
Highlighy.ID – Staycation menjadi tren yang berkembang di tengah pandemi. Dimas Surya Yaputra, Co-Founder & Chief Commercial Officer, tiket.com, menerangkan, “Berbagai tren pariwisata lahir di tengah pandemi. Salah satu yang paling digemari adalah staycation, di mana masyarakat dapat berlibur tanpa jauh dari rumah di berbagai pilihan akomodasi dengan suasana private bersama keluarga ataupun kerabat terdekat.”
“Dari sisi hiburan pun masyarakat mulai menggemari berbagai sajian hiburan virtual. Lini tiket To Do online kami laris diburu terutama untuk berbagai tayangan hiburan seperti Diary Misteri Sara dan konser JKT48,” ungkapnya.
Tingginya minat terhadap tren-tren tersebut berdampak langsung pada kinerja bisnis di tiket.com. Di sepanjang 2021, bisnis tiket.com tumbuh mencapai hingga sekitar 40% dibandingkan 2020. Hal ini menggambarkan kebutuhan masyarakat yang tinggi terhadap pariwisata.
Saat ini di penutup Q1 2022, dengan adanya pelonggaran regulasi perjalanan, ditambah dengan pagelaran MotoGP Mandalika yang menjadi magnet kuat bagi wisatawan lokal dan mancanegara, tiket.com berhasil mencetak pertumbuhan bisnis sebesar lebih dari 92% di Q1 2022 jika dibandingkan dengan periode Q1 2021 untuk keseluruhan lini bisnis.
Dimas menambahkan, “Tentunya kami di tiket.com terus menyiapkan berbagai promo agar masyarakat dapat menikmati liburan dan perjalanan dengan mudah dan murah. Salah satunya adalah program promo OTW (Online Tiket Week) yang hari ini secara resmi kami luncurkan di hadapan teman-teman media.”
“OTW menjadi langkah nyata tiket.com dalam mendorong pertumbuhan industri pariwisata di tengah pandemi. Kami optimis dengan kembalinya OTW di tahun ini, minat masyarakat untuk berwisata akan terus meningkat, dengan begitu roda industri pariwisata dapat terus berputar, sehingga para pekerja dan berbagai sektor pendukung di dalamnya ikut tumbuh,” sambung dia.
Turut hadir dalam sesi talk show adalah seorang travel blogger yang dikenal dengan nama Backpacker Tampan. Dalam perbincangannya, pria bernama asli Pandhu Waskitha memuji ketangkasan dan kelengkapan aplikasi tiket.com untuk semua urusan perjalanan. “Pariwisata merupakan kebutuhan yang telah menjadi gaya hidup yang tak terpisahkan bagi saya dan tiket.com selalu memberikan pengalaman one-stop-solution platform for travel lifestyle sehingga memudahkan saya ketika berwisata baik di lokal maupun mancanegara. Terlebih dengan hadirnya OTW di tengah regulasi perjalanan terbaru, saya pun sudah bisa membulatkan tiket saya untuk mewujudkan wishlist liburan dengan harga lebih murah,” ungkap Pandu.
“Dengan tingginya antusiasme masyarakat terhadap pariwisata, kawasan-kawasan liburan yang hits tentu akan dipenuhi wisatawan domestik maupun internasional. Kami ingin terus menghimbau masyarakat untuk tetap mawas diri dan menjalankan protokol kesehatan di manapun berada, demi kenyamanan sesama turis dan juga warga setempat para pekerja pariwisata. Kami optimis, dengan kondisi pandemi yang semakin membaik, industri pariwisata nasional dapat kembali menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara,” tutup Maria Risa Puspitasari, VP of Brand Marketing, tiket.com.