Home Travel Beaches Tenangnya Suasana di Pantai Balangan, Menyatu dengan Panorama Sunset

Tenangnya Suasana di Pantai Balangan, Menyatu dengan Panorama Sunset

liburmulu.com

Highlight.id – Mungkin ketenarannya di telinga masyarakat awam masih kalah kalah dibandingkan pantai Bali lainnya seperti pantai Nusa Dua hingga pantai Jimbaran. Tetapi ketenangan dan alaminya Pantai Balangan menjadi satu perpaduan yang tidak bisa kamu dapatkan di pantai lainnya.

Di antara gugusan pantai selatan lainnya, Pantai Balangan tergolong sepi sehingga cocok bagi yang tidak begitu menyukai keramaian. Namun, Pantai Balangan punya prestasi karena pernah mendapat peringkat pertama di CNN Go untuk kategori “Bali’s Best 5 Hidden Beaches” yang dirilis Januari tahun 2012 silam.

Pantai Balangan berada di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Pantai Balangan memiliki jarak berkisar 15 kilometer dari Bandara Ngurah Rai. Jarak yang tergolong masih dekat dengan bandara tersebut membuatmu bisa dengan mudah melihat beberapa pesawat di kejauhan lalu lalang melewati Pantai Balangan.

Kendaraan yang bisa digunakan untuk sampai di Pantai Balangan tergolong banyak, mulai dari kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau kendaraan sewa, seperti taksi dan mobil sewaan baik dengan tambahan supir atau tidak. Kamu tidak dikenakan biaya masuk di Pantai Balangan, tetapi cukup dikenakan biaya parkir kendaraan berkisar hingga Rp5 ribu.

Baca juga:

Untuk bisa sampai dan merasakan pasir dan pantainya yang masih begitu alami, kamu terlebih dahulu harus melalui jalur tangga menurun bagi pejalan kaki yang membelah tebing sekitar 50 – 70 meter dari parkiran kendaraan. Begitu sampai, kamu baru bisa melihat kondisi pantainya yang alami dan landai dengan garis pantai berkisar satu kilometer, beberapa batu karang serta tumbuh suburnya banyak pohon kelapa. Semuanya menyatu menjadi sebuah panorama bernuansa tropis yang begitu indah.

Beragam aktivitas bisa kalian lakukan, mulai dari sekedar bersantai sambil berjemur di bangku yang sudah disediakan menghadap pantai, atau berselancar. Para wisatawan yang ingin memacu adrenalin dapat berselancar mengarungi ombak Pantai Balangan yang memang dikenal sebagai kawasan paling menantang. Sudah jadi pemandangan lumrah jika wisatawan asing dari berbagai negara, khususnya Australia yang sengaja mampir ke pantai ini hanya untuk mencicipi ombak terbaik Pantai Balangan.

Kemudian, di sisi timur Pantai Balangan, kamu juga bisa melihat pemandangan tebing kokoh nan indah yang menghadap laut dan pantai. Keberadaan tebing ini bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berfoto. Tetapi, bagi kamu yang ingin berkunjung langsung ke tebing tersebut hendaknya sangat berhati-hati. Karena tebing tersebut sangat tinggi dan di bagian tepinya tidak terdapat satu pun pengaman untuk melindungi diri dari kejadian yang tidak diinginkan, seperti terjatuh atau lainnya.

peta lokasi tempat destinasi wisata terbaik pulai bali pantai balangan uluwatu dekat bandara tujuan arah peta pergi ke mana liburan traveling where to go pemandangan paling populer terkenal
villa-bali.com

Matahari terbenam juga menjadi salah satu daya tarik yang bisa kamu nikmati di Pantai Balangan. Momen tersebut makin lengkap rasanya jika sambil bersantai di pinggir pantai dengan ditemani es kelapa yang menjadi sajian minuman khas Pulau Balangan. Atau, kamu juga bisa menikmati momen matahari terbenam spesial di atas tebing pantai. Di sana kamu juga bisa sekaligus melihat panorama indah Pantai Balangan dari ketinggian secara keseluruhan.

Jika kamu betah berlama-lama di Pantai Balangan dan ingin menginap, tinggal memilih beberapa jenis penginapan yang tersedia mulai dari hotel, cottage, hingga vila. Rumah makan atau restoran, hingga warung-warung makanan pun juga tersedia untuk memenuhi rasa lapar atau haus kamu selama berada di Pantai Balangan. Selain itu, masih ada fasilitas tempat pembilasan bagi kamu yang ingin mandi selepas bermain air di pantai.

Peta Lokasi Pantai Balangan