Home Beauty Biar Lebih Matching, Begini Cara Memilih Warna Lipstik Sesuai Jenis Kulit

Biar Lebih Matching, Begini Cara Memilih Warna Lipstik Sesuai Jenis Kulit

tips cara memilih warna lipsik pemerah perona bibis peralatan perlengkapan makeup kosmetik sesuai jenis tipe kulit dingin hangat netral kuning langsat sawo matang
Cara memilih warna lipstik sesuai jenis/tipe kulit | Foto: pixabay.com

Highlight.ID – Di antara banyak elemen make up, lipstick merupakan satu alat yang wajib dibawa oleh wanita saat berpergian. Selain mudah diaplikasikan, lipstick dipercaya mampu mengubah penampilan secara instant. Ketika perempuan sudah memilih lipstik yang tepat untuk menambah riasan wajahnya saat itu juga rasa percaya diri muncul dan self confidence meningkat.

Melihat keunikan lipstick ini, tak heran jika banyak wanita rela merogoh koceknya demi mengoleksi lebih dari satu warna. Itu karena lipstick bukan sekedar alat pelengkap make up saja, tapi lipstick mampu membuat tampilan bibir menjadi lebih ideal hingga mengubah warna bibir yang semula gelap menjadi lebih terang atau terlihat lebih merona.

Meski tampak memuaskan, sayangnya banyak cewek yang masih kesulitan menemukan warna lipstick yang sesuai dengan jenis kulitnya. Padahal perlu diketahui ada 3 tipe kulit yang dimiliki setiap orang yaitu ‘dingin’, ‘hangat’, dan ‘netral’. Dengan mengetahui apa jenis warna kulitmu, nantinya kamu bisa lebih mudah mengenal jenis dan warna lipstik yang sesuai dengan kulit wajahmu. Bagaimana caranya, yuk kita mulai dari langkah pertama!

Cara Tepat Memilih Lipstik yang Sesuai Warna Kulitmu

Kenali Tipe Warna Kulit

Menentukan warna dasar kulit tidak dilakukan dengan melihat langsung warna kulit seperti terang atau gelap, melainkan membaginya menjadi tiga kategori warna pembuluh darah yaitu ‘dingin’, ‘netral’, hingga ‘hangat’. Cara mengetahuinya kamu bisa berjemur di bawah sinar matahari dan lihat pembuluh darah pada wajah atau nadi.

Baca juga:

Warna Kulit ‘Dingin’

Kategori ‘dingin’ untuk orang dengan pembuluh darah berwarna biru atau ungu. Kebanyakan pemilik warna dasar kulit ‘dingin’ warna kulitnya terlihat lebih pucat atau terang. Biasanya, pemilik warna kulit ini adalah orang Eropa, Amerika, dan sekitarnya. Di bawah sinar matahari langsung, kulit ‘dingin’ akan mudah terbakar atau muncul bintik-bintik.

Warna Kulit ‘Netral’

Kategori ‘netral’ adalah untuk orang dengan pembuluh darah berwarna hijau hingga biru. Rata-rata pemilik dasar warna kulit ini mereka yang berkulit kuning langsat atau sawo matang. Umumnya, mereka adalah orang Asia, Australia, dan sekitarnya. Saat ‘netral’ terkena matahari warna kulitnya akan sedikit memerah.

Warna Kulit ‘Hangat’

Terakhir, kulit ‘hangat’ mereka adalah orang dengan pembuluh darah yang tak begitu jelas tidak biru dan tidak hijau. Rata-rata, mereka adalah orang Afrika, India, dan sekitarnya. Saat terkena matahari kulit, mereka akan terlihat berkilau.

Lipstik untuk warna kuit putih (Dingin)

Bagi yang berkulit terang, kamu boleh merasa beruntung karena bisa dengan mudah memiliki warna lipstik yang kamu inginkan. Kulit putih ini cocok sekali menggunakan warna-warna lembut atau natural seperti pink, peach, warna-warna berry, wine, beige, red hingga plum. Semua warna ini hebatnya akan cocok saja untuk wajah kulit putih.

Untuk kulit terang, saat ingin tampil simpel, gunakanlah lipstik warna soft peach hingga peach gelap. Sedangkan untuk mendapatkan sexy look, gunakanlah lipstik berwarna merah menyala atau oranye terang.

Lipstik untuk warna kulit gelap atau hitam (Hangat)

Jangan berkecil hati bila kamu memiliki warna kulit gelap atau hitam. Kamu masih bisa terlihat lebih cerah dengan memilih warna lipstik bernuansa coklat agar tampilanmu tak terkesan berlebihan dan lebih natural. Adapun pilihan warna yang bisa kamu coba antara lain coklat kopi, ungu, caramel, krem, dan red wine.

Lebih jelasnya, untuk kebutuhan tampilan, saat kulit gelap ingin terlihat natural kamu bisa memakai warna ungu muda atau ungu tua. Sedangkan untuk tampil simple, kamu bisa memakai warna cokelat muda atau tua. Terakhir, saat ingin kelihatan sexy, kamu bisa menggunakan lipstik warna ungu kemerahan dan merah bata terang. Itulah beberapa warna lipstik yang cocok untuk warna gelap sesuai dengan kebutuhan tampilan.

Lipstik untuk warna kulit sawo matang (Hangat)

Untuk kulit sawo matang, ada beberapa saran warna lipstik yang disesuaikan dengan kebutuhan tampilanmu. Disarankan kamu sangat cocok pada warna lipstik seperti merah namun ke arah lebih gelap seperti merah berry, maroon, hingga merah coklat.

Namun pada tampilan seperti natural look, kamu bisa memilih warna pink pastel gelap atau pink stable. Sedangkan untuk tampilan simple tapi mewah, kamu bisa memakai warna lipstik cokelat muda hingga peach gelap. Sementara untuk tampil sexy, kamu dianjurkan menggunakan lipstik berwarna ungu magenta atau cokelat kemerahan.

Lipstik untuk warna kulit kuning langsat (Netral)

Jenis kulit seperti ini memang umum sekali dimiliki orang Asia termasuk Indonesia. Untuk itu, warna lipstik yang cocok untuk si kuning langsat adalah warna-warna kalem seperti nude, peach, dan soft pink. Hasilnya, tampilanmu akan terlihat segar namun manis dan lembut.

Pada kulit netral untuk mendapat tampilan simple, gunakanlah lipstik berwarna soft peach hingga peach gelap. Sedangkan jika ingin tampil sexy, cobalah menggunakan lipstik berwarna merah menyala atau orange terang.

Well, itulah cara memilih warna lipstik yang sesuai dengan kebutuhan jenis dan warna kulitmu. Semoga rekomendasi dari kami bisa membantumu untuk semakin tepat dalam memilih warna lipstk. Hanya saja perlu diingat ya, meski ada beberapa saran terkait warna lipstik dan kulit, tetap saja pilihan terbaik jatuh pada tanganmu.

Saat rasa percaya diri datang semua warna akan terlihat cocok dan aura kecantikan mampu terpancar. Jadi jangan berhenti mencoba dan jangan malu untuk tampil beda. Kira-kira dari semua rekomendasi memilih lipstik di atas, adakah warna lipstik yang kamu favoritkan dan sering dicoba sehari-hari?

Jika ada yuk, bagi pengalamanmu tentang warna lipstik di kolom komentar bawah ini! Selamat mencoba. (nu/fi/ar)