Home Business Cara Mendapatkan Media Partner yang Tepat untuk Diajak Kerja Sama

Cara Mendapatkan Media Partner yang Tepat untuk Diajak Kerja Sama

tips cara bagaimana langkah tahapan mencari media partner sponsorship online cetak koran surat kabar majalah radio tabloid proposal perjanjian mou contoh memorandum of understanding medsos
Cara mendapatkan media partner | Foto: Unsplash

Highlight.ID – Cara mencari media partner sangat perlu diketahui jika kalian seringkali mengadakan suatu acara atau event dan membutuhkan kerjasama yang saling menguntungkan. Acara yang bisa kalian adakan dengan menggandeng media partner meliputi seminar, acara musik, dan event-event yang lainnya.

Belum lagi jika kalian adalah mahasiswa yang sering kali menjadi panitia untuk mengadakan suatu acara di kampus. Tentu keberadaan media partner sangat kalian perlukan dalam mendukung berlangsungnya acara yang dibuat. Namun, sebelum kita lebih dalam mengetahui tentang cara mencari media partner yang tepat, adalah lebih bijak jika kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan media partnership.




Secara sederhana, media partnership memiliki pengertian kerjasama di antara pihak yang menyelenggarakan acara atau event dengan berbagai media. Media yang bisa diajak bekerja sama sangat beragam meliputi televisi, radio, media cetak, bahkan media online pun bisa menjadi media partner untuk acara kalian.

Dari pengertian di atas, hal yang perlu digarisbawahi adalah kerjasama. Artinya yang harus diuntungkan dari kerjasama adalah dua belah pihak yaitu media partner dan pihak penyelenggara acara dan bukan cuma hanya satu pihak saja yang diuntungkan.

Pihak penyelenggara event diuntungkan melalui meningkatnya kredibilitas acara yang sedang mereka adakan. Hal ini dikarenakan dengan adanya media partner, acara yang diadakan tersebut dapat dinilai berkualitas dan lebih layak untuk dikunjungi oleh banyak masyarakat. Sedangkan pihak media mendapatkan keuntungan karena dapat meliput kegiatan tersebut secara eksklusif dan dapat mereka jadikan sumber pemberitaan yang berkualitas.

Baca Juga:
5 Festival Jazz di Indonesia yang Ditunggu-tunggu Penikmat Musik




Baiklah, sekarang kami akan membawa kalian masuk ke pembahasan inti tentang cara mencari media partner agar acara yang akan kalian adakan dapat bernilai lebih di mata masyarakat. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

Ikuti Langkah-langkah Ini untuk Dapatkan Media Partner dengan Cepat

1. Pilihlah media partner yang cocok dengan acara yang diadakan

Media massa memiliki banyak jenis yang beragam dan semua media itu dapat kalian ajak untuk bekerjasama untuk menjadi media partner atas acara yang kalian adakan. Media tersebut meliputi media digital, media cetak, dan media elektronik.

Lalu bagaimana menentukan media partner yang pas dengan acara kalian? Faktor pertama yang perlu kalian garis bawahi sebelum bekerja sama dengan media partner adalah cari tahu siapa audiens masing-masing media tersebut. Audiens yang ada meliputi anak-anak, remaja, dan orang dewasa atau pria dan wanita.

Setelah mengidentifikasi audiens masing-masing media selanjutnya kalian tinggal mencocokannya dengan audiens dari acara yang akan kalian selenggarakan. Sebagai contohnya acara yang akan kalian adakan adalah acara musik kampus, maka media partner yang bisa kalian ajak bekerja sama adalah radio lokal yang memiliki target audiens masyarakat yang menyukai dunia musik dan berusia remaja. Ddengan cara seperti ini, pihak media partner dapat mempromosikan acara yang akan kalian adakan kepada target pasar secara lebih spesifik. Hal inilah yang sangat penting dari keberadaan media partner.