Home Beauty Tips Makeup Ala Korea untuk Wajah Lebih Cantik dan Bersinar

Tips Makeup Ala Korea untuk Wajah Lebih Cantik dan Bersinar

tips cara tahapan langkah riasan makeup kosmetik produk ala korea artis k-beauty pemakaian merek brand pemula kulit wajah bersinar
Tips makeup ala Korea

Highlight.ID – Tampil cantik di setiap kesempatan adalah idaman bagi setiap wanita. Ditambah lagi musik Kpop dan drama Korea yang dikenal dengan nama Hallyu Wave berhasil menjadi trend dan digandrungi oleh masyarakan luat terutama anak muda. Hallyu Wave tidak hanya digemari oleh masyarakat Asia tapi juga dunia. Tak terkecuali Indonesia.

Selain berhasil menggebrak dunia dengan industry music dan drama Korea, rupanya Korea tidak sampai di situ saja, mereka juga berhasil menggebrak melalui pasar kosmetik yang dikenal dengan Korean Makeup atau yang sering disebut dengan K-Makeup. istilah lainnya yakni makep ala Ulzzang.




Mengingat industri kerja di Korea sangat mementingkan penampilan fisik yang tidak hanya menarik tapi juga harus terlihat cantik. Jadi, nggak heran kalau perusahaan Korea bersaing dan berlomba-lomba untuk menjual beragam produk kecantikan. Bahkan sekarang, banyak banget lho perusahaan Korea yang menjual produk mereka di pasar Indonesia.

Seperti yang kita lihat, tampilan makeup Korea yang simple dan terlihat menawan seperti artis Korea, sebut saja misalnya Song Hye Kyo, yang merupakan salah satu bintang tercantik di Korea. Ia adalah salah satu artis yang menjadi langganan produk kecantikan sejak lama. Wajah bercahaya dan tanpa cacat bisa dikatakan menjadi salah satu kunci keberhasilan mereka membawa K-makeup menjadi trend baru di seluruh dunia. Tertarik mencoba makeup ala Korea? Yuk, intip langkah-langkahnya!

Baca juga:

Tahapan Makeup Ala Korea yang Bisa Kamu Praktekin

1. Moisturizer (Pelembab)

Yang wajib diingat adalah, semahal apapun produk makeup kalian atau setebal apapun makeup kalian, makeup tidak akan terlihat sempurna tanpa kulit yang lembap dan sehat. Karena itulah, pelembab merupakan salah satu produk utama dan yang paling penting sesaat sebelum memulai menggunakan makeup. Bahkan bisa dikatakan, untuk memulai langkah K-Makeup, pelembap adalah wajib hukumnya.

Kalian bisa menggunakan pelembap sesuai dengan tipe atau jenis kulit wajah kalian. Sebelum menggunakan makeup, ada baiknya menggunakan pelembap agar kelembaban kulit tetap terjaga dan makeup dapat menempel dengan sempurna pada wajah kalian. Kalian juga bisa menggunakan pelembap sebagai campuran untuk base makeup untuk menjaga kelemabapan kulit secara maksimal.

2. Sunscreen

Orang Korea terkenal sangat menjaga kulit mereka. Wajah yang cerah dan bercahaya adalah salah satu kunci tips untuk makeup ala orang Korea. Karena itu, mereka tentu saja tidak akan mungkin meninggalkan ruangan untuk beraktivitas tanpa menggunakan sunscreen. Mereka tahu betapa pentingnya sunscreen untuk wajah mereka agar terhindar dari sinar UVA dan UVB yang tentu saja dapat membuat wajah mereka terlihat kusam.

3. Base Makeup

Setelah menggunakan perawatan wajah sebagai dasar pre-makeup, kebanyakan wanita Korea lebih memilih menggunakan BB cream atau CC cream daripada foundation. Alasannya, kedua alat makeup itu dianggap memiliki kandungan dan warna yang lebih natural dan flawless dibanding foundation. Mereka lebih suka menggunakan warna yang lebih natural untuk menciptakan kesan awet muda.


Selain BB cream atau CC cream, kalian mungkin juga bisa menggunakan BB cushion yang saat ini sedang menjadi trend di kalangan masyarakat Korea. Selain teksur yang lebih ringan, BB cushion juga lebih mudah dibawa ke manapun. Bentuknya yang seperti campuran BB cream dan bedak menjadikan BB cushion sebagai pilihan base makeup multifungsi yang patut diperhitungkan untuk saat ini.

Yang lebih penting untuk base makeup, jangan lupa kalian untuk memilih warna base yang sesuai dengan skin tone kalian. Jangan sampai base makeup kalian memiliki warna lebih terang atau lebih gelap dibanding warna kulit kalian, ya. Dan jangan lupa memilih base makeup yang sesuai dengan tipe kulit agar tampak lebih maksimal!

4. Concealer

Selanjutnya adalah concealer. Base makeup bisa dikatakan tidak cukup untuk menutupi noda-noda pada wajah. Entah itu bintik merah, flek, lingkar hitam bawah mata ataupun jerawat tidak akan dapat dengan mudah ter-cover oleh base makeup. Oleh karena itu, menggunakan concealer sangat penting untuk membantu membuat tampilan makeup tanpa cacat ala Korea. Jangan lupa, kalian juga harus menyamakan warna concealer kalian dengan warna base makeup agar terlihat lebih natural dan menyatu.

5. Bedak Powder atau Finishing Powder

Pelengkap base makeup adalah bedak powder atau bisa menggunakan finishing powder. Bedak powder ini sendiri berguna untuk mengunci base yang telah kalian lakukan sebelumnya dan tentu saja membuat tampilan makeup base lebih tahan lama. Gunakan bedak powder atau finishing powder pada daerah T-zone atau daerah yang kemungkinanan berminyak agar terlihat lebih matte.


Jika kalian memiliki kulit yang kering, bisa tidak menggunakan bedak powder. Kalian bisa menggunakan bedak padat sebagai gantinya untuk mengunci base makeup. Dan jangan lupa untuk tidak salah memilih warna bedak. Ada baiknya, kalian memilih warna bedak yang transparent agar lebih mudah untuk diaplikasikan.

6. Eyebrows

Salah satu ciri khas yang menjadi point penting makeup ala Korea terdapat pada bentuk alisnya. Jika, di negara Barat identik dengan bentuk alis yang agak menukik dan berwarna agak tajam, maka Korea lekat dengan bentuk alis yang lurus dengan warna yang lebih natural. Atau mereka biasanya menggunakan warna alis yang sama dengan warna rambut yang dimiliki. Jika kalian tidak terbiasa dengan tampilan alis lurus ala Korea, kalian bisa mengakalinya dengan warna yang lebih natural dengan tampilan alis seperti biasanya.

7. Eyeshadow

Untuk mendapatkan makeup ala Ulzzang, kalian dapat menggunakan eyeshadow dengan warna-warna cerah atau natural dengan sedikit shimmering untuk menghasilkan mata yang tampak lebih cerah. Kalian juga bisa menambahkan eyeshadow pada bawah mata, atau yang sering disebut aegyo sal, untuk mendapatkan tampilan aegyo look. Yang berarti tampilan mata yang lebih feminine dan muda.

8. Eyeliner

Selain maskara, eyeliner juga berfungsi untuk membuat mata lebih hidup. Kebanyakan para wanita Korea lebih cenderung suka menggunakan eyeliner berwarna coklat dibanding berwarna hitam. Karena kesan warna coklat lebih natural dibanding eyeliner berwarna hitam. Selain itu juga, para wanita Korea menggunakan eyeliner mulai dari tengah hingga ujung. Atau kalian bisa membuat bentuk cat eye agar tampilan mata tampak lebih panjang dan cantik.

Baca juga:

9. Maskara

Hal lain yang tidak boleh dilupakan untuk membuat tampilan mata lebih hidup adalah maskara. Agar mendapatkan hasil mata yang lebih cantik secara maksimal, maskara memegang peranan yang sangat penting. Dibanding menggunakan maskara yang menghasilkan bulu mata yang terlihat lebih tebal, wanita Korea cenderung menyukai bentuk bulu mata yang panjang dan lentik. Dengan begitu, tampilan akan terlihat lebih natural.

10. Blush On

Kalian pasti sering melihat tampilan makeup Korea yang tampak alami dan fresh tentunya, bukan? Itu tidak luput menggunakan blush on untuk mendapatkan tampilan yang fresh. Kebanyakan wanita Korea lebih suka menggunakan blush on berbentuk cream untuk mendapatkan tampilan lebih mudah dan fresh. Kalian bisa menggunakan warna pink atau peach sesuai dengan warna undertone kalian.

11. Highlighter

Setelah menggunakan blush on, jangan lupa menggunakan highlighter. Tampilan khas ala Korea yakni, kulit yang terlihat dewy dan flawless. Oleh karena itu, kalian tidak boleh melupakan highlighter untuk menambah kesan kilau yang alami dan tampak terlihat lebih muda.

12. Lipstik

Langkah terakhir adalah lipstik. Selain memiliki alis lurus, menggunakan lipstik secara gradient juga merupakan salah satu ciri khas makeup ala Korea. Kalian bisa membuat gradient lipstik sendiri. Caranya cukup mudah, gunakan warna lipstik yang lebih muda terlebih dahulu. Setelah itu, kalian tambahkan warna yang lebih tua pada bibir bagian dalam. Atau kalian bisa membeli produk lipstik ombre yang saat ini sudah banyak dipasaran.

Nah, gampangkan untuk bisa mendapatkan makeup ala Korea. Sekarang saatnya kalian mencoba ya. Selamat mencoba!