Home Travel National Parks Taman Nasional Ujung Kulon, Habitat Asli Badak Jawa yang Hampir Punah

Taman Nasional Ujung Kulon, Habitat Asli Badak Jawa yang Hampir Punah

tempat destinasi atraksi wisata taman nasional ujung kulon badak jawa barat terbaik paling terkenal populer peta lokasi tujuan arah traveling liburan where to go adventure alam natural satwa binatang
ladies.id

Highlight.id – Di ujung paling barat Pulau Jawa, sebuah lanskap wisata terhampar apik siap memanjakan mata yang lapar akan indahnya alam. Kawasan ini bernama Taman Nasional Ujung Kulon, atau biasa disebut wisata Ujung Kulon. Sebutan ini mengacu pada lokasinya yang ada di paling Barat (kulon) Pulau Jawa.

Taman Nasional Ujung Kulon punya deretan pulau kecil, dan tiap pulau punya magnet sendiri. Begitu banyak atraksi yang tersaji di tiap pulau, seperti telusur hutan, kemah, snorkeling, memancing, dan ragam atraksi air lain. Beberapa pulau bahkan begitu populer dan jadi tujuan para penikmat alam.

Taman Nasional Ujung Kulon Sebagai Situs Warisan Dunia

Lalu apa yang menarik dari Taman Nasional Ujung Kulon? Banyak. Satu yang pasti, Taman Nasional Ujung Kulon masuk salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Tak mudah untuk bisa masuk daftar ini, itu berarti wisata Ujung Kulon punya sesuatu yang spesial.

Juga, tak perlu heran lagi kalau destinasi ini jadi andalan sektor wisata Jawa Barat. Buat para nature explorer, Taman Nasional Ujung Kulon sangat memenuhi kriteria. Semua terbilang lengkap, dari flora sampai fauna. Tentunya, masih ada banyak atraksi lain dari Taman Nasional Ujung Kulon.

Baca juga:

Taman Nasional Ujung Kulon juga jadi rumah Badak Jawa, yang di banyak kesempatan disebut-sebut sudah terancam punah karena cuma sisa 67 ekor di akhir 2017. Inilah satu di antara magnet terbesar dari Taman Nasional Ujung Kulon.

Mengutip dari Kompas.com, sampai saat ini ada sekitar 700 jenis tumbuhan di Taman Nasional Ujung Kulon, dan 57 di antaranya berjenis langka. Untuk fauna, sekurangnya ada 142 jenis ikan, 240 jenis burung, 59 jenis reptile, 5 jenis primata, 22 jenis amfibi, dan 35 jenis mamalia.

Sudah begitu, biaya yang dipatok untuk menikmati semua keindahan ini cukup murah. Data terakhir, harga tiket hari biasa yaitu Rp. 5.000 dan akhir pekan Rp. 7.500. Untuk akses ke Taman Nasional Ujung Kulon bisa ditempuh dari laut atau darat. Sayang, di beberapa ruas jalan kondisinya masih kurang bagus.

tempat destinasi atraksi wisata taman nasional ujung kulon badak jawa barat terbaik paling terkenal populer peta lokasi tujuan arah traveling liburan where to go adventure alam natural satwa binatang
travel.tribunnews.com

Atraksi Unggulan di Taman Nasional Ujung Kulon

Sebut saja Padang Cidaon dan Cibunar. Lokasi ini ibarat kebun binatang terbuka, dan ada banyak ragam hewan bisa ditemui di padang hijau luas ini. Lanskap Padang Cidaon dan Cibunar berupa hamparan hijau dengan sejumlah hewan yang dilepas-liarkan. Seolah padang ini arena bermain para satwa.

Masuk lebih dalam lagi, ada Sungai Cigenter yang sekilas penampakannya mirip sungai-sungai di Amazon. Diapit lanskap alam yang masih asri, susur Sungai Genter bisa menjadi atraksi yang begitu dramatis. Serasa masuk ke dimensi lain karena vegetasi lebat yang ada di pinggir Sungai Cigenter.

Meski begitu, satu yang jadi favorit para pelancong di Taman Nasional Ujung Kulon yaitu Pulau Peucang. Lankskapnya didominasi perairan jernih dan pantai pasir putih nan luas. Sudah begitu, lokasi ini juga menyediakan atraksi snorkeling. Keunggulan lain, akses ke Pantai Peucang juga mudah.

Bagi penggiat olahraga minat khusus seperti selancar air, Pulau Panaitan di kompleks wisata Ujung Kulon jadi destinasi yang pas. Ombak khas Samudera Hindia menyediakan tantangan yang tak bisa ditemui di pantai lain. Buat yang suka backpacker, mendirikan tenda sangat dianjurkan di sini.

Khusus penggiat trekking, Pulau Handeleum bisa menjadi destinasi pilihan. Lanskap pulau ini didominasi hutan tropis dengan rimbunan vegetasi yang masih alami. Terdapat jalur setapak yang bisa dipakai untuk telusur hutan. Hanya saja, pastikan selalu hati-hati dari ular dan rusa yang berkeliaran.

Jika trekking belum cukup bikin lelah, hiking bisa jadi opsi lain di Taman Nasional Ujung Kulon. Gunung Honje bisa memberi pengalaman baru lewat pemandangan yang dihadirkan. Bentang luas kawasan wisata Ujung Kulon bisa terabadikan dari sini. Tak kalah seru, satwa endemik Owa Jawa bisa dijumpai.

Wisata Jawa barat pasti terbantu dengan sekian banyak destinasi yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon. Apapun atraksi yang dipilih, baiknya tetap mempersiapkan diri dan selalu ikuti aturan keselamatan yang berlaku. Ini semua demi mendapat pengalaman dramatis yang paling maksimal.

Peta Lokasi Taman Nasional Ujung Kulon