Home Travel Beaches Pantai Tanjung Kelayang, Keindahannya Menggoda Untuk Disambangi

Pantai Tanjung Kelayang, Keindahannya Menggoda Untuk Disambangi

pantai tanjung kelayang bangka belitung tempat destinasi wisata terbaik traveler backpacker liburan where to go dekat penginapan hotel pergi ke mana lokasi arah tujuan
travel.tribunnews.com

Highlight.id – Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu objek wisata Belitung yang paling digemari dan memiliki tingkat kunjungan wisatawan yang sangat tinggi. Tak heran jika Pantai Tanjung Kelayang menjadi objek wisata unggulan khususnya di Kabupaten Belitung. Pantai Tanjung Kelayang Belitung terletak di desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Kurang lebih 27 km dari pusat kota Tanjung Pandan jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat yang memakan waktu kurang lebih 30-40 menit saja.

Pesona keindahan Pantai Tanjung Kelayang sangatlah lengkap. Pantai berpasir putih, lautan biru jernih dan dihiasi batuan granit raksasa yang ajaib yang bentuknya sangat mirip dengan kepala burung garuda. Menurut cerita rakyat setempat, batu tersebut dipercaya memiliki kekuatan mistis.




Nama “Tanjung Kelayang” yang diberikan untuk pantai ini dikarenakan di sekitar pantai banyak terdapat burung kelayang. Pemandangan burung-burung kelayang yang menghiasi langit pantai dapat dinikmati pada pagi hari, membuat pemandangan matahari terbit menjadi semakin indah.

Kalian bisa juga bermain air, sambil berenang melihat ikan-ikan karena airnya sangat jernih. Di bagian ujung pantai, pemandangan juga tak kalah menakjubkan. Ada jembatan yang sengaja dibangun bagi para pengunjung supaya leluasa menikmati keindahan Pantai Tanjung Kelayang. Dari jembatan itulah, setidaknya dari jarak yang lumayan dekat, kalian bisa menyaksikan bebatuan yang berbentuk kepala burung garuda.

Baca juga:

Di samping itu, dari jembatan ini kalian juga bisa memancing, seraya melihat ikan-ikan yang berkeliaran dibawah air laut yang jernih. Menjelajahi Pantai Tanjung Kelayang, dijamin akan terpesona dengan kecantikannya yang tidak bisa ditemukan di daerah lain di Indonesia. Apalagi saat momen matahari tenggelam atau biasa disebut sunset, berlatar kapal-kapal nelayan sang surya tenggelam dengan indahnya.

Pada tanggal 15 Maret 2016, Tanjung Kelayang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016, dengan kegiatan utama di bidang pariwisata. KEK Tanjung Kelayang dengan lahan seluas 324,4 hektare merupakan KEK ke-9 yang ditetapkan pemerintah sampai tahun 2016.

pantai tanjung kelayang bangka belitung tempat destinasi wisata terbaik traveler backpacker liburan where to go dekat penginapan hotel pergi ke mana lokasi arah tujuan
lampungpro.com

Pantai ini merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi di samping Pantai Tanjung Tinggi. Tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, pengunjung juga dapat menemukan Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar.

Tanjung kelayang merupakan juga tempat start jika Kalian ingin tur ke pulau-pulau kecil di sekitar Tanjung Kelayang, seperti pulau Lengkuas, pulau Burung, pulau Batu Berlayar. Di sekitar pantai terdapat banyak perahu nelayan yang bisa disewa.


Dengan jarak yang begitu dekat dari pantai, perjalanan dengan perahu kurang lebih 30 menit dan kalian bisa berjalan mengitari pulau-pulau yang tidak berpenghuni itu karena sepanjang pulau dikelilingi oleh pasir putih. Jangan lupa membawa persediaan air minum dan snack karena tidak ada air minum dan tidak ada orang di pulau-pulau itu. kecuali di pulau Lengkuas, kalian akan mendapati penjaga mercusuar yang sangat ramah, tapi tetap walaupun pulau ini berpenghuni, mereka tidak menyediakan air minum.

Dengan nuansa pantai yang cukup menakjubkan, pastinya membuat wisatawan betah berlama-lama di sana. Berpasir pantai yang putih dan dipadukan dengan jejeran batu granit dengan bentuk yang unik menjadi suatu kebanggaan dan ciri khas pantai ini. Air lautnya cukup bersih, jernih dan ombaknya pun cukup tenang. Sehingga sangat memungkinkan bagi wisatawan untuk melakukan kegiatan renang atau sekedar bermain-main di tepi pantai.

Fasilitas di Pantai Tanjung Kelayang Belitung saat ini sudah cukup memadai. Di sana terdapat banyak toilet, warung sederhana dan bahkan juga tersedia beberapa cottage sederhana yang siap disewakan untuk wisatawan yang ingin bermalam di sana. Penginapan yang tersedia cukup nyaman. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau.

Peta Lokasi Pantai Tanjung Kelayang




Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here