Home Arts 5 Kursus Kecantikan di Indonesia dengan Pengajar Profesional

5 Kursus Kecantikan di Indonesia dengan Pengajar Profesional

Daftar tempat kursus sekolah belajar makeup hairdressing salon kecantikan terkenal
Sekolah kecantikan Indonesia | Foto: Instagram/@armanarmano_academy

Highlight.ID – Tak hanya buat kaum perempuan, bidang kecantikan juga bisa menjadi lahan pekerjaan maupun bisnis yang menguntungkan bagi para pria. Contohnya adalah Johnny Andrean, Arman Armano, dan Irwan Rovani Doke yang semuanya sukses menjalankan bisnis kecantikan. Selain memiliki salon kecantikan, Johnny Andrean dan Irwan Rovani Doke juga mengelola sekolah kecantikan untuk melahirkan hairdresser profesonal.

Profesi yang bisa ditekuni di bidang kecantikan sangat lah beragam mulai dari hairstylist, makeup artist (MUA) hingga beauty therapist. Mereka umumnya bekerja di salon-salon kecantikan maupun mempunyai usaha sendiri. Tak hanya di salon, makeup artist atau hairstylist juga dapat berkarier di dunia kreatif dan hiburan.




Untuk memulai karier di bidang kecantikan, kamu dapat mendaftarkan di sekolah-sekolah kecantikan yang biasanya ada di kota-kota besar. Belajar di sekolah kecantikan tentunya lebih efisien karena dibimbing oleh para instruktur/pengajar yang ahli di bidangnya. Selanjutnya, inilah rekomendasi sekolah kecantikan yang ada di Indonesia.

Tempat Belajar Tata Rias Wajah dan Tata Rias Rambut

1. Pacific International Beauty Institute

Daftar tempat kursus sekolah belajar makeup hairdressing salon kecantikan terkenal
Sekolah kecantikan Indonesia | Foto: pibi.co.id

Pacific International Beauty Institute (PIBI) tak hanya mempunyai standar pendidikan nasional yang diakui oleh Dinas Pendidikan tapi juga memiliki kualitas internasional dengan sertifikasi dari CIDESCO, CIBTAC, dan ITEC. Sang pendirinya adalah Windiyanti Nugroho yang sekaligus menjadi CEO Pacific Beauty Industry Group (PBIG), perusahaan yang mengelola bisnis kecantikan mulai dari spa hingga pendidikan estetika. Saat ini, PIBI mempunyai sekolah yang berada di Surabaya, Jakarta, dan Bali.

Baca juga:

Beragam program pendidikan ditawarkan oleh Pacific International Beauty Institute, salah satunya yakni Ready to Work Program. Program ini diperuntukkan bagi beautician atau therapist yang ingin belajar tentang facial dan keterampilan spa. Terdapat beberapa pilihan program yang bisa dipilih di antaranya yakni Basic Body Massage (Swedish Massage), Certification in European Spa Treatment, Certification in Traditional Spa Therapist, Makeup, Basic Beautician, Nail Treatment, dan lainnya.

Selain itu, ada beberapa program spesialisasi yang meliputi Massage Therapy, Beauty Therapy, Aesthetic Doctor, Body Therapy, Health and Wellness Therapy, Aromatherapy, Mom and Baby Therapy, Personal Care, dan Development and Management. Terapis yang sekolah di PIBI dapat memperoleh keterampilan berbagai macam jenis pijat seperti Javanese Massage, Balines Massage, Stone Massage, Chinese Massage, Thai Yoga Massage, dan Hand and Feet Reflexology.

Pacific International Beauty Institute

Website: www.pibi.co.id
Instagram:

2. Makeover Makeup Academy

Daftar tempat kursus sekolah belajar makeup hairdressing salon kecantikan terkenal
Sekolah kecantikan Indonesia | Foto: makeovermakeupacademy.weebly.com

Pernah belajar Kosmetologi dan Professional Makeup Artist di California, Amerika Serikat, Victoria Marlina akhirnya kembali ke Indonesia dan mendirikan sekolah bernama Makeover Makeup Academy. Terletak di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, Makeover Makeup Academy mempunyai tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta agar bisa menjadi makeup artist profesional. Makeover Makeup Academy menerapkan kurikulum yang merupakan perpaduan antara Hollywood Glamour Makeup dan Asian Bridal Style.

Lulusan Makeover Makeup Academy dapat bekerja di salon, bidang estetika dan hiburan, hingga menjalankan bisnis sendiri dengan melayani jasa makeup dan tata rambut. Adapun beberapa kelas yang terdapat di Makeover Makeup Academy yakni Professional Makeup Artist, Professional Hairstyling, Master Bridal, Airbrush Makeup untuk mereka yang ingin bekerja secara profesional di bidang kecantikan. Sedangkan Personal Beauty Class diperuntukkan bagi mereka yang ingin bisa makeup untuk diri sendiri.


Materi-materi yang dipelajari di kelas Professional Makeup Artist mulai dari Fundamentals of Makeup hingga Creative Makeup. Setiap siswa Makeover Makeup Academy mendapatkan perlengkapan makeup seperti 1 set makeup brushes, concealer palette, eyberow pencil mascara, face primer, dan lainnya. Di akhir kelas, siswa diharuskan mengikuti ujian dan sesi photo shoot. Hasil dari ujian tersebut, juga dapat menjadi bahan portofolio yang berguna untuk mencari pekerjaan.

Sedangkan di kelas Professional Hairstyling, peserta memperoleh materi-materi seperti Curly Updo, Bridal Updo, Braiding, Vintage Hairtsyles, Mature Hairstyling, Weaving Updo, dan lainnya. Tak hanya materi, siswa juga memperoleh perlengkapan tata rias rambut mulai dari blow dryer hingga hairspray.

Makeover Makeup Academy

Website: www.makeovermakeupacademy.weebly.com
Instagram: @makeoveracademy

3. Johnny Andrean School & Training

Daftar tempat kursus sekolah belajar makeup hairdressing salon kecantikan terkenal
Sekolah kecantikan Indonesia | Foto: Instagram/@johnnyandreansalon

Johnny Andrean telah merintis kariernya sebagai hairstylist sejak tahun 1970-an. Berawal dari salon kecil yang berada di Jakarta Utara, bisnis Johnny Andrean makin berkembang dan kini telah mempunyai ratusan cabang yang tersebar di Indonesia. Ia pun pernah mengenyam pendidikan tata rambut di seklah luar negeri seperti Trevor Sorbie Academy London, Vidal Sasson Academy London, Tony and Guy Academy London, dan Alexander de Paris.

Selain salon, Johnny Andrean juga memiliki sekolah sendiri yang bernama Johnny Andrean School and Training (JAST). Sekolah tersebut pertama kali didirikan di kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat dan telah mempunyai 24 cabang di seluruh Indonesia. Siswa Johnny Andrean School and Training banyak berasal dari luar Jakarta. JAST membuka kelas salon dan makeup mulai dari tingkat dasar hingga profesional.


Tak hanya seputar salon dan makeup, siswa juga mendapatkan bekal berupa soft skill yang berguna untuk menghadapi pelanggan. Untuk mencapai tingkat profesional, siswa JAST harus mengikuti kursus selama kurang lebih 145 hari. Setelah lulus, siswa Johnny Andrean School and Training akan memperoleh sertifikat diploma. Dengan bekal yang dimiliki, mereka dapat berbisnis salon sendiri atau bekerja di salon milik orang lain.

Johnny Andrean School & Training

Website: www.johnnyandrean.com
Instagram: @johnnyandreansalon

4. Irwan Team Academy

Daftar tempat kursus sekolah belajar makeup hairdressing salon kecantikan terkenal
Sekolah kecantikan Indonesia | Foto: Instagram/@irwanteamacademy

Irwan Rovani Doke mulai menyukai tata kecantikan rambut sejak ia masih kuliah di Jerman. Di negara itu pula, Irwan mulai memperdalam tata rambut dan berlatih untuk menjadi seorang hairdresser profesional. Sekembalinya ke Indonesia, ia membuka salon pertamanya pada tahun 1986 dengan nama Irwan Team Hair Design. Kini, salon Irwan Team telah berkembang hingga 14 cabang di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Untuk mempersiapkan sumber daya yang andal di bidang kecantikan rambut, dibukalah Irwan Team Academy. Sekolah ini menawarkan Diploma Programme, Short Course, dan Special Class. Program diploma yang terbuka bagi umum ditawarkan seharga Rp34 juta, materinya mulai dari tingkat dasar hingga mahir.

Baca juga:

Sedangkan kelas Short Course terdiri dari Creative Class, Contemporary Class, dan Fundamental Class. Kelas ini ditawarkan untuk mereka yang telah memiliki pengalaman bekerja sebagai hairdresser selama 2 – 3 tahun. Ada juga Special Class yang terdiri dari Basic Cutting, Makeup, Cut & Color Parade, dan Perm & Styling Parade.

Irwan Team Academy

Website: www.irwanteam.com
Instagram: @irwanteamacademy

5. Arman Armano Academy

Daftar tempat kursus sekolah belajar makeup hairdressing salon kecantikan terkenal
Sekolah kecantikan Indonesia | Foto: Instagram/@armanarmano_academy

Meski tidak pernah belajar secara formal tentang kecantikan, namun Arman Armano mampu menjadi makeup artist yang sukses. Berkat ketenarannya sebagai MUA, Arman Armano sering diundang untuk menjadi narasumber atau pembicara pada event-event workshop. Karena sering memberikan materi workshop, lama-lama Arman Armano mengaku merasa menikmati mengajar.

Ia pun lantas mendirikan Arman Armano Academy pada tahun 2018 yang menawarkan kelas-kelas makeup. Adapun kelas makeup di Arman Armano Academy terdiri dari Basic Makeup Class, Intermediate Makeup Class, Advanced Makeup Class. All in One Makeup Class, dan Professional Makeup Class. Selain itu, ada pula Fashion Photography & Fantasy Makeup Class, Weekend Makeup Class serta Super Exclusive 1 Year Program.

Terobosan pun dilakukan dengan menggelar Arman Armano Makeup Award (AAMA) yang digelar pertama kali pada tahun 2019. Acara ini bertujuan untuk memacu para MUA dalam bekerja untuk menghasilkan karya. Penjuriannya pun dilakukan oleh para profesional di bidang kecantikan.

Arman Armano Academy

Website:
Instagram: @armanarmano_academy