Home Business Jelang Mudik Lebaran H-90 Tahun 2019, Tiket.com Beri Banyak Kemudahan

Jelang Mudik Lebaran H-90 Tahun 2019, Tiket.com Beri Banyak Kemudahan

liputan event acara tiket.com online travel agent aplikasi pemesanan tiket beri banyak kemudahan manfaat jelang libur idul fitri mudik lebaran h-90 tahun 2019
Gaery Undarsa selaku Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com | Foto: dok. Highlight.ID

Highlight.ID – Beberapa tahun yang lalu, atau antara tahun 2012 – 2103, orang masih mengalami kesulitan untuk membeli tiket kereta api lebaran. Bahkan orang harus rela mengantri berdesak-desakan, membeli tiket dari calo, hingga menginap di stasiun agar bisa berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Gaery Undarsa selaku Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com menceritakan hal tersebut kepada wartawan pada acara “Press Conference H-90 Mudik Lebaran Bersama tiket.com” pada Kamis, 21 Februari 2019. Acara yang digelar di Artotel Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat itu juga dihadiri oleh Fitri Tropika, Selebriti, dan Aaakar Abyasa, Founder & CEO Jouska Indonesia.

Baca juga:

“Travel season yang paling tinggi di Indonesia itu mudik,” kata Gaery. Melihat pentingnya mudik bagi masyarakat Indonesia, maka mulai terpikirkan bagaimana caranya agar masyarakat Indonesia dapat membeli tiket kereta api dengan mudah. Setelah melalui perbincangan dan kerja sama dengan pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI), lahirlah tiket.com.

Menurut Gaery, tiket.com memiliki kontribusi positif terhadap munculnya online ticketing kereta api di Indonesia. Lahirnya tiket.com selaras dengan keinginan PT KAI untuk menerapkan sistem pembelian tiket secara online. “tiket.com menjadi partner-nya PT KAI pertama kali,” ujar Gaery.

Pada awal munculnya tiket.com, tiket kereta api menjadi prioritas utama karena masyarakat Indonesia kebanyakan mudik menggunakan alat transportasi di atas rel tersebut. “Sejak saat itu, saya rasa mudik jadi sangat berubah. Yang dulunya terkesan kayaknya susah banget cari tiket kereta dan lain-lain, sekarang gampang banget bisa langsung dari apps, beli online, tanpa ngantri,” tambah dia.

Seiring berjalannya waktu, tiket.com mulai memperluas layanannya dengan menawarkan berbagai kemudahan kepada pelanggannya. Di antaranya yakni menambahkan fasilitas pemesanan tiket pesawat, sewa mobil dan hotel. Selain itu, pengguna tiket.com juga dapat membeli tiket untuk keperluan hiburan seperti tempat-tempat wisata dan event.

Gaery menyatakan bahwa tiket.com merupakan online travel agent pertama yang memberikan fasilitas sewa mobil. “Kita itu ada flat rate (sewa mobil) di hampir semua kota itu, (Rp.) 250 ribu selama 12 jam. Termasuk sopirnya juga, lho,” imbuh dia.

“Jadi kita ngasih inovasi setiap tahun. Yang sudah pasti, kita akan jadi channel official-nya banget dari PT KAI untuk jualan (tiket) di H-90,” ujar Gaery. Menurut dia, perburuan tiket kereta api mudik merupakan suatu hal yang mendebarkan. Bahkan, orang harus terjaga hingga tengah malam agar tiket mudik bisa sampai di tangan.

Menjelang lebaran tahun 2019, tiket.com mengajak masyarakat untuk bersiap-siap membeli tiket lebaran sejak 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. tiket.com sendiri memprediksikan puncak pemesanan tiket mudik akan terjadi pada keberangkatan di H-7 hingga H-3 lebaran. Atau, sekitar akhir bulan Mei sampai Juni 2019.

“Kita di tahun ini kasih promo yang sekarang udah berjalan, kereta api diskon (Rp.) 30 ribu. Ini salah satu layanan dari tiket.com untuk membantu customer kita. Bukan cuman itu doang, kita juga ada gratis makanan dan minuman di kereta,” tambah dia.

Fasilitas lain yang ditawarkan tiket.com yakni free shuttle untuk penumpang pesawat yang berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. “Pas nanti sampai di tujuan kita kasih free shuttle,” kata Gaery.

Selain itu, tiket.com juga bakal menggelar event “Online Ticket Week” untuk menangkap momen menjelang mudik lebaran. Gaery berkata, “Jadi banyak banget yang kita lakuin tahun ini, semuanya udah pasti customer centric. Customer mintanya apa, belajar dari tahun lalu, kita coba make it better.”

Menurut Gaery, tiket.com merasa percaya diri dengan sistem yang dimiliki untuk menghadapi momen mudik lebaran yang sudah ada di depan mata. Kesiapan tiket.com diwujudkan dalam investasi yang besar dalam aspek teknologi dan sumber daya manusia.