Home Lifestyle Entertainment Tiga Klub Sepak Bola Elite U-19 Eropa Hadapi Indonesia All-Stars

Tiga Klub Sepak Bola Elite U-19 Eropa Hadapi Indonesia All-Stars

Klub elite eropa menghadapi Indonesia All-Stars dalam International Youth Championship (IYC)
Jakarta International Stadium (JIS) | Foto: Tangkapan layar

Highlight.ID – Sebanyak 3 klub sepak bola U-19 asal Spanyol siap bertandang ke Indonesia. Ketiga klub elite Eropa tersebut yakni FC Barcelona U-19, Real Madrid U-19, dan Atletico Madrid U-19. Mereka akan menghadapi Indonesia All-Stars dalam ajang International Youth Championship (IYC) yang rencananya digelar di Bali dan Jakarta. Serangkaian acara termasuk kedatangan atlet, gala dinner hingga pertandingan di Bali dilaksanakan pada 2 – 9 Desember 2021.

Puncaknya, final IYC dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 11 Desember 2021 bersamaan dengan Soft Launching Jakarta International Stadium (JIS). Tak hanya bertanding di lapangan hijau, para atlet akan mengikuti gala dinner dan berwisata (city tour) di wilayah Jakarta sembari menyaksikan landmark dan ikon budaya Jakarta sebelum hari dilaksanakannya pertandingan final atau tanggal 9 – 10 Desember.

Novita Dewi, Direktur Utama Jakarta Experience Board (JXB) mengatakan, “Dengan adanya pandemi yang turun dan bisnis telah bergerak secara normal, hal ini memberikan suatu sinyal bahwa industri pariwisata dan olahraga dapat kembali pulih. Adapun tujuan International Youth Championship dan Soft Launching Jakarta International Stadium di antaranya adalah pemulihan industri pariwisata dan olahraga baik di Bali maupun Jakarta.”

Baca Juga:
Jakarta Experience Board Jadi Promotor IYC & Soft Launching JIS

Klub elite eropa menghadapi Indonesia All-Stars dalam International Youth Championship (IYC)
Gede Widiade, Ketua Pancoran Soccer Field (PSF) | Foto: Tangkapan layar

 

Acara ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Bali dan Jakarta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan pihak swasta. Tak hanya itu, masyarakat umum juga ikut dilibatkan melalui serangkaian kegiatan untuk menyambut turnamen ini.

“Upaya pemulihan pariwisata harus kita lakukan namun kesehatan tetap menjadi prioritas utama kita. Sehingga kami menerapkan beberapa aturan yang kami siapkan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan pada setiap event baik mengenai pembersihan dan disinfektan dari setiap ruangan. Kemudian kami juga melakukan filter pada setiap peserta maupun pengunjung yang hadir,” jelas Novita pada konferensi pers virtual.

Gede Widiade, Ketua Pancoran Soccer Field (PSF), menerangkan bahwa Bali dipilih sebagai salah satu tempat pertandingan atas permintaan komunitas sepakbola internasional. “Setelah melihat animo masyarakat dunia khususnya masyarakat Indonesia, lewat TV, berdasarkan rating tontonan di TV maka pertandingan turnamen ini perlu dilestarikan, perlu dikedepankan di samping untuk sekali lagi mempertahankan eksistensi Bali sebagai kota wisata khususnya, Indonesia pada umumnya,” katanya.

IYC itu sendiri pertama kali digelar pada tahun 2019 dengan Real Madrid Junior sebagai juaranya. Selanjutnya, berdasarkan kesekapatan dengan beberapa pihak di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), turnamen ini bakal menjadi event yang digelar di Bali setiap tahun.

“Saya sangat bangga, klub besar dunia mempercayai Indonesia khususnya Bali sebagai home tournament klub-klub besar dunia,” sambung Widiade. Kemudian, turnamen juga digelar di Jakarta dengan pertimbangan adanya stadion yang akan segera dibuka, yaitu Jakarta International Stadium (JIS).

Menurut Widiade, Indonesia All-Stars yang akan bertanding pada turnamen ini merupakan atlet-atlet muda yang berasal dari Aceh hingga Papua. Sedangkan pelatihnya adalah Ilham Romadona dan Supriono. Babak penyisihan dilaksanakan tanggal 4, 6, dan 8 Desember di mana akan ada 2 pertandingan setiap harinya. Tim yang lolos dari babak penyisihan akan terbang ke Jakarta untuk berlaga di babak final.