Home Travel Beaches Panorama Sunset yang Elok dan Memikat di Pantai Parangtritis

Panorama Sunset yang Elok dan Memikat di Pantai Parangtritis

tempat destinasi wisata pantai parangtritis terbaik paling populer favorit sunset paralayang bantul yogyakarta tujuan arah lokasi pergi ke mana where to go liburan traveling dekat penginapan hotel
anekatempatwisata.com

Highlight.ID – Pantai Parangtritis tak hanya dikenal karena ombaknya yang dahsyat dan panorama sunset-nya yang mempesona. Tapi juga, dipenuhi dengan nuansa kultural yang sangat kental disertai dengan bumbu mistis yang menyelimutinya.




Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya, selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Baca juga:

Letak tempat wisata pantai Parangtritis tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja (Yogyakarta). Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, sekitar 27 km dari Yogyakarta. Jika membawa kendaraan pribadi, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 – 45 menit.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Parangtritis bisa dicapai menggunakan transportasi umum. Kamu bisa naik bus jurusan Jogja – Parangtritis dari Terminal Giwangan atau dari Pojok Benteng Kulon (Jalan Parangtritis). Microbus ini hanya beroperasi hingga pukul 17.00 WIB.

tempat destinasi wisata pantai parangtritis terbaik paling populer favorit sunset paralayang bantul yogyakarta tujuan arah lokasi pergi ke mana where to go liburan traveling dekat penginapan hotel
wisataku.id

Hal menarik yang bisa kamu dapatkan di Pantai Parangtriris yaitu menaiki ATV (All-terrain Vehicle), ATV mungkin hanya cocok untuk mereka yang berjiwa petualang. Pilihan lain selain ATV yaitu adalah kereta kuda beroda dua. Menyusuri permukaan pasir yang mulus disapu ombak dengan kereta kuda beroda 2 ini tak kalah menyenangkan.

Kereta kuda ini akan membawa Kamu ke ujung timur Pantai Parangtritis tempat gugusan karang begitu indah sehingga sering dijadikan spot pemotretan foto pre-wedding. Senja yang remang-remang dan bayangan matahari berwarna keemasan di permukaan air semakin membangkitkan suasana romantis.


Salah satu keunggulan lainnya di Pantai Parangtritis yaitu kamu bisa menikmati proses sunset hingga benar-benar tenggelam. Pemandangan ini tidak akan terhalang oleh tebing atau pepohonan. Dengan keunggulan inilah, Kamu bisa membuat foto-foto yang unik dan menarik, atau bisa juga membuat foto-foto dramatis atau romantis lainnya yang sesuai dengan keinginan kamu.

Di Parangtritis juga terdapat pemandian yang disebut Parangwedang. Konon, air di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit di antaranya penyakit kulit karena air dari pemandian tersebut mengandung belerang. Air panas dari Parangwedang juga dialirkan ke Pantai Parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak.

Indahnya Pantai Parangtritis akan sangat terlihat jelas, ketika kamu menanjak ke arah bukit di sekitar Parangtritis. Kamu bisa menikmati keindahan alam pantai parangtritis hingga pantai Depok, melalui Bukit Parangendog. Bukit ini biasanya digunakan sebagai landasan pacu untuk olahraga paralayang.

Tidak banyak yang tahu mengenai lokasi ini. Hanya para  petualang sejati saja yang mengetahuinya, terutama para penggemar terjun payung atau paralayang. Namun bagi kamu yang takut akan ketinggian, sebaiknya jangan dilakukan. Atau bisa juga kamu tetap ikut naik ke atas, tapi hanya melihat dari kejauhan saja, tidak perlu ke tepi tebing.


Dan belum banyak orang tahu bahwa di sebelah timur tebing ini tersembunyi sebuah reruntuhan candi. Berbeda dengan candi lainnya yang terletak di daerah pegunungan, Candi Gembirawati hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. Untuk menuju candi ini, Kamu bisa melewati jalan menanjak dekat Hotel Queen of the South lalu masuk ke jalan setapak ke arah barat sekitar 100 meter. Sayup-sayup gemuruh ombak laut Selatan yang ganas bisa terdengar dari candi ini.

Di Pantai Parangtritis juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati, salah satunya adalah terdapat banyaknya hotel di berbagai lokasi Parangtritis yang bisa kamu jadikan sebagai penginapan dengan harga yang cukup bervariasi. Ada pula penginapan yang tersedia di atas bukit dengan view pantai yang sangat menakjubkan, hingga penginapan dekat bibir pantai. Penginapan tersebut bisa menjadi tempat rekomendasi untuk berbulan madu bersama pasangan.

Saat kamu berwisata tidak lengkap rasanya jika tidak membeli souvenir yang tersedia di tempat wisata yang kamu kunjungi, termasuk pantai Parangtritis. Ada beberapa toko yang menyediakan souvenir khas Jogja dan Bantul untuk dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Peta Lokasi Pantai Parangtritis




Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here