
Highlight.ID – Berbagai acara sangat lekat dalam kehidupan kita. Kamu tentu pernah mendatangi pesta ulang tahun atau pernikahan, bukan? Nah, itu ialah beberapa contoh event yang paling umum. Selain itu, ada pula acara dengan suasana lebih serius dan formal yang sering diadakan oleh perusahaan.
Dari sekian banyak acara, kita bisa membagi mereka menjadi 3 kategori utama. Pengategorian ini sangat berguna untuk mengidentifikasi acara yang akan kamu kelola. Adapun tiga kategori utama acara yakni acara privat (private event), acara perusahaan (corporate event), dan acara amal (charity event).
Jenis-jenis Event
1. Private Event
Acara privat umumnya dihadiri oleh sejumlah orang yang mendapatkan undangan secara khusus. Hadirin baik itu teman, keluarga, relasi merupakan orang yang sudah dikenal oleh penyelenggara. Mereka masuk dalam daftar undangan karena kehadirannya sangat diharapkan.
Tergantung pada jumlah hadirin, acara privat bisa dilaksanakan di berbagai tempat mulai dari rumah, kafe, restoran, ruang rapat hingga aula. Acara privat tidak bervariasi karena hanya orang-orang tertentu yang tahu dan bisa datang. Selain itu, acara privat tidak membutuhkan promosi karena sifatnya pribadi.
Acara Pernikahan
Pernikahan adalah acara yang sangat sakral di mana pasangan pengantin yang terdiri dari pria dan wanita mengikatkan janji setia untuk hidup bersama. Dalam Islam, pernikahan bertujuan untuk membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, warrahmah dengan persyaratan dan tata cara tertentu.
Baca Juga:
11 Event Salon yang Efektif untuk Tingkatkan Penjualan
Adapun tata cara pernikahan secara Islam meliputi peminangan (khitbah), akad nikah, dan walimatul ‘ursy. Orang-orang yang hadir dalam acara pernikahan itu ialah mereka yang memiliki hubungan erat dengan keluarga pengantin.
Lazimnya, walimatul ‘ursy yang hukumnya sunnah muakkadah dikenal dengan pesta pernikahan. Ini tujuannya untuk memberi kabar gembira atau pengumuman pernikahan kepada kerabat dan masyarakat sekitar. Pesta pernikahan yang sering kita lihat di Indonesia berupa prasmanan yang diadakan di rumah atau gedung pertemuan. Tamu yang hadir bisa menikmati hidangan makanan dan minuman yang telah disediakan.
Pesta Ulang Tahun
Ulang tahun (ultah) merupakan momen yang sangat istimewa di mana seseorang merayakan tanggal kelahirannya. Siapapun baik anak-anak atau orang tua dapat menyelenggarakan acara ulang tahun. Tapi umumnya, anak kecil lebih banyak mengadakan pesta ulang tahun daripada orang dewasa.
Pesta ulang tahun dapat digelar di rumah secara sederhana atau di sebuah tempat yang lebih mewah. Kita juga melihat ada sejumlah kafe atau restoran yang menyediakan fasilitas dan layanan untuk pesta ultah. Menggelar pesta ultah di luar rumah juga bisa menjadi kegiatan rekreasi.

Meski acaranya berupa perayaan atau pesta, ini sekaligus merupakan ungkapan rasa syukur karena masih berada dalam keadaan hidup dan sehat walafiat. Orang-orang yang hadir memberikan kado atau hadiah sebagai bentuk terima kasih karena telah diundang ke acara. Ini juga simbol untuk ikut merayakan kebahagiaan bersama.
Pesta Perayaan
Setiap orang pernah memperoleh pencapaian atau prestasi dalam hidupnya. Pencapaian bisa berupa hal yang sederhana misalnya memperoleh ranking yang bagus di kelas, lulus sekolah/kuliah atau diterima kerja sebagai PNS (pegawai negeri sipil). Meski terlihat sederhana, mencapai hal tersebut tentu memerlukan perjuangan dan sejumlah upaya. Acara ulang tahun juga termasuk pesta perayaan dalam bentuk yang lebih spesifik.
Sebagian orang merayakannya dengan mengadakan pesta, mengundang teman-teman terdekatnya. Pesta perayaan ini juga menjadi ajang untuk menjalin kebersamaan dan silaturahmi setelah sekian lama tak bersua.
Acara VIP
Hanya orang-orang tertentu yang bisa mendatangi acara VIP (very important person). Mereka mendapatkan eksklusivitas untuk merasakan aspek khusus dari sebuah bisnis. Yang bisa datang ke acara VIP misalnya public figure, jurnalis, influencer, pejabat, dan lainnya.
Baca Juga:
Jenis-jenis Rapat Virtual untuk Tingkatkan Produktivitas Bisnis
Pengalaman acara VIP merupakan kesempatan membuat tamu merasa istimewa. Tak cuma itu, ini juga peluang untuk membina hubungan bisnis jangka panjang. Tamu VIP mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas eksklusif dan pengalaman unik lainnya.
2. Corporate Event
Acara perusahaan adalah acara yang disponsori perusahaan yang fokus pada karyawan atau pihak-pihak yang berkepentingan dengannya. Tujuan acara ini mulai dari mengedukasi karyawan hingga merayakan tonggak pencapaian (milestones) perusahaan.
Konferensi
Pertemuan sejumlah orang untuk mendiskusikan suatu topik disebut dengan konferensi. Konferensi menghadirkan satu atau beberapa pembicara yang menyampaikan pidato di depan audiens. Ini biasa ditemui di konferensi akademik atau bisnis.
Pembicara konferensi merupakan tokoh yang berpengaruh di bidangnya yang sekaligus ditujukan untuk menarik audiens. Terdapat beberapa jenis konferensi termasuk simposium, konferensi pers, workshop, round-table, dan seminar.
Team Building
Membangum tim (team building) mengacu pada berbagai kegiatan seperti memberikan keterampilan, pelatihan, dan sumber daya yang dibutuhkan individu dalam satu tim perusahaan. Ini bertujuan agar setiap individu dapat bekerja sama secara harmonis dengan rekannya.
Ini perlu upaya yang konsisten dan berkelanjutan agar tertanam dalam tim dan budaya organisasi/perusahaan. Team building meliputi sejumlah langkah yang dimulai dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan individu.
Peluncuran Produk
Peluncuran produk merupakan upaya terkoordinasi dan terencana perusahaan untuk memperkenalkan produk terbaru atau yang diperbarui ke pasar. Kesuksesan peluncuran produk bisa diketahui dari kemampuannya untuk menarik konsumen baru.
Baca Juga:
Jenis-jenis Acara Public Relations (PR) & Cara Pelaksanaannya
Perusahaan juga harus memastikan bahwa produk yang baru diluncurkan telah tersedia di pasar sehingga konsumen dapat membelinya. Ini juga menciptakan momentum penting bagi perusahaan untuk diakui inovasi dan eksistensinya.
Rapat
Pertemuan paling umum yang sering kita jumpai adalah rapat (meeting). Berbeda dengan seminar atau konferensi, rapat lebih bersifat informal, melibatkan lebih sedikit orang. Rapat bisa dilakukan di kantor atau di kafe dengan atmosfer lebih santai.
Melalui rapat, kamu bisa memonitor perkembangan proyek, bertukar informasi, mengambil keputusan hingga memecahkan suatu masalah. Karena rapat bisa dilaksanakan sewaktu-waktu, tantangannya adalah membuat rapat berjalan seefisien mungkin.
Acara Networking
Acara jejaring (networking) dimanfaatkan oleh pelaku bisnis atau profesional untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi di industri yang sama. Konferensi adalah salah satu contoh di mana peserta bisa bertemu langsung dengan pembicara.
3. Charity/Fundraising Event
Acara amal bisa dilakukan oleh organisasi apapun bentuknya. Bahkan, ada juga perusahaan mengadakan acara amal sebagai bagian dari program corporate social responsibility (CSR).
Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu sosial tertentu dan mengumpulkan dana. Pada dasarnya, orang mempunyai jiwa dermawan untuk membantu sesama terutama mereka yang perlu mendapatkan perhatian.
Penggalangan Dana
Organisasi nonprofit menggunakan program acara penggalangan dana (fundraising) untuk mendukung misi mereka. Perusahaan komersial juga memakainya untuk melancarkan program-program yang berkaitan dengan kegiatan sosial.
Kegiatan ini bisa berbentuk acara olahraga, konser amal hingga penyisihan sebagian uang dari produk yang dibeli. Uang yang dikumpulkan akan disumbangkan ke berbagai yayasan sosial, panti asuhan, panti jompo, sekolah di daerah terpencil, dan lainnya.
Donasi
Donasi hampir sama dengan penggalangan dana. Ini termasuk bagian dari penggalangan dana di mana dana yang terkumpul disalurkan ke pihak-pihak yang memerlukan. Bedanya, donasi berasal dari individu atau organisasi tanpa ada pihak yang memintanya.