurnya yaitu mengisi formulir yang tersedia dan memilih metode pembayaran. Pendaftar perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang ada.

7. Bina Avia Persada

Sekolah pramugari yang lokasinya berada di Yogyakarta ini mendidik siswanya untuk siap bekerja di industri penerbangan. Mereka yang lulus dari Bina Avia Persada menempati posisi strategis sebagai pramugari dan staf penerbangan seperti ground handling dan ticketing. Adapun sistem pelatihan yang diterapkan meliputi ceramah, diskusi, peragaan, simulasi psikotest, job interview, praktik, dan on the job training (OJT).

Lewat OJT, siswa berkesempatan mendapatkan pengalaman kerja langsung di maskapai penerbangan, travel agent baik nasional maupun internasional. Dengan demikian, siswa dapat mengetahui proses dan dinamika kerja yang sesungguhnya.