Home Lifestyle Entertainment Danau Toba, Antara Mitos Rakyat dan Keajaiban Alam yang Menakjubkan

Danau Toba, Antara Mitos Rakyat dan Keajaiban Alam yang Menakjubkan

tempat tujuan destinasi wisata danau toba sumatera utara paling bagus terbaik populer medan lokasi liburan traveling pergi ke mana where to go peta arah dekat penginapan
beritasatu.com

Highlight.id – Tak perlu didebat lagi kalau Danau Toba adalah yang terbaik di sektor wisata Sumatera Utara. Rasa-rasanya, seluruh dunia sudah tahu bagaimana eloknya wisata Medan ini. Tapi ada predikat menarik dari kawasan wisata Danau Toba, yaitu danau terdalam di dunia.

Catatan lain, untuk kategori vulkanik, Danau Toba ada di urutan pertama sebagai yang terbesar. Sedang untuk kategori non vulkanik, Danau Toba ada di peringkat dua. Panjang Danau Toba 100 km, dan lebar 30 km. Tak heran kalau ada yang menyebut luas Danau Toba setara negara Singapura.

Kearifan lokal berpadu apik dengan tatanan alamnya. Didominasi lanskap dataran tinggi dan perairan, Danau Toba serasa jadi tempat yang pas untuk usir penat. Atraksi yang ditawarkan Danau Toba bisa dibilang lengkap, apalagi jika berkaitan dengan alamnya.

Bentang alam Danau Toba didominasi deretan pohon pinus dan enau berjejer elok untuk menyambut siapapun yang datang. Untuk fauna, semacam ada pemisahan antara bagian Utara yang dominan dengan jenis primata saja, sedang bagian Selatan ada ingkir, tapir, lingur, dan lainnya.

Baca juga:

Sudah begitu, tercatat ada tujuh kabupaten yang secara resmi memiliki kawasan wisata Danau Toba. Tentu saja, ini karena Danau Toba sangat luas. Dengan bentang alam yang sedemikian luas, sudah pasti Danau Toba punya banyak hal yang bisa diulik.

Legenda Danau Toba yang Masyhur

Di luar negeri, Danau Toba dikenal lewat eksotisme dan keajaiban alam yang ditawarkan. Di tanah air, Danau Toba lebih masyhur karena legenda yang mengiringi. Rasanya, siapapun yang pernah duduk di bangku sekolah pasti tahu cerita rakyat Danau Toba yang penuh pesan itu.

Konon, kisah bermula saat seorang ayah bernama Toba mengucap sumpah serapah ke anaknya yang bernama Samosir. Sebabnya, Samosir justru memakan kiriman makanan yang harusnya diberikan ke Toba. Dalam sumpah serapah yang diucap, ternyata ada satu larangan yang dilanggar.

tempat tujuan destinasi wisata danau toba sumatera utara paling bagus terbaik populer medan lokasi liburan traveling pergi ke mana where to go peta arah dekat penginapan
brilio.net

Bahwa dalam perjanjiannya, Toba tak boleh menyebut asal usul istrinya di kesempatan apapun. Seperti diketahui, istri Toba merupakan jelmaan ikan. Melanggar sumpah berarti akan ada bencana besar, yaitu berupa bencana air yang tak terhitung jumlahnya.

Air lalu menggenangi semua daratan hingga membentuk danau, yang kemudian disebut Danau Toba. Pada selanjutnya, semua sudah tahu bagaimana Danau Toba kembali melegenda meski bukan karena mitosnya. Tapi berkat sensasi alam yang dihadirkan.

Atraksi Danau Toba yang Populer

Untuk bisa populer seperti saat ini, Danau Toba tentu punya atraksi yang spesial. Itu pula sebabnya Danau Toba jadi andalan wisata Sumatera Utara, lebih-lebih untuk Wisata Medan. Salah besar kalau menganggap cuma ada danau, masih ada ragam atraksi lain yang bisa dinikmati.

Yang sangat fenomenal dari Danau Toba tentu Pulau Samosir. Destinasi ini begitu mudah dikenali karena letaknya ada di tengah Danau Toba. Inilah daya tarik utama sekaligus spot paling populer dari lanskap keseluruhan Danau Toba. Selain alamnya, beragam atraksi budaya juga bisa ditemui di sini.

Tak kalah menawan, ada Pantai Lumban Silintong Balige. Spot ini makin eksotis kala sore hari saat matahari beranjak tenggelam. Kawasan ini begitu meriah lewat deretan kafe dan riuhnya anak-anak kecil yang siap melompat ke danau saat ada pengunjung yang melempar koin.

Kalau mau melihat wisata Danau Toba dari sudut lain, coba datangi Bakara. Kerlip cahaya yang memantul di permukaan Danau Toba bisa terekam indah di sini. Tak ketinggalan, Bakara juga punya spot mancing yang begitu populer. Sudah pasti, sajian ikan laut merupakan andalan di Bakara.

Lain hal kalau mau mengabadikan lanskap Danau Toba dari ketinggian 900 mdpl. Tongging yang ada di bagian utara Danau Toba merupakan spot terbaik. Selain view yang menghipnotis mata, semilir angin memberi sensari rileks tak terhingga. Spot lain yang bisa disambangi di Tongging yaitu Air Terjun Sipiso-Piso, yang merupakan satu di antara air terjun tertinggi di Indonesia.

Wisata Danau Toba seolah menyajikan paket super lengkap buat siapapun. Masih ada banyak spot lain yang tak kalah keren, dan tak masalah spot mana yang dipilih. Satu yang pasti, tetap menjaga kearifan lokal harus jadi yang utama.

Peta Lokasi Danau Toba