Home Beauty 6 Kursus Fashion Design di Jakarta Paling Bonafid

6 Kursus Fashion Design di Jakarta Paling Bonafid

Kursus fashion design Jakarta
Ilustrasi fashion designer | Foto:

Highlight.ID – Jika kamu adalah orang yang punya hobi merajut mimpi hingga setinggi langit, tidak masalah. Asalkan selalu diiringi doa dan usaha pantang menyerah ketika kamu harus ‘jatuh’ berkali-kali. Pasalnya, merajut mimpi butuh orang-orang yang punya mental baja. Itu juga yang dilakukan oleh perancang kelas dunia semacam Christian Dior, Coco Chanel dan teman-temannya di dunia fashion.

Jakarta sebagai kota megapolitan menjadi barometer fashion di Indonesia. Banyaknya tempat kursus fashion design di Jakarta menjadi jalan bagi siapa saja untuk membangun kariernya sebagai desainer fesyen. Para perancang tanah air pun telah membuat gebrakan baru yang mencengangkan fashion dunia di beberapa ajang internasional. Jadi, mari simak sekolah fashion design terbaik yang ada di Jakarta berikut ini yuk!

Sekolah Fashion Terbaik di Jakarta

1. ESMOD Jakarta

Kursus mode yang berlokasi di Jalan Asem II No 3-5, Cipete ini tidak bisa dibilang biasa-biasa saja. Hadirnya Esmod Jakarta sejak tahun 1996 telah melahirkan perancang mode yang mampu berkarya di industri mode tanah air hingga mancanegara lho. Kerennya lagi, Esmod merupakan sekolah bertaraf internasional yang sebenarnya berpusat di Paris, Prancis. Jadi kamu tidak salah jika menjatuhkan pilihan pada kursus mode satu ini.

Namun, jika kamu masih belum seratus persen percaya akan hasil karyamu, kamu bisa kok ikut kelas Beginner. Kelas ini menyediakan tiga pilihan, yaitu Basic Sewing, Basic Pattern Drafting hingga Basic Fashion Design. Tapi bila kemampuan kamu sudah diatas Beginner, maka ambil kelas Intermediate yang juga menyediakan beberapa pilihan, di antaranya Intermmediate Pattern Drafting, Intermediate Fashion Design dan Kebaya lho.

Baca Juga:
4 Kampus Negeri Pilihan untuk Kuliah Fashion Design

Semuanya mempunyai kelas berdasarkan kemampuan masing-masing. Walaupun kamu adalah seorang yang sudah ahli dalam hal merancang, kamu juga bisa mengambil kelas Experts yang menyediakan beberapa pilihan seperti Advanced Pattern Drafting, Advanced Fashion Design hingga Couture. Kamu pun dapat menyelesaikan kelas ini hanya dalam waktu setahun saja lho.

ESMOD Jakarta

Website: www.esmodjakarta.com
Instagram: @esmodjakarta

2. Sparks Fashion Academy

Ada hal yang istimewa pada kursus mode satu ini. Pasalnya, kurikulum yang disediakan oleh Sparks Fashion Academy (SFA) merupakan kurikulum yang sesuai dengan sumber daya dan industri fashion di tanah air. Ditambah hubungan kerjasama yang terjalin dengan lembaga fashion terkemuka di Thessaloniki, Yunani, SITAM AB ini menjadikannya sebagai tempat kursus unggulan di Jakarta lho. Kamu pun tidak perlu ragu untuk mendaftarkan diri, karena SFA merupakan sekolah mode satu-satunya di Indonesia yang menerapkan Telestia AB dan mendapatkan akreditasi langsung dari World Textile Institute.

Ternyata SFA menyediakan kelas bagi anak-anak, remaja hingga dewasa lho. Program yang ditawarkan yaitu Academic Professional Fashion Programs, Fashion Exploration Program, dan Fashion Business Programs. Jadi jangan ragu ketika harus bermasalah dengan umur ya.

Program-program itu juga dibagi menjadi beberapa bagian. Contohnya saja untuk Academic Professional Fashion Program yang dibagi menjadi Creative Art Fashion, Creative Fashion Drawing, Pattern Construction and Sewing, Creative Sewing, Holiday Fashion Program hingga 2 Days Program. Sedangkan untuk Fashion Exploration Program dibagi menjadi General Progessional Fashion Program dan Specialized Professional Fashion Program.

Sparks Fashion Academy

Website: www.sparksfashionacademy.com
Instagram: @sparksfashionacademy

Kursus fashion design Jakarta
Sekolah fashion design terbaik | Foto: freepik.com

3. LaSalle College International Jakarta

Kenapa harus jauh-jauh ke Paris untuk sekolah mode bila Jakarta menyediakan tempat berkualitas semacam LaSalle College International Jakarta? LCI yang merupakan perguruan tinggi internasional di Kanada ini layak diperhitungkan lho, karena program kursus yang mereka miliki bersertifikat. Bahkan kamu dapat mendaftarkan diri secara online.

Namun, ada suguhan yang berbeda dari LCI Jakarta. Kamu tidak akan diberikan soal desain saja, tapi juga ada program andalan mereka, yaitu Fashion Business dan Fashion Design. Jadi kamu tidak akan merasa bosan ketika mengikuti sekolah mode ini, guys. Lewat program-program tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak pelajaran dan mendapatkan gelar Bachelor (D4).

Salah satunya program Fashion Business yang dibagi menjadi Retail Manager Certificate dan Buyer Certificate. Sedangkan untuk Fashion Design dibagi menjadi Patternmaker Certificate dan Stylist / Illustrator Certificate. Atau kalau kamu penasaran silakan langsung datang ke tempatnya di Sahid Office Boutique deh.

LaSalle College

Website: www.lasallecollege.ac.id
Instagram: @lasalleindonesia

4. Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budiharjo

Bisa dibilang, LPTB Susan Budiharjo merupakan sesepuh sekolah mode Tanah Air. Nama Susan Budiharjo pun sudah dikenal di dunia fashion Indonesia, bahkan di kalangan perancang busana senior lho, guys. Dari kecintaannya terhadap dunia fashion inilah dia pun melebarkan sayap dengan membuka Lembaga Pengajaran Tata Busana Susan Budiharjo di tahun 1980 silam. Hal ini agar para pemimpi dapat meraih cita-cita mereka untuk menjadi seorang fashion designer. Selain di Jakarta, LPTB Susan Budiharjo juga membuka tempat kursusnya di kota Semarang dan Surabaya.

Di LPTB Susan Budiharjo ini, kamu bisa memilih program sesuka hati, karena kelas-kelas yang dimilikinya beragam lho, guys. Ada kelas Anatomy Drawing Class, Textile Design Class, Sewing & Pattern Making Class, Fashion Design Class, Fashion History Class hingga Computer Design Class. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memilih kelas Moulage, Textile Design Industry, Fashion Research, Monumental Textile, Grading, Visual Merchandising dan Textile Printing lho. Semuanya up to you!

LPTB Susan Budiharjo

Website: www.susan-budihardjo.com
Instagram: @lptbsusanbudihardjo_official

5. Bunka School of Fashion

Nah, bagi kamu pecinta Jepang karena fashion nyentriknya, sekarang sudah ada sekolah mode yang didirikan di Jakarta, tepatnya di Jalan Pembangunan, Gambir. Sebenarnya Bunka School of Fashion sendiri dibangun di Tokyo, Jepang, karena kesuksesannya terhadap dunia fashion akhirnya Bunka dapat menyebar di seluruh belahan dunia. Tidak tanggung-tanggung, sekolah mode ini juga menyediakan program Fashion Division yang sengaja dibuat untuk murid dasar hingga mahir lho, guys.

Adapun program Fashion Division terdiri dari pembelajaran pola, fashion design, fashion handycraft, teknik menjahit, pop cutting hingga merchandising. Namun untuk menyelesaikan kelas ini kamu harus berkutat selama delapan tahun lamanya. Tapi berbeda jika kamu mengambil kelas private yang dapat diselesaikan dalam waktu enam bulan hingga satu tahun.

Bunka School of Fashion

Website: www.bunkaschooloffashion.com
Instagram: @bunkaschooloffashion

Baca Juga:
7 Sekolah Fashion Design Terpopuler di Dunia, Ada di Paris Hingga New York

6. Phalie Studio

Salah satu kunci sukses tempat kursus yang berdiri sejak 2003 ini adalah memajukan Sumber Daya Manusia di bidang fashion. Bahkan Phalie Studio mendirikan SAMASAMA yang merupakan sebuah komunitas untuk fashion designer yang ingin belajar memulai bisnis di bidang fashion melalui proses pendampingan. Phalie Studio juga telah membuka cabang di kawasan Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk dan BSD lho. Menariknya lagi, meskipun kamu masih berstatus siswa SMU yang notabene masih belum lulus bisa kok belajar di sini.

Supaya tekad kamu semakin kuat, Phalie Studio sering mengadakan forum workshop. Di situ kamu akan diajari tentang tekstil, workshop tentang bagaimana bisnis fashion melalui e-commerce, dan yang tidak kalah penting kamu akan diajari bagaimana menulis blog untuk dunia fashion tanah air.

Pembelajarannya sendiri tidak memerlukan banyak siswa, jadi cukup tiga hingga enam orang saja. Menurut Firman Lie, pendiri Phalie Studio, dunia desain lebih kepada individual. Masing-masing mempunyai kebutuhan yang berbeda. Jadi dibutuhkan pendekatan yang sifatnya lebih konsultatif.

Program yang bisa diambil seperti Fashion Design di mana kamu bisa mempelajari: Figure Anatomy for Fashion, Basic Fashion Design, Textile Design, Flat Patternmaking, Color Theory and Application, dan Fashion Management. Selain itu, kamu juga bisa memperdalam ilmu Creative Design Experimentation, Design Concept Development, Drape Pattermaking, Trends and Concepts in Apparel, dan Fashion Portfolio.

Phalie Studio

Website: www.phaliestudio.com
Instagram: @phaliestudio

So, mana yang kamu pilih, guys? Kapan lagi kamu bisa menyalurkan bakat terpendammu. Memasuki kelas mode adalah langkah awal untuk memulai segalanya dari awal lho. Walaupun kamu sudah ahli dalam mendesain, tidak ada salahnya untuk mengasahnya lebih dalam. Jadi, sudah siap mendaftari di salah satu kursus fashion design di Jakarta?