Home Beauty Cara Mencerahkan Kulit Wajah Agar Lebih Bercahaya

Cara Mencerahkan Kulit Wajah Agar Lebih Bercahaya

Tips cara perawatan untuk mencerahkan kulit dan wajah dengan berbagai macam bahan alami maupun produk skincare
Ilustrasi | Foto: cheatsheet.com

Highlight.ID – Wajah yang cerah dan bercahaya bisa diperoleh dengan melakukan berbagai macam perawatan. Namun seringkali karena padatnya aktivitas, banyak di antara kita yang seringkali melupakan perawatan wajah. Apalagi ditambah pula dengan pola hidup yang tidak sehat atau penggunaan produk-produk skincare yang kurang tepat. Akibatnya, yang terjadi malah justru kulit kusam yang dapat mengganggu penampilan.

“Kulit cerah itu pasti yang nggak kusam, kulit yang terawat kemudian ada rona-ronanya, terus kelihatan mengkilap,” jelas dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK lewat live streaming di akun Instagram @stylo.indonesia. Kulit yang kusam disebabkan karena kurangnya perawatan sehingga mengakibatkan adanya penumpukan sel-sel kulit mati.




dr. Kardiana menerangkan, “Muka bisa kelihatan kusam biasanya ada sel kulit mati. Kira-kira setiap bulan, itu ada ganti kulit tapi ganti kulitnya itu nggak kelihatan. Kulit-kulit yang sudah mati itu terbuang dan ada pembentukan kulit baru.”

“Nah, kalo misalnya kita jarang melakukan perawatan, nggak pernah pake pembersih muka yang baik, mukanya dibiarkan gitu aja, kotor, terus nggak pake krim-krim untuk kulit lebih cerah biasanya kulit-kulit mati mulai numpuk. Jadi, mukanya mulai kusam,” jelasnya. Penyebab kulit kusam lainnya yakni stres, polusi, konsumsi alkohol dam rokok, dan penggunaan skincare yang kurang tepat.

Baca juga:

Lalu, bagaimana caranya aga kulit wajah menjadi lebih glowing? Menurut dr. Kardiana, ada beragam perawatan untuk menghasilkan kulit cerah mulai dari perawatan alami yang bisa dilakukan di rumah atau penggunaan produk-produk skincare. Salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan yakni dengan minum air putih yang cukup. “Terus makan makanan bergizi, sayuran, dan buah. Rajin bersihin muka, pake pelembap, sunscreen,” sambungnya.

Cara lain yakni dengan menggunakan berbagai macam masker dengan bahan-bahan alami. Apabila mengolah bahan-bahan alami untuk masker maka harus diperhatikan pemrosesannya sehingga tidak menimbulkan iritasi. dr. Kardiana mengingatkan untuk tidak menggunakan masker wajah setiap hari. Masker wajah sebaiknya dipakai seminggu sekali saja. Jika tidak mau repot mengolah bahan-bahan alami untuk dijadikan masker, kamu dapat memakai masker wajah yang sudah jadi.

Selain masker, produk perawatan wajah lainnya yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah di antaranya yakni krim pagi dan krim malam. Kamu juga bisa mendatangi klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan dari dokter profesional. “Kalo ke klinik atau tempat perawatan tentu lebih advanced lagi, biasanya ada tindakannya sesuai dengan keluhannya.

dr. Kardiana memaparkan bahwa ada perbedaan antara perawatan wajah yang dibikin sendiri dengan produk-produk skincare yang dikeluarkan oleh produsen kosmetik. “Mereka tidak semata-mata menggunakan bahan alami, ada kombinasi antara (bahan) natural dengan sedikit chemical. Tapi natural-nya lebih banyak.”

“Kalo kepingin kulit lebih cerah, satu, kulit matinya harus diangkat. Pakenya pembersih muka atau sesuatu yang ada tekstur scrub-nya. Scrub itu ada butir-butir (beads) maka kita harapkan dia mengangkat sel kulit mati, sisa-sisa kotoran, debu. Biasanya kalo habis scrub, kulit lebih putih, lebih bersih. Tapi nggak boleh terlalu sering menggunakan scrub,” jelas dr. Kardiana.