Highlight.ID – Perhelatan Jakarta Fashion Week 2022 akan diselenggarakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 25 – 28 November 2021 melalui beberapa livestreaming platform, seperti JFW.tv, YouTube Jakarta Fashion Week, serta live di Facebook Jakarta Fashion Week, juga di Instagram dan TikTok @jfwofficial. Selain melibatkan lebih dari 70 desainer yang hadir dalam 16 show, Jakarta Fashion Week berkolaborasi dengan beberapa pihak, salah satunya dengan TikTok.
Tahun ini merupakan kali kedua Jakarta Fashion Week bekerja sama dengan TikTok yang menjadi wadah penyelenggaraan audisi Jakarta Fashion Week Model Search 2021 dan livestreaming platform JFW 2022 melalui aplikasi TikTok Live. Kolaborasi Jakarta Fashion Week dan TikTok selama JFW Model Search 2021 tak hanya berhasil menjaring talenta-talenta baru di bidang modeling, tapi juga berhasil mengumpulkan puluhan juta views untuk hashtag challenge #inigayamodelJFW.
“Meskipun baru dua kali menjalin kerja sama dengan TikTok, Jakarta Fashion Week sudah merasa memiliki chemistry yang sangat baik dengan TikTok. Saat berkolaborasi dengan TikTok di tahun lalu, penayangan JFW di tahun 2020 menjadi fashion event pertama yang dihadirkan di TikTok Indonesia. TikTok juga sudah menjadi partner penting bagi JFW untuk menyebarkan berita dari JFW ke seluruh Indonesia, bahkan dunia,” ujar Svida Alisjahbana, Ketua Umum Jakarta Fashion Week dan Direktur Utama GCM Group.
Baca Juga:
Lomba Perancang Mode (LPM) 2021 Usung Tema “Esensi Indonesiana”
“Awalnya, TikTok memang hanya menjadi livestreaming platform bagi JFW 2022. Akan tetapi, kami percaya bahwa TikTok bisa memberikan sesuatu yang lebih untuk para pencinta fashion karena kami sadar JFW lebih dari sebuah perayaan fashion di Tanah Air. Ditambah lagi, kami selalu ingin memberikan konten-konten yang menginspirasi. Itulah
mengapa TikTok tertarik untuk kembali bekerja sama dengan JFW,” ungkap Fandhy Thesia, Marketing Operations Manager TikTok Indonesia.
Lebih spesial lagi, TikTok siap menghadirkan show penuh makna di panggung Jakarta Fashion Week 2022 dengan menghadirkan dua label ternama Tanah Air, yaitu Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang. Kerja sama ini tak hanya sementara — kolaborasi antara TikTok bersama dengan Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang juga menyimpan kampanye bersifat positif.
“Mengingat fashion adalah salah satu konten di TikTok yang diminati oleh banyak orang, kami terpikir untuk membuat koleksi khusus bersama Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang, yang namanya memang sudah besar di ranah fashion. Tujuan dan harapan
TikTok dengan kolaborasi ini adalah menyadarkan masyarakat akan isu-isu sosial di sekitar kita, seperti menjaga lingkungan lewat koleksi-koleksi Sejauh Mata Memandang, serta isu cyber bullying yang kerap terjadi juga bagaimana merasa lebih percaya diri melalui koleksi Danjyo Hiyoji,” Fandhy menjelaskan.
Baca Juga:
Lebih Dari 70 Desainer Siap Tampil di Jakarta Fashion Week (JFW) 2022
“Senang rasanya saat tahu fashion menjadi salah satu konten terbanyak di TikTok dan diajak kolaborasi oleh TikTok untuk membuat koleksi khusus. Kami langsung bersemangat memikirkan ide seperti apa yang harus dituangkan dalam menciptakan koleksi ini karena kami ingin ada cerita di setiap koleksi, termasuk koleksi khusus bersama TikTok ini,” kata Dana Maulana, Co-Founder and Director Danjyo Hiyoji.
“Saat dihubungi oleh TikTok, saya merasa jadi muda kembali karena harus mulai mempelajari tentang TikTok dan tren konten apa yang biasa dihadirkan di TikTok. Apalagi sekarang TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan,” jelas Chitra Subyakto, Founder and Creative Director Sejauh Mata Memandang.
Selain meluncurkan koleksi khusus dari Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang, TikTok akan menghadirkan dua hashtag challenge yang juga berkolaborasi dengan Sejauh Mata Memandang dan Danjyo Hiyoji, yaitu #SejauhManaKamuPeduli dan #ThisIsMyBoldMove, dengan konten berfokus pada isu-isu sosial. Melalui langkah awal dengan mengembangkan konten fashion di TikTok dan bekerja sama dengan JFW, ke depannya TikTok berharap akan selalu memberdayakan desainer fashion lokal dan komunitas fashion di TikTok.
“Mengacu pada fakta bahwa ada banyak konten fashion yang dibagikan di TikTok, kami berharap seluruh pelaku industri fashion juga bisa menggunakan peluang tersebut untuk menjangkau target pasarnya lebih jauh lagi dengan menghadirkan konten yang positif, kreatif, dan otentik sehingga kami bisa menciptakan ekosistem baru di industri fashion,” Fandhy menutup perbincangan.
Show spesial yang dihadirkan TikTok akan tayang di hari pertama Jakarta Fashion Week 2022 pada tanggal 25 November 2021 pada pukul 20.00 WIB yang bisa dinikmati di beberapa livestreaming platform, seperti JFW.tv, YouTube Jakarta Fashion Week, serta live di Facebook Jakarta Fashion Week, juga di Instagram dan TikTok @jfwofficial.