Home Arts Taman Pintar, Tempat Berekreasi Sekaligus Belajar Sains dan Sosial Budaya

Taman Pintar, Tempat Berekreasi Sekaligus Belajar Sains dan Sosial Budaya

tempat objek destinasi pariwisata unggulan favorit taman pintar kota yogyakarta terkenal dekat malioboro kraton 0 kilometer harga tiket masuk htm jam buka wahana permainan terbaru fasilitas peta lokasi
Taman Pintar Yogyakarta | Foto: Dok. Highlight.ID

Highlight.ID – Dikenal sebagai Kota Pelajar sekaligus Kota Wisata, Yogyakarta memiliki objek wisata unggulan, yakni Taman Pintar. Tak hanya sekadar destinasi wisata favorit kota Yogyakarta yang sangat cocok untuk keluarga, Taman Pintar juga menawarkan pengalaman baru yang edukatif dan menyenangkan.

Deretan alat peraga sudah terlihat begitu pengunjung masuk area Playground Taman Pintar. Koridor air yang terletak di bagian barat membentuk sebuah lorong yang mengantarkan wisatawan ke gedung Taman Pintar. Di sini, pengunjung sudah dapat merasakan nuansa sains, sosial, dan budaya yang sangat kental. Belum lagi, ketika memasuki gedung Taman Pintar di mana ada ribuan alat peraga yang bisa dimainkan.

Science Center dan Wisata





Terletak di eks kawasan Shopping Center, proyek Taman Pintar  mulai dicanangkan pada tahun 2004. Kemudian tahun 2006 mulai dilakukan pembangunan yang terdiri dari beberapa tahap. Tahap I, pembangunan Playground, Gedung PAUD Barat dan PAUD Timur yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) pada waktu itu, Bambang Soedibyo pada tanggal 20 Mei 2006.

Selanjutnya, dilakukan pembangunan Tahap II yang meliputi Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I. Setelah itu, pembangunan Tahap III yakni Gedung Kotak lantai II dan III, Tapak Presiden, dan Gedung Memorabilia. Akhirnya, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan Taman Pintar pada tanggal 16 Desember 2008 setelah tahapan pembangunan selesai semuanya.

Baca juga:

Afia Rosdiana selaku Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, kepada Highlight.ID mengatakan, “Taman Pintar ini (merupakan) wahana ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains. Bisa dikatakan, Taman Pintar ini (adalah) Science Center atau Pusat Ilmu Pengetahuan yang menggabungkan unsur edukasi khususnya sains dan wisata.”

Taman Pintar yang memiliki logo berupa kembang api itu sendiri berada di lokasi yang sangat strategis. Berdekatan dengan Malioboro, Kraton Yogyakarta, Beteng Vredeburg, dan kawasan 0 kilometer. “Alhamdulillah, sampai sekarang Taman Pintar menjadi salah satu ikon wisata edukasi di Jogja. Belum ke Jogja kalo belum ke Taman Pintar,” kata Afia.


Ia menambahkan, “Taman Pintar ini tujuannya bagaimana memotivasi masyarakat untuk cinta atau sadar terhadap ilmu pengetahuan. Nanti pengetahuan itu bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.” Selain itu, Taman Pintar juga berupaya menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan. Salah satu caranya yakni dengan menggabungkan unsur kebudayaan dengan teknologi.

Wahana Permainan

“Saat ini Taman Pintar memiliki 54 wahana dengan lebih dari 1.300 alat peraga. Kita (Taman Pintar) punya tagline ‘Mencerdaskan dan Menyenangkan’. Jadi, masyarakat bisa berwisata ke Taman Pintar, tapi juga ikut belajar tidak hanya terkait dengan sains tapi juga ilmu sosial,” ujar Afia.

tempat objek destinasi pariwisata unggulan favorit taman pintar kota yogyakarta terkenal dekat malioboro kraton 0 kilometer harga tiket masuk htm jam buka wahana permainan terbaru fasilitas peta lokasi
Taman Pintar Yogyakarta | Foto: Dok. Highlight.ID

Menurut penjelasan Afia, Taman Pintar memiliki perbedaan dengan science center lainnya. Di Taman Pintar, pengunjung selain dapat mempelajari ilmu pengetahuan alam juga dapat melihat kebudayaan khususnya Yogyakarta secara umum. “Orang berkunjung ke Taman Pintar ini diharapkan tambah pinter, menambah ilmu. Tidak hanya main-main aja di sini, tapi kita banyak sekali wahana dan alat peraga yang menginformasikan edukasi terkait dengan sains,” jelas dia.

Afia menjelaskan bahwa wahana yang ada di Taman Pintar 80% di antaranya dapat diperagakan secara langsung sehingga dapat menunjang pelajaran di sekolah. Selain berkaitan dengan sains, Taman Pintar juga menampilkan beragam wahana edukasi tentang kebudayaan. “Di Taman Pintar ini, kita menginformasikan terkait dengan budaya, sehingga kita ada namanya Zona Indonesiaku, Zona Kasultanan Jogja, Zona Kepresidenan dan sebagainya,” tuturnya.

tempat objek destinasi pariwisata unggulan favorit taman pintar kota yogyakarta terkenal dekat malioboro kraton 0 kilometer harga tiket masuk htm jam buka wahana permainan terbaru fasilitas peta lokasi
Taman Pintar Yogyakarta | Foto: Dok. Highlight.ID

Ketika pengunjung memasuki area Taman Pintar sudah terlihat nuansa edukasi dan kultural. Di area Playground bagian barat Taman Pintar terdapat beberapa wahana edukasi yang mengajarkan kita tentang kebudayaan seperti Kampung Kerajinan. Di Kampung Kerajinan tersebut, anak-anak atau pengunjung dapat belajar membatik, membuat gerabah, dan melukis kaos. Menariknya, bahan dan alat serta hasil karya  tersebut dapat dibawa pulang.

Afia menambahkan, “Bahkan di tengah (area Playground) itu ada laminer, yang air mancur itu, ada namanya Tapak Kepresidenan. Di situ mengedepankan sains, sosial, dan budaya.” Tapak Kepresidenan tersebut menampilkan tapak asli Presiden Republik Indonesia mulai dari Soeharto hingga Jokowi. Ketika disentuh, Tapak Kepresidenan yang dilengkapi dengan sensor akan mengeluarkan rekaman suara Presiden RI yang berisi pesan-pesan untuk masyarakat.

tempat objek destinasi pariwisata unggulan favorit taman pintar kota yogyakarta terkenal dekat malioboro kraton 0 kilometer harga tiket masuk htm jam buka wahana permainan terbaru fasilitas peta lokasi
Taman Pintar Yogyakarta | Foto: Dok. Highlight.ID

Taman Pintar terbagi menjadi beberapa wahana, salah satunya yakni Playground yang berada di bagian luar gedung. Untuk memasuki Playground, pengunjung tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Beberapa alat peraga di Playground seperti Pipa Bercerita, Permainan Putaran, Jungkat Jungkit, Dinding Berdendang, Terowongan Pohon, Air Menari, Pembangkit Listrik Tenaga Matahari, dan sebagainya.

Sedangkan Science Theater, Planetarium, Gedung Kotak, dan Gedung Oval dikenakan biaya tiket masuk.”Dalam satu tahun itu lebih kurang 1 juta pengunjung. Itu yang kita lihat dari yang masuk ke dalam gedung,” ungkap Afia.

Wahana menarik lainnya yakni Planetarium di mana wisatawan dapat melihat suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari. Terdapat proyektor digital berbentuk kubah yang memperagakan tata surya dan benda-benda langit seperti planet atau meteor. Selain itu, pengunjung yang dikenakan harga tiket masuk Rp. 22 ribu untuk semua umur dapat menonton film tentang perjalanan manusia di bulan.


Terdapat pula gedung PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Taman Pintar yang terbagi menjadi PAUD Barat dan PAUD Timur. Gedung PAUD Taman Pintar ini menampilkan beragam alat peraga pendidikan untuk anak-anak berusia 2 sampai 7 tahun. PAUD Barat terdiri dari Sains dan Teknologi, Religi dan Budaya, Ruang Profesi, dan Perpustakaan. Sedangkan PAUD Timur memiliki Ruang Flora & Fauna, Komputer Kids & Puzzle, Ruang Pertunjukan, dan Ruang Petualangan.

Pengembangan Wahana

Dengan luas 1,2 hektar, Taman Pintar mempunyai strategi khusus agar wisatawan tidak bosan berkunjung, salah satunya yakni dengan memperbarui alat-alat peraga yang ada. Dengan demikian, selalu ada wahana yang baru di Taman Pintar. Afia menjelaskan, “Dalam satu tahun, ada 3 wahana yang kita refresh, perbarui maupun kita ganti.”

“Setiap tahun kita ada evaluasi, mana zona yang informasinya sudah terlalu tua, yang harus diganti dan mana zona yang masih relevan,” jelasnya. Untuk pengembangan wahana, Taman Pintar juga bekerja sama dengan beberapa pihak baik dari Pemerintah maupun swasta.

Afia memaparkan, “Kita ada MoU (memorandum of understanding) per 3 tahun. Setiap tahun itu, harus ada refresh informasi. Kalo zona itu sudah dianggap tidak menarik lagi, informasinya sudah tidak relevan, nanti bisa kita ganti.”

“Kita ada (wahana) yang baru namanya Zona Teknologi Populer. Nanti bisa maen VR (virtual reality) dan AR (augmented reality),” imbuhnya. Selain itu, ada wahana dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menampilkan simulasi gempa. Simulasi gempa Yogyakarta dan Padang yang berupa rumah tersebut skala richter-nya bisa dipilih sesuai keinginan.

Baca juga:

Lewat simulasi gempa itu, Taman Pintar bersama BMKG berupaya menumbuhkan kesadaran mitigasi bencana di kalangan masyarakat. “Memang tujuan kita bukan hanya orang main simulasi gempa, trus sudah. Tetapi ada informasi, ketika gempa, apa yang harus kita lakukan,” paparnya.

“Ada juga zona KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), namanya Zona Sahabat Pemberani (tentang) bagaimana kita mencoba untuk mengedukasi masyakarakat. Kita harus berani untuk berlaku jujur dan memiliki integritas,” jelas dia.

Bagi pengunjung yang suka selfie atau berfoto ria, terdapat beberapa spot-spot menarik. Misalnya Zona 180 derajat dan Zona 90 derajat yang merupakan wahana terbaru Taman Pintar. Fasilitas lainnya yang tak kalah menarik yaitu Perpustakaan yang menyimpan ribuan koleksi buku. Di perpustakaan ini, biasanya, para orang tua menunggu anak-anak yang sedang bermain.

Taman Pintar juga rutin menggelar beberapa event seperti workshop, kompetisi atau lomba sebagai bagan dari progam pemasaran. Selain itu, Taman Pintar melakukan kegiatan outreach, bekerja sama dengan pemerintah daerah terutama di wilayah Jawa Tengah. Lewat program itu, sekolah-sekolah yang dikumpulkan oleh pemerintah daerah setempat dapat melihat peragaan teknologi yang dilakukan oleh Taman Pintar.

Menurut Afia, pihak Taman Pintar bersama Pemerintah Kota Yogyakarta berencana mengembangkan Taman Pintar 2 dengan konsep yang berbeda. Taman Pintar 2 yang berada di kawasan Selatan Yogyakarta tersebut ditargetkan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2022. “Harapannya, Taman Pintar dapat melayani masyarakat lebih baik lagi (dengan) peningkatan tidak hanya fasilitas, tapi juga kualitas keilmuan,” tutupnya.

Taman Pintar Yogyakarta

Alamat: Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Telepon: 0274-583-631
Website: www.tamanpintar.co.id
Email: [email protected]
Instagram: @tamanpintar_yogyakarta

Peta Lokasi




Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here