Home Beauty Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Produk Kosmetik yang Aman

Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Produk Kosmetik yang Aman

Tips cara membeli memilih jenis produk kosmetik makeup kecantikan paling aman tepat
Ilustrasi | Gambar: pexhere.com

Highlight.ID – Produk kosmetik adalah salah satu kebutuhan wanita yang harus dipenuhi. Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, produk kosmetik adalah produk yang paling sering dibeli secara online setelah pakaian. Banyaknya jenis produk kosmetik di Indonesia menyebabkan munculnya berbagai produk kosmetik ilegal dan palsu yang tidak aman bagi kulit dan tubuh.

Berhati-hatilah terhadap produk kosmetik palsu dan murahan karena bisa memberikan efek negatif pada wajah dan tubuh seperti munculnya ruam-ruam merah, kulit gatal dan bengkak, dan sakit kepala. Efek negatif tersebut biasanya baru dirasakan setelah beberapa kali pemakaian. Yuk simak beberapa tips membeli kosmetik yang aman sebagai berikut.




Cara Membeli Produk Kecantikan yang Paling Tepat

1. Perhatikan nama produsen atau merk kosmetik

Cara memilih kosmetik aman yang pertama adalah perhatikan nama produsen atau merk kosmetik pada kemasan. Bahkan, produsen kosmetik ternama pasti mencantumkan alamat lengkap kantor pusatnya. Adanya penulisan alamat kantor produsen menunjukkan tanggung jawabnya jika konsumen ingin menyampaikan keluhan atau bertanya tentang produk-produk yang dijual.

Keterangan tentang alamat juga memudahkan konsumen untuk melaporkan produsen ke pihak berwenang ketika masalah terjadi. Jadi, waspadai produk yang tidak menuliskan identitas produsen pada kemasan.

Baca Juga: Pengalaman Menjadi Beauty Advisor (BA), Apa Saja Kerjaannya?




2. Lakukan pengecekan KLIK

Langkah selanjutnya, cek KLIK, yaitu Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa (tanggal dan tahun kedaluwarsa) pada kemasan produk kosmetik. Selain itu, cek keberadaan Nomor Izin Edar (NIE) dan izin resmi dari BPOM pada kemasan produk sebagai indikator legalitas dan keamanan produk karena telah diuji oleh BPOM. Kamu harus memastikan nomor izin tersebut benar-benar terdaftar pada web resmi BPOMS karena beberapa produk kecantikan mungkin saja menempel nomor izin edar yang tidak benar/asal.

Produk kosmetik yang ilegal biasanya tidak memiliki nomor izin edar dan tidak benar-benar terdaftar di BPOM. Produk kosmetik yang seperti ini tentunya berbahaya karena tidak teruji secara klinis. Berbagai produk merek ternama juga bisa dipalsukan sehingga kamu harus tetap waspada.

Cara membedakan kosmetik asli dengan kosmetik palsu berbahaya yang paling mudah adalah memerhatikan label dan kemasan produk. Kualitas kemasan produk yang palsu biasanya kurang baik, label produknya adalah cetakan manual, dan tidak ada stiker hologram di penutup kemasan.

3. Hati-hati dengan kualitas produk yang harganya murah

Berbagai macam produk kosmetik memiliki harga yang beragam juga. Harga biasanya mencerminkan kualitas karena produk-produk kosmetik asli dan berkualitas bagus memang dijual dengan harga yang tinggi. Oleh sebab itu, berhati-hatilah terhadap produk yang dijual dengan harga yang lebih murah.

Ada kemungkinan produk tersebut palsu dan berbahaya bagi kesehatan. Kandungan produk yang palsu atau ilegal tidak bisa dipastikan. Jangan tergiur dengan barang murah, ya!

4. Belilah pada penjual (seller) yang terpercaya

Salah satu tips membeli kosmetik yang aman adalah membeli produknya pada penjual (seller) yang terpercaya. Penjual terpercaya biasanya memiliki toko konvensional dan toko online. Penjual seperti ini biasanya menjual produk kosmetik yang asli.

Baca Juga: Peran Beauty Advisor (BA) dalam Memasarkan Produk-produk Kosmetik

Jika membeli di toko secara langsung yang penjualnya baru atau belum dikenal, kamu harus mencek produknya secara detail. Ciri-ciri produk palsu antara lain bentuk kemasan terlihat janggal, tekstur produknya aneh, aromanya menyengat, warna kemasannya terlalu tebal/pekat atau justru pudar.

5. Lihat efek pada wajah atau tubuh setelah memakai produk

Untuk melihat efek produk pada wajah atau tubuh, cobalah tester yang biasa disediakan oleh penjual. Aplikasikan produk kosmetik ke punggung tangan untuk melihat tekstur dan warnanya secara lebih jelas.

Jika produk tidak cocok dengan kulitmu mungkin efeknya bisa langsung terlihat seperti tangan memerah atau melepuh. Namun, tetaplah waspada karena ada produk palsu atau ilegal yang efeknya baru terasa atau terlihat setelah dipakai beberapa kali.

6. Pilih produk yang ramah lingkungan

Semua orang pasti mau menggunakan produk kecantikan yang aman dan tidak beracun. Faktanya, mengenali produk asli dengan produk palsu tidaklah mudah. Produk kosmetik yang berlabel “organik” atau “alami” ternyata tidak benar-benar alami dan terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Baca Juga: Cara Kerja SPG (Sales Promotion Girls) Kosmetik dalam Melayani Pelanggan

Oleh sebab itu, setidaknya pilih produk kosmetik yang ramah lingkungan supaya tidak ada kandungan bahan kimia yang berbahaya. Produk yang ramah lingkungan ini tentunya tidak menguji produknya pada binatang (animal testing) karena benar-benar menjaga lingkungan. Namun, harga yang ditawarkan pasti lebih mahal karena produk ini sangat baik untuk konsumen dan lingkungan.

7. Pilih produk yang sesuai jenis kulit

Pilihlah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit, terutama bagi orang-orang yang memiliki kulit yang sensitif. Produk yang tidak sesuai akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Bacalah komposisi atau kandungan pada kemasan produk. Jika ada zat berbahaya seperti hidroquinon, merkuri, rhodamin, dan lainnya, tidak usah membeli produk tersebut.

8. Perhatikan waktu dan cara penggunaan produk

Perhatikan waktu dan cara penggunaan produk supaya kamu mendapatkan manfaat terbaik dari produk yang dibeli. Misalnya, memakai produk skin care berupa day cream yang bisa dipakai pada pagi atau siang hari. Day cream memberikan proteksi terhadap sinar matahari karena memiliki kandungan SPF pada tingkat tertentu. Jadi, kamu tidak boleh memakainya pada malam hari karena tidak ada matahari. Efek proteksinya tidak akan terasa.

Itulah beberapa tips membeli kosmetik yang aman. Waspadai zat-zat yang berbahaya pada produk kosmetik seperti pore clogging atau penyumbat pori-pori, menyebabkan alergi, dan mengandung logam berat. Teliti dengan seksama sebelum membeli. Kamu tidak boleh asal membeli karena direkomendasikan oleh teman, padahal produk itu belum tentu cocok untukmu. Stay lovely, dear!